sign up SIGN UP

FASHION

5 Tips Merawat Pakaian Berbahan Satin agar Awet

Rini Apriliani | Jumat, 12 Jun 2020 15:00 WIB
5 Tips Merawat Pakaian Berbahan Satin agar Awet
caption

Bahan setiap pakaian banyak sekali jenisnya, ada yang berbahan kaos, beludru, sampai bahan lembut seperti bahan satin. Perbedaan jenis bahan ini tentu saja memiliki perbedaan juga dalam merawatnya. Setiap pakaian tidak bisa diperlakukan sama, karena ada yang mudah dirawatnya dan ada yang harus detail dengan penuh perhatian untuk merawatnya.

Seperti halnya pakaian berbahan satin. Bahan pakaian yang satu ini sangatlah lembut. Jika dipakai, pakaian berbahan satin akan menambah kesan elegan dan cantik untuk si pemakainya. Bahan yang dibuat dengan cara ditenun ini perlahan akan rusak dan terurai jika salah dalam pemakaian dan perawatannya.

Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati jika memiliki pakaian berbahan dasar satin. Supaya tidak cepat rusak, yuk simak tips merawat pakaian berbahan satin!


1. Memisahkan Pakaian Satin dengan Pakaian Berbahan Lain

image
tumpukan pakaian/Pinterest.com

Ladies, langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk merawat pakaian berbahan satin adalah dengan tidak mencampurkannya dengan pakaian berbahan lain. Hal ini dapat bermanfaat agar pakain satin tidak tergesek-gesek dengan pakaian lain yang berbahan kasar dan dapat menyebabkannya menjadi rusak.

2. Tidak Asal Pilih Detergen Cuci

image
detergen pakaian/Pinterest.com

Pemilihan detergen pun menjadi salah satu point penting dalam perawatannya. Kamu tidak bisa lagi asal menggunakan detergen. Untuk pakaian berbahan satin, diharuskan untuk menggunakan detergen cair yang khusus untuk melembutkan pakaian.

Hal ini bermanfaat agar pakaian tidak rusak karena terkena cairan detergen yang berbahan keras. Setelah mendapatkan detergennya, kamu bisa langsung untuk melakukan perendaman. Rendam pakaian satin tidak lebih dari waktu 5 menit ya, Ladies!

3. Memperhatikan Teknik saat Mencucinya

image
mencuci palkaian/Pinterest.com

Setelah melakukan perendaman, kamu bisa melanjutkan tahap mencuci, Ladies! Untuk pakaian berbahan satin, berusahalah untuk mencuci dengan tangan kamu sendiri. Jangan sampai memasukkannya ke dalam mesin cuci. Apalagi disikat dengan begitu kencang. Kamu cukup mengucek pakaian berbahan satin dengan gerakan pelan dan lembut agar tidak sampai merusak bahannya. 

4. Jangan Keringkan dengan Mesin Pengering atau Sinar Matahari Langsung

image
jemur pakaian/Pinterest.com

Untuk proses pengeringan pada pakaian satin, kamu pun lagi-lagi harus melewatkan proses pengeringan dengan mesin pengering atau dijemur di bawah matahari langsung. Demi menjaga bahan satin agar tetap baik, kamu hanya boleh mengeringkannya dengan diangin-anginkan saja ditempat yang teduh.

Hindari kontak dengan matahari langsung ya! Memang akan cukup memakan waktu, tapi demi menjaga kualitas pakaian tidak ada salahnya untuk dilakukan bukan?

5. Setrika Pakaian Satin dengan Suhu Sedang

image
setrika pakaian/Pinterest.com

Sebenarnya tidak semua pakaian berbahan satin mudah kusut, ada juga pakaian berbahan satin yang tetap rapih dan tidak perlu untuk disetrika. Namun, jika pakaian satinmu tetap butuh disetrika, gunakan setrika dengan suhu sedang.

Jangan menggunakan suhu setrika dengan sangat panas, karena hal ini benar-benar akan merusakan pakaian. Selanjutnya kamu bisa langsung menyimpannya di lemari yang kering dan sejuk.

Beautynesian, itu dia tips merawat pakaian berbahan satin. Sedikit butuh effort memang, tapi hal ini akan bermanfaat untuk tetap membuat pakaian tidak mudah rusak. Jangan lupa dicoba di rumah ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id