sign up SIGN UP

7 Momen Gaya Berpakaian Para Putri Kerajaan Inggris yang Sempat Menjadi Kontroversi

Rayoga Firdaus | Senin, 30 Aug 2021 10:20 WIB
7 Momen Gaya Berpakaian Para Putri Kerajaan Inggris yang Sempat Menjadi Kontroversi
caption
Jakarta -

Menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris bukan berarti bebas dalam hal berpakaian. Ada sejumlah protokol terkait yang mesti ditaati. Namun, entah dengan sengaja atau tidak, terkadang mereka pun melanggar hingga terjadi kontroversi. Meski tak jarang beberapa malah menuai pujian dari masyarakat. Bagi para Putri Kerajaan biasanya aturan yang sering dianggap dilanggar adalah terkait potongan busana yang terlalu terbuka pada bagian bahu. Atau rok yang terlalu pendek. Berikut sejumlah gaya berbusana anggota keluarga Kerajaan Inggris yang sempat menjadi kontroversi.


Kate Middleton Memakai Gaun Off-Shoulder

Kate MiddletonKate Middleton/ Foto: Samir Hussein/Karwai Tang/Getty Images


Gaun dengan model strapless ataupun one-shoulder memang dianggap tidak sesuai dengan aturan berbusana keluarga kerajaan di mana dianggap terlalu terbuka. Mendiang Putri Diana sempat mengenakan potongan busana ini. Termasuk Kate Middleton dan Meghan Markle. Pada tahun 2017, Kate mengenakan gaun model off-shoulder rancangan Alexander McQueen. Seolah telah mendapat teguran ataupun mendengarkan kritikan, ia kembali memakai gaun tersebut dan mengubahnya menjadi lengan pendek di tahun 2019.

Putri Diana Memakai Setelan Jas

Putri DianaPutri Diana/ Foto: David Levenson/Insider


Seorang Putri kerajaan umumnya identik mengenakan gaun. Namun Putri Diana berani mengubah persepsi tersebut. Ketika pada tahun 1984 saat menghadiri sebuah konser, ia memakai setelan jas. Kala itu masih tak lazim bagi seorang anggota perempuan keluarga Kerajaan untuk memakai jas dan celana kala melakukan kunjungan formal. Tampilan Putri Diana ini pun seolah membuka jalan bagi generasi selanjutnya. Karena kini Kate dan Meghan juga sering memakai setelan jas dalam kunjungannya.

Meghan Markle Mengenakan Gaun dan Cat Kuku Warna Hitam

Meghan MarkleMeghan Markle/ Foto: Getty Images/Tristan Fewings/BFC


Ketika menghadiri acara British Fashion Award 2018, Meghan Markle dianggap telah mendobrak dua peraturan berbusana anggota keluarga Kerajaan Inggris. Pertama gaun warna hitam hanya boleh dikenakan anggota kerajaan hanya saat acara pemakaman. Kedua, warna cat kuku yang diperbolehkan hanyalah warna nude atau netral. Dan Meghan bila diamati memakai cat kuku warna hitam.

Meghan Markle Mengenakan Tuxedo Mini Dress

Meghan Markle melanggar aturan KerajaanMeghan Markle melanggar aturan Kerajaan/ Foto: WhoWhatWear


Panjang rok atau dress adalah salah satu hal yang paling krusial terkait gaya berbusana Putri Kerajaan. Meghan Markle membuat kejutan kala ia mengenakan tuxedo mini dress di sebuah acara formal. Namun konon Kate juga pernah mendapat teguran terkait panjang busananya yang masih sempat di atas lutut.

Gaun Kate Middleton yang Tertiup Angin

Kate MiddletonKate Middleton/ Foto: Samir Hussein/WireImage


Saat mengunjungi Kanada, angin kencang di Bandara Calgary membuat Kate Middleton sempat mengalami wardrobe malfunction. Bagian rok gaunnya tersebut tertiup angin. Kate pun tampak kesulitan dan canggung. Semenjak insiden ini, situs Express melaporkan bahwa Stewart Parvin yang merupakan desainer favorit Ratu Elizabeth II mulai menambahkan 'pemberat' pada bagian hemline agar tidak terjadi kesalahan serupa. Dan peraturan ini pun tampaknya juga sudah diterapkan oleh para desainer langganan Putri Kerajaan Inggris lainnya.

Putri Margaret Tak Mengenakan Mahkota Kerajaan di Hari Pernikahannya

Putri Margaret Lord SnowdonPutri Margaret Lord Snowdon/ Foto: Keystone-France/Getty Images


Mendiang Putri Margaret juga sempat membuat kontroversi terkait preferensi dalam hal fashion. Yakni ketika di hari pernikahannya dengan Lord Snowdon, alih-alih mengikuti tradisi di mana memakai mahkota milik kerajaan, ia justru memilih mengenakan sebuah mahkota yang ia beli sendiri di sebuah acara lelang.

Gaun 'Balas Dendam' Putri Diana

Putri DianaPutri Diana/ Foto: JAYNE FINCHER/GETTY IMAGES/People Magazine


Tak lengkap jika tak menyinggung 'revenge dress' yang dipakai Putri Diana dalam hal kontroversi gaya berbusana para Putri Kerajaan. Tak hanya desainnya yang berlawanan dengan aturan kerajaan tapi juga drama di baliknya. Putri Diana mengenakan gaun tersebut tak lama setelah Pangeran Charles tampil di televisi di mana ia mengakui skandal perselingkuhan yang dilakukannya kala masih menikah dengan Diana. Media pun menjuluki gaun tersebut sebagai, 'revenge dress'.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id