sign up SIGN UP

6 Kesalahan Saat Mewarnai Rambut di Rumah, Alhasil Bikin Nggak Percaya Diri

Ratih Dewi | Rabu, 15 Sep 2021 06:00 WIB
6 Kesalahan Saat Mewarnai Rambut di Rumah, Alhasil Bikin Nggak Percaya Diri
Kesalahan saat Mewarnai Rambut di rumah/Foto: freepik.com/wayhomestudio

Kebanyakan dari kita, di masa PPKM ini memilih untuk mewarnai rambut sendiri di rumah dari pada pergi ke salon. Selain lebih aman karena dilakukannya di rumah, pastinya juga menghemat pengeluaran kita ya, Beauties. 

Nah, karena melakukan sendiri di rumah, ada beberapa kesalahan yang mungkin tidak kita sadari saat mewarnai rambut yang hasilnya membuat kita tidak percaya diri atau bahkan bisa merusak rambut kita.

Berikut beberapa kesalahaan yang biasa terjadi dan cara mengatasinya: 

1. Tidak Melakukan Patch Test 

Tidak Melakukan Patch Test
Tidak Melakukan Patch Test/Foto : freepik.com/valuavitaly

Beda brand tentu saja bisa beda juga main ingredients yang digunakan. Buat Beauties yang baru mau coba mewarnai rambut, jangan lupa lakukan patch test atau tes alergi dulu untuk melihat apakah ada reaksi yang membuat kamu tidak nyaman. 

Dilansir dari laman Major, biasanya tes ini akan mengoleskan sedikit cat rambut di belakang telinga dan menunggu kurang lebih 24 - 48 jam. Jika merasakan reaksi gatal, panas, ada rasa terbakar, atau kemerahan segera bilas dengan air dan hubungi dokter.

Kalau kamu tidak melakukan tes alergi ini terlebih dahulu, khususnya untuk kulit sensitif, ada kemungkinan bisa mengalami reaksi yang cukup parah nantinya.

2. Salah Memilih Warna Cat Rambut

Salah Memilih Warna Cat Rambut
Salah Memilih Warna Cat Rambut/Foto : freepik.com/Racool_studio

Tabitha Mitchell, penata rambut di Houston menjelaskan banyak orang yang salah memilih cat rambut karena melihat dari gambar yang ada di kemasan produknya.

"Rambut setiap orang berbeda-beda, bahkan jika menggunakan warna yang sama pada tiga orang berbeda, maka hasilnya tidak akan sama persis pada masing-masing," ujarnya. 

Jangan memilih cat rambut karena kemasannya, sesuaikan dengan warna rambut asli kamu atau warna sebelumnya. Kalau ragu, kamu bisa berkonsultasi atau meminta warna sampel untuk memastikan apakah warna yang akan kamu pilih adalah warna yang tepat.

3. Keramas sebelum Mewarnai Rambut

Keramas sebelum Mewarnai Rambut
Keramas sebelum Mewarnai Rambut/Foto : freepik.com/valuavitaly

Sebenarnya, keramas atau tidak keramas sebelum mewarnai rambut adalah pilihan dan tidak mengakibatkan masalah yang begitu besar. Namun, sebagai bahan pertimbangan, jika keramas sebelum mengecat maka minyak alami rambut akan menghilang dari kulit kepala. 

Dilansir dari laman Hair, 1-2 hari tidak keramas sebelum mewarnai rambut, maka minyak alami rambut akan menumpuk dan hal tersebut diketahui bisa melindungi kulit kepala dari iritasi karena cat rambut. 

4. Jangan Mewarnai diluar Garis

Jangan Mewarnai diluar Garis
Jangan Mewarnai diluar Garis/Foto : freepik.com/valuavitaly

Hati-hati saat mewarnai rambut sendiri di rumah, sebab butuh ketelitian. Jika mewarnai rambut di luar garis rambut, noda cat rambut kemungkinan akan susah hilang dan berbekas. Pastikan kamu mempersiapkan alat cat rambut yang lengkap, juga pelindung supaya baju kamu tidak terkena sisa cat rambut. 

Aplikasikan pelembap atau petroleum jelly seperti Vaseline di area garis rambut, agar jika terlewat dari garis rambut, cat rambut akan mudah dibersihkan dan tidak akan membekas lama, demikian seperti yang dilansir dari laman Everyday Health.

5. Tidak Rata saat Mengaplikasikan Cat Rambut

Tidak Rata saat Mengaplikasikan Cat Rambut
Tidak Rata saat Mengaplikasikan Cat Rambut/freepik.com/freepik

Warna yang tidak rata pada rambut sering terjadi ketika mewarnai rambut di rumah, sehingga hasilnya berbeda dari apa yang kita harapkan, tidak sedikit pada akhirnya membuat menjadi tidak percaya diri. 

Dilansir dari laman HuffPost, warnai rambut pada bagian akar terlebih dahulu secara perlahan baru area rambut lainnya seperti batang dan ujung rambut. Jangan berulang-ulang mewarnai rambut secara keseluruhan, karena hasilnya nanti tidak akan alami. 

6. Melewatkan Perawatan Rambut Setelahnya

Melewatkan Perawatan Rambut Setelahnya
Melewatkan Perawatan Rambut Setelahnya/Foto : freepik.com/gpointstudio

Mulai dari shampo, kondisioner, serum rambut, vitamin rambut, atau hair care lainnya harus diperhatikan. Rambut yang diwarnai akan lebih sensitif dibandingkan rambut biasa.

Kalau kamu mau warna cat rambut bertahan lebih lama, rambut tidak kering, atau bercabang, pastikan menggunakan hair care yang khusus untuk rambut diwarnai. Kalau tidak diperhatikan, rambut kamu bisa rusak dan warna lebih cepat pudar. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id