sign up SIGN UP

Deretan Kain Batik Termahal yang Harganya Bikin Melongo, Jadi Kebangaan Tersendiri

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 02 Oct 2021 08:15 WIB
Deretan Kain Batik Termahal yang Harganya Bikin Melongo, Jadi Kebangaan Tersendiri
caption

Indonesia mempunyai kekayaan yang beragam, salah satunya hasil seni seperti batik. Bahkan masing-masing daerah punya ciri khasnya sendiri. Nggak heran kalau batik masuk dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO. Selain itu, batik ditawarkan dengan harga beragam bahkan ada yang mencapai ratusan juta.

Seperti batik tulis yang digambar langsung oleh tangan perajin, mempunyai warna dan motif yang nggak sama. Tentunya proses ini nggak bisa dibilang mudah, karena kesulitannya tinggi serta harus selalu konsisten. Hal ini berbeda lagi dengan batik cap dan batik printed. Karena nggak perlu ditulis lagi, jadi hanya perlu dicap atau dicetak saja.

Diantara banyaknya model batik, inilah deretan kain batik termahal yang pernah ada di Indonesia.

Batik Belanda

Batik Indonesia Corak Belanda punya harga mencapai Rp 100 juta.
Pinterest.com/alfywahyu

Tenang Beauties nggak usah kesal dulu setelah membacanya, Batik Belanda ini punya nama lain Batik Indonesia Corak Belanda. Berawal dari perempuan Belanda yang tertarik banget sama batik lalu memutuskan untuk mengkolaborasikan kedua budaya dari Indonesia dan Belanda. Batik ini sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 1840an.

Sejak saat itu motif dan model Batik Indonesia Corak Belanda ini semakin berkembang. Bahkan salah satu pembuatnya, Carolina Josephina Franqemont mengungkapkan kalau batik ini punya banyak peminat hingga harganya mencapai Rp100 juta.

Batik Hokokai

Batik Hokokai punya harga mencapai di atas Rp 100 juta.
Pinterest.com/asianbatikdesigns

Dari namanya saja sudah kedengaran Jepang banget bukan? Batik Hokokai memang selalu menggambarkan bunga sakura pada setiap model. Desain yang digambarkan pun sangat detail sehingga para perajin butuh waktu lama sampai sempurna menyelesaikan kain batik.

Jadi jangan kaget kalau Batik Hokokai diperkirakan punya harga di atas Rp 100 juta. Selain itu, salah satu ciri khas dari batik ini adalah punya warna yang colorful. Saat ini di Indonesia, batik ini dimiliki oleh Tumbu Ramelan.

Batik Halus Cirebon

Batik Halus Cirebon punya harga mencapai Rp 30 juta.
Pinterest.com/regitarufaida

Sama seperti Batik Indonesia Corak Belanda dan Batik Hokokai, Batik Halus Cirebon juga dibuat dengan dilukis oleh tangan. Bukan dicap atau cetak. Setiap lukisan punya makna tersendiri bagi perajinnya. Lama penyelesaiannya pun butuh kurang lebih satu tahun. Sehingga wajar apabila kain Batik Halus Cirebon punya harga mencapai Rp30 juta.

Batik Tiga Negara

Batik Tiga Negara punya harga mencapai di atas Rp 100 juta.
Pinterest.com/asianbatikdesigns

Nggak seperti namanya, batik ini sebenarnya memadukan tiga daerah dalam motif, warna, corak, dan asal-usulnya. Memadukan budaya dari Pekalongan, Solo, dan Lasem. Biasanya Batik Tiga Negara punya warna utama, merah, biru, kuning, dan soga. Sedangkan motifnya memadukan perpaduan Jawa, Arab, Cina, serta Eropa. Karena kekayaan budayanya, harga batik ini berkisar di atas Rp100 juta.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id