sign up SIGN UP

5 Tips Memilih Catokan yang Aman dan Bagus untuk Rambut

Pavita Sevilla | Rabu, 23 Jun 2021 19:30 WIB
5 Tips Memilih Catokan yang Aman dan Bagus untuk Rambut
caption
Jakarta -

Catokan rambut merupakan alat penolong bagi hampir semua wanita untuk bisa mendapatkan rambut indah seharian dengan praktis dalam waktu sekejap. Namun, seringkali beberapa orang mengeluhkan kerusakan rambut akibat proses mencatok ini. Ternyata, selain cara mencatok yang salah, pemilihan alat catokan yang kurang bagus juga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Pastinya, kamu nggak mau kan kejadian itu dialami oleh rambut indahmu? Nah, maka dari itu, yuk intip 5 tips memilih catokan yang bagus dan aman di bawah ini!

1. Pilih bahan plat catokan yang aman

Catokan dengan plat keramik/unsplash.com
Catokan dengan plat keramik/unsplash.com

Seiring berkembangnya teknologi, plat atau bagian pemanas pada catokan pun kini sudah dibuat dengan bahan dasar yang bermacam-macam. Beberapa bahan catokan yang paling sering ditemukan yaitu keramik, aluminium, titanium, dan tourmaline. Semua bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika kamu memiliki rambut yang tipis dan kering, akan lebih disarankan untuk menggunakan catokan yang platnya terbuat dari bahan keramik atau titanium. Walaupun harganya memang rata-rata lebih mahal, tapi manfaat yang ditawarkan pun memang sebanding. Hindari catokan yang berbahan aluminium, karena catokan berbahan aluminium memiliki suhu panas yang sangat tinggi dan bisa merusak rambut.

2. Pastikan plat licin dan bisa tertutup rapat

Pastikan plat catokan licin dan tertutup rapat/freepik.com
Plat catokan licin dan tertutup rapat/freepik.com

Kunci dari catokan terletak di bagian platnya. Oleh karena itu, pastikan catokan yang akan kamu pilih memiliki plat yang licin. Plat yang licin akan memudahkanmu saat mencatok rambut, serta mengurangi risiko rambut tersangkut.

Perhatikan juga, apakah catokan bisa tertutup rapat dengan sempurna atau tidak. Catokan yang bisa menutup rapat akan mengurangi risiko kerusakan rambut karena kita tidak perlu melakukan proses pencatokan berulang-ulang kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Perhatikan suhu catokan

Perhatikan suhu catokan/philips.co.id
Catokan dengan pengaturan suhu/philips.co.id

Semakin tinggi suhu yang dihasilkan, maka semakin tinggi juga potensi rambutmu mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, sebelum memilih catokan, perhatikan juga suhu yang dihasilkan oleh catokan tersebut. Jangan memilih catokan dengan suhu panas yang tinggi. Walaupun hasilnya akan lebih cepat, tapi itu akan merusak rambutmu.

Alangkah lebih baik lagi jika memilih catokan yang sudah memiliki pengaturan suhu. Sehingga, kamu bisa mengatur suhu panas sesuai yang diperlukan, tanpa terbayang-bayang risiko rambut rusak.

4. Sesuaikan ukuran catokan dengan jenis rambut

Catokan sesuai jenis rambut/freepik.com
Pilih catokan sesuai jenis rambut/freepik.com

Ukuran catokan tersedia dari yang kecil hingga besar. Nah, kamu bisa sesuaikan ukuran catokan dengan rambutmu atau sesuai kebutuhan. Misalnya, catokan kecil akan cocok untuk rambut tipis, rambut pendek, atau untuk bagian poni. Catokan berukuran sedang bisa untuk sehari-hari dan bagi pemilik rambut yang tidak terlalu tebal. Terakhir, catokan berukuran besar akan cocok untuk kamu yang memiliki rambut bergelombang, rambut tebal, atau rambut panjang.

Pastikan ukurannya sesuai. Jika tidak, misalnya kamu memiliki rambut yang tipis tapi memakai catokan berukuran besar, hasilnya akan tidak maksimal dan catokannya juga akan sangat berisiko membuat rambutmu rusak.

5. Pilih bentuk catokan sesuai tujuan

Macam-macam bentuk catokan/instagram.com/babyliss
Macam-macam bentuk catokan/instagram.com/babyliss

Catokan tak hanya untuk meluruskan rambut, tetapi catokan juga bisa untuk membuat rambut keriting, atau membuat rambut lebih bervolume. Jadi, pilihlah bentuk catokan yang sesuai tujuanmu.

Contohnya, apabila tujuanmu menggunakan catok untuk membuat wavy hair atau membuat rambut terlihat semakin bervolume, maka disarankan menggunakan catokan khusus agar hasilnya lebih cepat didapat dan bisa lebih maksimal.

Itu dia beberapa tips untuk memilih catokan yang bagus dan tentunya aman untuk rambut. Semoga bermanfaat ya, beauties!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id