sign up SIGN UP

5 Tips Sederhana Merawat Rambut Keriting

Meydiana Adinda | Senin, 08 Mar 2021 08:35 WIB
5 Tips Sederhana Merawat Rambut Keriting
caption

Rambut keriting umumnya bersifat gampang kusut, kering, dan kusam. Hal ini disebabkan oleh pola spiral kecil-kecil pada rambut keriting membuat minyak alami rambut tidak mencapai keseluruhan helai.

Minyak yang tidak merata ini dapat membuat rambut keriting kurang ternutrisi sehingga rambut menjadi mudah kusut, kering, dan kusam. Maka dari itu, merawat rambut keriting memerlukan usaha dan kesabaran yang lebih, Ladies.

Jika Ladies memiliki rambut keriting dan belum tahu bagaimana cara tepat untuk merawatnya, maka artikel berikut ini pas banget untuk dibaca. SiapkanĀ catatan dan silakan disimak, Ladies!

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Jangan terlalu sering keramas agar rambut tidak kering
Perhatikan Frekuensi Keramas/freepik.com

Tips pertama adalah memperhatikan frekuensi keramas. Seperti yang sudah dijelaskan, rambut keriting cenderung lebih kering daripada rambut lurus.

Keramas terlalu sering dapat mengurangi minyak alami pada rambut sehingga rambut semakin kering. Untuk itu, Ladies bisa keramas sebanyak 2-3 kali saja dalam seminggu.

2. Pilih Shampoo yang Tepat

Gunakan shampoo yang tepat untuk rambut keriting
Shampoo untuk Rambut Keriting/instagram.com/herbalessences

Selanjutnya adalah memilih shampoo yang tepat. Agar lebih mudah, Ladies bisa memilih shampoo yang diklaim khusus untuk rambut keriting.

Cara lainnya, Ladies bisa memilih shampoo yang mengandung minyak nabati di dalamnya seperti argan oil, jojoba oil, coconut oil, dan lain-lain. Agar tidak kering, sebisa mungkin hindari bahan Sulfat dan Paraben dalam shampoo ya, Ladies.

3. Gunakan Conditioner

Gunakan conditioner agar rambut mudah diatur
Conditioner/instagram.com/lovebeautyandplanet_id

Produk yang wajib dimilikiĀ oleh pemilik rambut keriting, yaitu conditioner. Penggunaan conditioner setiap habis keramas dapat membantu melembapkan rambut keriting. Selain itu dengan menggunakan conditioner dapat membuat rambut lebih mudah untuk diatur.

4. Tambah Nutrisi Rambut

Tambahkan nutrisi pada rambut agar tidak kering
Tambah Nutrisi Rambut/instagram.com/herbalessences

Tips selanjutnya adalah menambahkan nutrisi pada rambut. Ladies bisa lakukan banyak cara untuk tips ini. Misalnya dengan menggunakan vitamin rambut, minyak rambut, ataupun masker rambut.

Ladies bisa memakai vitamin atau masker yang dijual di pasaran atau bisa juga menggunakan bahan alami yang ada di rumah, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa.

5. Hindari Penggunaan Hair Dryer

Gunakan handuk alih-alih hairdryer untuk mengeringkan rambut
Keringkan Rambut dengan Handuk/freepik.com

Terakhir, hindari penggunaan hair dryer karena dapat menyebabkan rambut semakin kering. Ladies bisa kembali ke cara manual untuk mengeringkan rambut, yaitu menunggu rambut kering sendiri.

Jika ingin cepat, Ladies bisa membantu mengeringkan rambut dengan handuk. Namun, gunakan handuk yang lembut dan hindari menggosok rambut dengan keras.

Nah, itu dia lima tips yang bisa Ladies lakukan untuk merawat rambut keriting dengan tepat. Tidak sulit, bukan?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id