sign up SIGN UP

FASHION

Bangga! Kain Endek Bali Bakal Dipromosikan Oleh Christian Dior

Rima WK | Kamis, 14 Jan 2021 12:15 WIB
Bangga! Kain Endek Bali Bakal Dipromosikan Oleh Christian Dior
caption

Pesona kain tenun ikat Endek Bali menarik perhatian Christian Dior. Fashion brand ternama itu baru-baru ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk mempromosikan kain tenun Endek Bali untuk produk mereka. 

Kerjasama Pemerintah Bali dengan Christian Dior 

Penandatanganan kerjasama Pemerintah Provinsi Bali dengan Christian Dior untuk mempromosikan kain tenun Endek Bali.
Penandatanganan kerjasama Pemerintah Provinsi Bali dengan Christian Dior untuk mempromosikan kain tenun Endek Bali/Sumber/Foto/Indonesiainparis.

Pada 8 Januari 2021, Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Senior Vice President General Counsel, Marie Champey menandatangani Memorandum Saling Pengertian (MSP) perihal Pernyataan Kehendak antara Pemerintah Provinsi Bali dan Christian Dior Couture S.A tentang Kerja Sama Dalam Mempromosikan Ekspresi Budaya Tradisional Indonesia. 

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan secara virtual oleh masing-masing pihak di negara masing-masing dengan dukungan dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. 

Endek Bali Pernah Tampil di Fashion Week Paris 2020

Peragaan hasil tenun ikat Endek Bali di Paris Fashion Week 2020.
Peragaan hasil tenun ikat Endek Bali di Paris Fashion Week 2020/Sumber/Instagram/Indonesiainparis.

Ketertarikan Christian Dior pada Endek Bali telah dipertunjukkan dalam Paris Fashion Week 2020 yang berlangsung pada 29 September 2020. 

Mereka menampilkan 86 desain koleksi untuk Spring/Summer 2021 dengan menggandeng Artistic Directior Christian Dior Couture, Maria Grazia Chiuri, yang mengaplikasikan Endek Bali untuk beberapa bagian dan tas. 

Mengenal Kain Endek Bali 

Peragaan hasil tenun ikat Endek Bali di Paris Fashion Week 2020.
Peragaan hasil tenun ikat Endek Bali di Paris Fashion Week 2020/Sumber/Instagram/Indonesiainparis.

Kain Endek Bali biasa digunakan untuk upacara adat dan sembahyang ke pura. Kain tenun berbentuk sarung ini tak hanya sebagai pelindung tubuh, tetapi juga dipercaya digunakan sebagai alat komunikasi dan ikatan tali persaudaraan. 

Kain Endek Bali merupakan ekspresi budaya tradisional yang dilindungi negara, berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Endek memiliki sejumlah motif yang menggambarkan flora dan fauna, hingga mitologi Bali, seperti Motif Enjak Saji sebagai bentuk hormat kepada Sang Pencipta, selain itu ada Motif Patra, Motif Wajik Ukir, dan Motif Jumputan. 

Bahkan, beberapa jenis kain Endek dipercaya sebagai penolak bala atau penangkal wabah penyakit. Diantaranya yaitu Endek Gringsing, Endek Cepuk dan Endek Bebali. Wah, makin bangga ya dengan Indonesia?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id