sign up SIGN UP

6 Kiat Membersihkan Sepatu Kulit Berjamur, Plus Perawatan Lanjut Biar Selalu Tampak Baru

Henny Alifah | Jumat, 08 Oct 2021 16:30 WIB
6 Kiat Membersihkan Sepatu Kulit Berjamur, Plus Perawatan Lanjut Biar Selalu Tampak Baru
caption

Sepatu kulit tampak mewah, begitu pula dengan jaket kulit maupun tas kulit. Namun sayangnya barang-barang ini rentan berjamur jika diletakkan di ruangan yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Sekali kamu menemukan jamur di permukaan tas, baju, atau sepatu kulit, segera atasi agar tidak menyebar luas membentuk koloni. Jika tidak, pertumbuhan jamur dapat menimbulkan kerusakan secara permanen, mengubah warna asli, dan bahkan menyebar ke barang atau pakaian yang lain.

Menurut The Spruce, periksa barang-barang berbahan kulit setidaknya sebanyak dua kali dalam setahun. Keluarkan barang-barang berbahan kulit dari tempat penyimpanan dan bawa ke tempat yang terang untuk diperiksa secara dekat apakah ada jamur atau tidak. Jika ada, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.

Alat

  • Kuas berbulu lembut
  • Vacuum (pilih penyedot debu mini)
  • Ember atau wadah lain
  • Kipas angin portabel (opsional)

Bahan

  • Saddle soap atau deterjen lembut
  • Pemutih, chlorine bleach dan oxigen bleach (opsional)
  • Alkohol gosok (isopropil alkohol) atau spiritus
  • Leather conditioner
  • Kertas tisu
  • Cotton bud atau kapas
  • Kain bersih atau spons

Langkah

1. Lakukan di Ruang Terbuka, Jangan Lupa Bersihkan Wadah Penyimpanan

Ilustrasi: membersihkan sepatu kulit
Foto: Freepik.com

Jika memungkinkan, bawa pakaian dan sepatu kulit berjamur ke luar ruangan pada pembersihan awal. Ini untuk mencegah penyebaran spora di dalam rumah. Gunakan sikat berbulu lembut atau kain bersih kering untuk menghilangkan spora pada pakaian dan sepatu kulit.

Jika barang-barang disimpan dalam kotak kardus, buang segera kardus tersebut. Jika disimpan dalam wadah penyimpanan kain, cuci kain dengan air panas dan keringkan menggunakan panas tinggi untuk membunuh spora jamur. Sementara untuk wadah penyimpanan plastik, harus dibersihkan dengan larutan 1 cup pemutih klorin dan 1 liter air dan dibiarkan kering di bawah sinar matahari.

Lemari atau tempat penyimpanan barang-barang yang berjamur harus dikosongkan dari semua isinya dan disedot secara menyeluruh. Kamu juga harus mengelap dinding (dan lantai, jika tidak berkarpet) dengan larutan pemutih dan air. Biarkan area tersebut benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

2. Basmi Jamur

Ilustrasi: cotton bud bisa digunakan untuk membersihkan celah-celah dalam sepatu
Foto: Pexels.com/Tara Winstead

Dalam wadah bersih, campurkan air dingin dan alkohol gosok dengan perbandingan yang sama. Gunakan kain putih bersih yang dicelupkan ke dalam campuran untuk menyeka permukaan kulit. Untuk sepatu kulit, gunakan cotton bud untuk membersihkan celah-celah yang sulit dijangkau.

Akhiri dengan menyeka kulit pakai kain bersih yang dicelupkan ke dalam air. Biarkan barang-barang ini mengering alami, serta jauhkan dari panas langsung sinar matahari. Untuk sepatu dan tas, pertimbangkan untuk mengisinya dengan kertas putih biasa, seperti kertas tisu agar dapat mempertahankan bentuknya. Terutama untuk sepatu, jangan gunakan kertas koran karena akan berisiko terkena tinta di kaus kaki dan kakimu.

