sign up SIGN UP

5 Tips untuk Mulai Hidup yang Lebih Minimalis

Meydiana Adinda | Selasa, 29 Jun 2021 14:00 WIB
5 Tips untuk Mulai Hidup yang Lebih Minimalis
caption

Konsep hidup minimalis adalah konsep yang menerapkan gaya hidup sederhana dan tidak berlebihan. Hidup minimalis mengutamakan kualitas dan fungsi dari suatu barang dibandingkan kuantitasnya.

Konsep ini awalnya banyak diterapkan oleh anak muda Jepang dan terbukti membawa manfaat bagi penganutnya. Beberapa manfaat dari gaya hidup ini adalah hidup lebih hemat, pola hidup yang lebih teratur, menjadikan rumah lebih rapi, bahkan bisa mengurangi stres, lho.

Tak heran, saat ini ada banyak orang yang ingin turut menerapkan hidup minimalis ala Jepang ini. Jika kamu juga tertarik untuk memulai gaya hidup satu ini, yuk simak tips hidup minimalis berikut!

1. Pisahkan Barang yang Tidak Terpakai

Tips Hidup Minimalis
Hidup minimalis dengan menyortir barang/Foto: freepik.com

Sering bingung karena rumahmu kebanyakan barang, Ladies? Hal ini bisa diatasi dengan menerapkan gaya hidup yang minimalis. Mulailah memisahkan barang-barang yang jarang digunakan, baik itu pakaian, furniture, buku, alat masak, atau yang lainnya.

Kamu bisa menyalurkan barang-barang tersebut pada orang-orang yang membutuhkan atau bahkan menjualnya kembali. Memisahkan barang yang tidak lagi terpakai akan memberi banyak ruang pada rumahmu, sehingga akan lebih rapi dan sederhana. Rumah yang rapi tentu akan membuatmu lebih senang dan nyaman.

2. Fokus pada Kebutuhan

Tips Hidup Minimalis
Hidup lebih minimalis dengan shopping list/Foto: freepik.com

Setelah memisahkan barang yang tak lagi terpakai, Ladies bisa fokus pada barang-barang yang lebih dibutuhkan. Susunlah barang-barang yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau.

Selain itu, bijaklah sebelum membeli barang guna menghindari penumpukan barang. Jangan membeli berdasarkan keinginan semata, tapi fokuslah pada kebutuhanmu. Untuk mencegah impulsive buying, biasakan untuk membuat shopping list sebelum berbelanja.

3. Mulai dari Satu Ruangan

Tips Hidup Minimalis
Mulai hidup minimalis dari satu ruangan/Foto: pinterest.com/HemslyHome

Dalam menerapkan gaya hidup minimalis, kamu bisa memulainya dari satu ruangan terlebih dahulu, misalnya ruang belajar. Kemudian tanyalah pada dirimu, apakah ruangan tersebut membuatmu senang dan nyaman?  

Jika merasa senang dan cocok dengan ruangan tersebut, tentu kamu akan semangat untuk meneruskan gaya hidup ala Jepang ini. Selanjutnya, kamu pun bisa merapikan ruangan-ruangan yang lainnya.

4. Rutin Merawat Barang dan Rumah

Tips Hidup Minimalis
Hidup minimalis dengan rutin merawat rumah/Foto: freepik.com

Tips hidup minimalis selanjutnya adalah dengan rutin merawat rumah beserta isinya. Dengan perawatan yang baik, barang-barang di rumah akan memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Penting juga untuk rutin membersihkan rumahmu agar tetap nyaman dihuni, Ladies. Namun, pekerjaan beberes tentu tak terlalu merepotkan lagi karena rumahmu sudah lebih minimalis kan?

5. Bijak dalam Berpakaian

Tips Hidup Minimalis
Hidup lebih minimalis dengan bijak berpakaian/Foto: freepik.com

Umumnya, barang yang paling banyak kita miliki adalah pakaian. Walaupun begitu, setiap ingin keluar kita pasti kebingungan akan memakai baju apa. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan lebih bijak dalam berpakaian.

Mulailah menyisihkan baju-baju yang jarang digunakan. Kemudian pilih pakaian yang paling disukai, serta mudah untuk di-mix and match. Dengan begitu, kamu pun bisa sekalian mengasah kreativitas dalam mix and match outfit!

Selain itu, pertimbangkan dengan matang sebelum membeli pakaian baru ya, Ladies. Pertimbangkan apakah kamu benar-benar membutuhkan pakaian tersebut. Penting juga untuk membeli baju dengan kualitas bahan yang bagus agar lebih awet.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana untuk memulai hidup yang lebih minimalis. Semoga bermanfaat, ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id