sign up SIGN UP

Aneh dan Unik! 5 Bahan Gak Biasa Ini Ternyata Bisa Digunakan Membuat Pakaian

Izzul Millati Umami | Kamis, 10 Dec 2020 15:15 WIB
Aneh dan Unik! 5 Bahan Gak Biasa Ini Ternyata Bisa Digunakan Membuat Pakaian
caption
Jakarta -

Kamu salah besar kalau berpikir cuma ada beberapa bahan tertentu yang bisa digunakan membuat pakaian di dunia ini. Bukan cuma benang aja kok yang bisa digunakan membuat pakaian. Kamu akan takjub bahwa 5 bahan-bahan berikut ini sangat bisa digunakan untuk menciptakan baju yang kece dan super unik:

Gabus

gabus
gabus/sumber:pixabay.com

Schoeller textil, sebuah perusahaan yang memproduksi pakaian menggunakan bahan yang nggak biasa berupa gabus. Gabus yang dimaksud merupakan item yang digunakan untuk menyumbat botol anggur. Kelebihan dari gabus ini bisa menjebak panas karena berasal dari pohon oak. Schoeller textil memanfaatkan gabus ini untuk menciptakan jaket anti dingin. Dengan jaket berbahan gabus ini, badan pun terlihat ramping. 

Kelapa

kelapa
kelapa/sumber:pixabay.com

Siapa bilang kalau kelapa  hanya bisa dimanfaatkan untuk bahan masak. Padahal, tempurung kelapanya bisa digunakan sebagai bahan pakaian juga, loh! Limbah tempurung kelapa yang direduksi jadi karbon bisa diubah fungsi menjadi kain bernama cocona. 

Kain cocona sendiri punya keunggulan sebagai bahan yang bisa mendinginkan tubuh. Hal ini terjadi karena bahan cocona bisa digunakan untuk menguapkan kelembaban secara cepat. Selain itu, kain cocona cocok untuk kamu yang ingin memutihkan tubuh karena punya manfaat melindungi diri dari sinar UV. Kain cocona biasanya digunakan untuk pakaian olahraga. 

Kopi

kopi
kopi/sumber:pixabay.com

Salah satu merek pakaian menggunakan biji kopi untuk lapisan dalam kain. Biji kopi ini mampu meningkatkan suhu hingga 10 derajat ketika mengenai kulit. Salah satu biji kopi ini digunakan untuk pakaian olahraga musim dingin. 

Tembaga

Tembaga punya manfaat besar untuk menghangatkan tubuh. Senyawa tembaga biasanya digunakan dalam serat buatan semacam polyester. Kaus kaki olahraga dan beberapa sarung bantal menggunakan bahan tembaga untuk membuat badan menjadi hangat. 

Botol air

botol air
botol air/sumber:pixabay.com

Ada beberapa jenis pakaian yang terbuat dari polyester bekas. Tahukah kamu, polyester bekas ini banyak yang terbuat dari botol air minum buangan? Setelah mengalami proses pembersihan, botol air tersebut akan diolah sebagai pakaian pendek peselancar seperti jaket bulu. 

Nggak cuma benang aja yang bisa digunakan sebagai bahan pakaian kan Ladies?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id