3. Bersihkan Permukaan

Ilustrasi: membersihkan permukaan sepatu kulit
Foto: Freepik.com

Dalam wadah atau ember plastik kecil, campur saddle soap dengan air hangat. Dengan menggunakan kain bersih atau spons, bersihkan semua permukaan kulit luar maupun dalam. Gunakan kain terpisah yang dicelupkan ke dalam air bersih untuk membersihkan sisa sabun.

4. Pengeringan

Ilustrasi: pengeringan sepatu kulit
Foto: Unsplash.com/Anthony Tedja

Gantung pakaian di gantungan yang kokoh hingga kering, letakkan sepatu dan tas di permukaan yang rata. Jangan letakkan di dekat panas langsung atau di bawah sinar matahari, yang dapat mengubah warna kulit. Kamu bisa gunakan bantuan kipas angin portabel yang untuk mempercepat proses pengeringan.

5. Gunakan Conditioner

Ilustrasi: leather conditioner
Foto: Instagram.com/ardessonshoerepair

Kulit adalah produk alami dengan minyak yang harus dijaga. Jika tidak, permukaannya bisa retak. Setelah barang-barang kulit yang kamu bersihkan benar-benar kering, gunakan leather conditioner untuk mengembalikan hasil akhir yang kenyal. Ikuti petunjuk penggunaan produk agar kulit tampak seperti baru.

6. Penyimpanan

Ilustrasi: lemari sepatu dan tas kulit
Foto: Pixabay.com/outlettrade

Untuk mencegah pertumbuhan jamur dan lumut pada barang-barang berbahan kulit, perhatikan suhu, aliran udara, dan kelembapan tempat penyimpanan. Jagalah kebersihannya, karena setiap kulit yang disimpan dengan noda makanan atau lumpur adalah target pertumbuhan jamur. Kamu juga bisa mengendalikan pertumbuhan jamur dan lumut dengan mengurangi kelembapan di rumah menggunakan dehumidifier, serap lembap, dan juga meningkatkan sirkulasi udara.

Perawatan Lanjut: Mengatasi Bekas Noda Jamur

Ilustrasi: sepatu kulit
Foto: Pexels.com/Ekrulila

Setelah membasmi jamur, kadang masih tersisa bintik hitam. Atasi dengan larutan pemutih oksigen dan air menggunakan metode berikut.

  • Dalam wadah non-logam, campur 2 sendok makan pemutih oksigen kering (misal, OxiClean) dengan 1 gelas air.
  • Oleskan area bernoda dengan larutan, biarkan selama setidaknya satu jam atau lebih.
  • Selanjutnya, bersihkan area tersebut dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air dan biarkan mengering.
  • Berhati-hatilah untuk tidak memercikkan larutan langsung ke kulit karena dapat merusak hasil akhir.
  • Ulangi sampai semua perubahan warna hilang.

Jika kamu masih melihat noda pada sepatu kulit berjamur setelah dibersihkan, gosokkan campuran yang terbuat dari air dengan perbandingan yang sama dan gosokkan alkohol ke area tersebut dengan kain bersih. Gosok dengan gerakan melingkar, lalu gunakan kain lembap bersih lainnya untuk membilas area tersebut. Biarkan sepatu benar-benar kering di udara.

Jika kamu mendeteksi bau jamur setelah barang-barang ini dibersihkan, angin-angin di ruang terbuka dapat membantu. Cara lain, masukkan barang-barang kulit ke dalam wadah plastik dengan produk penyerap bau kering atau sekotak soda kue. Biarkan wadah tertutup rapat selama seminggu untuk membantu menyerap baunya. Untuk menghilangkan jamur dari sepatu bot suede atau kulit domba, gunakan sikat lembut untuk menghilangkan jamur yang terlihat, lalu bersihkan secara menyeluruh.

Tips dan trik ini bisa coba kamu aplikasikan pada sepatu kulit alami maupun sintetis. Selamat mencoba, Beauties!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id