sign up SIGN UP

FASHION

6 Cara Mudah untuk Atasi Baju Luntur

ira syafira | Sabtu, 26 Jun 2021 20:30 WIB
6 Cara Mudah untuk Atasi Baju Luntur
caption
Jakarta -

Tanpa kita sadari, kita sering tidak teliti saat mencuci pakaian. Akibatnya, terkadang satu baju kelunturan oleh baju lainnya. Padalah, setiap jenis baju sudah kamu bedakan berdasarkan jenisnya. Sayang sekali jika masih kecolongan, sampai yang kelunturan tidak hanya satu baju saja.

Untuk mengatasi hal ini, kamu sebaiknya bertindak langsung agar baju kesayanganmu tetap terselamatkan. Cara untuk membersihkan noda luntur mungkin tidak semudah membersihkan noda putih dari noda, yang hanya perlu diatasi dengan pemutih pakaian. Tapi tenang, kamu bisa atasi noda luntur dan membuat pakaian tampak seperti baru dengan enam cara mudah berikut ini.

1. Hilangkan dengan produk khusus penghapus noda

Foto: Penghapus noda/pexels.com
Foto: Penghapus noda/freepik.com

Saat ini telah banyak produk yang memiliki kandungan formula khusus untuk membersihkan noda. Produk-produk ini bahkan bisa kamu temukan di pasaran dengan mudah. Sebelum menggunakan produknya, sebaiknya kamu lakukan pengecekan terlebih dahulu apakah kandungan dalam produk tersebut aman untuk jenis pakaian tertentu, terutama yang membutuhkan perawatan khusus.

Cara penggunaan dari produk ini tidak sulit, biasanya akan ada instruksi penggunaan pada kemasan. Kamu hanya tinggal mengoleskan produk khusus penghapus noda pada baju yang terkena lunturan atau merendamnya agak lama.

2. Hilangkan noda dengan baking soda

Foto: Baking Soda/freepik.com
Foto: Baking Soda/freepik.com

Siapa sangka ternyata larutan baking soda bisa kamu gunakan untuk mengatasi luntur pada pakaian yang berwarna? Caranya mudah, cukup campurkan baking soda dan detergen ke dalam air hangat. Rendam pakaian berwarna yang terkena lunturan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, bilas perlahan dan angkat untuk dikeringkan.

Tips menghilangkan noda luntur dengan menggunakan baking soda ini bisa kamu lakukan saat beberapa bagian warna yang luntur tidak tampak mencolok. Walaupun tidak sama efektif dengan menggunakan cairan asam atau vetsin, tapi karena baking soda mudah didapatkan, maka menjadi banyak diminati masyarakat.

3. Gunakan hair spray dengan kandungan alkohol

Foto: Hairspray/freepik.com
Foto: Hairspray/freepik.com

Alkohol ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan noda luntur di pakaianmu. Kamu bisa gunakan hairspray dengan kandungan alkohol untuk membersihkan noda kelunturan. Siapkan pakaian yang akan kamu bersihkan, kemudian semprotkan hairspray di bagian-bagian yang terkena noda luntur.

Kucek noda luntur yang sudah kamu semprotkan hairspray  sambil dibilas. Jika noda tersebut tak kunjung hilang, kamu bisa semprotkan kembali dan cuci baju seperti biasa. Kamu juga bisa memasukkan cairan hairspray sebagai campuran dengan detergen untuk membersihkan noda luntur.

4. Larutan vetsin dan detergen

Foto: Vetsin dan detergen/freepik.com
Foto: Vetsin dan detergen/freepik.com

Cara satu ini menjadi cara paling sederhana yang bisa kamu jadikan pilihan. Gimana sih caranya? Kamu cukup campurkan detergen dengan vetsin atau penyedap dengan kandungan MSG lainnya. Gunakan perbandingan 2:3 untuk detergen dan vetsin. Lalu, tambahkan air hangat sesuai dengan jumlah pakaian yang akan kamu rendam.

Kamu juga harus pastikan seluruh pakaian terendam secara sempurna. Diamkan selama 30 menit, kemudian kucek baju seperlunya saja. Cuci kembali pakaian yang sudah direndam dengan detergen biasa, lalu bilas dengan bersih. 

5. Gunakan larutan buah yang mengandung asam seperti lemon

Foto: Lemon/pexels.com
Foto: Lemon/pexels.com

Buah yang mengandung asam seperti lemon dan blimbing wuluh ternyata dapat menghilangkan noda luntur pada pakaian, lho. Untuk belimbing, bisa digosokkan perlahan ke noda luntur di baju kamu dan siapkan selama 30 menit sebelum di cuci dengan detergen.

Buah citrus atau lemon biasanya memang digunakan untuk mengatasi bercak luntur di pakaian. Selain baju berwarna putih, buah lemon sepertinya juga ampuh menghilangkan luntur di pakaian berwarna. 

6. Gosokkan cuka pada baju yang terkena noda luntur

Foto: Cuka/freepik.com
Foto: Cuka/freepik.com

Cuka alami mampu menghilangkan noda luntur yang ada di pakaian putih kamu. Selain itu, cuka juga berfungsi untuk membasmi jamur nakal yang telah menempel pada pakaian kotor atau menguning. Jika baju putihmu yang terkena noda luntur, coba atasi dengan menggosok cuka pada pakaian tersebut.

Hal yang perlu kamu ingat hanyalah, mencampur cairan cuka pada seember air lalu kucek pakaian putihmu di dalamnya. Saat sudah rendam selama kurang lebih 1 jam kemudian, dan bilas dengan air hangat hingga bersih. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id