sign up SIGN UP

FASHION

Haircare Routine yang Benar Agar Rambut Tidak Mengembang Seperti Singa

Retno Wulandari | Selasa, 13 Apr 2021 15:00 WIB
Haircare Routine yang Benar Agar Rambut Tidak Mengembang Seperti Singa
caption

Seperti skincare, haircare pun juga harus digunakan sesuai dengan urutan agar hasilnya maksimal. Apalagi jika kamu memiliki permasalahan dengan rambut mengembang, tentu saja membutuhkan produk perawatan rambut yang tepat dan digunakan sesuai dengan urutan yang benar.

Terus apa dong tahapan haircare yang benar agar rambut tidak mengembang? Scroll artikel ini yuk!

1. Gunakan Hair Oil Sebelum Keramas

Haircare Routine Agar Rambut Tidak Mengembang
Foto: Hair Oil/freepik.com

Menggunakan hair oil sebagai hair mask sebelum keramas merupakan langkah pertama yang harus dilakukan agar rambut sehat dan tidak mengembang. Meskipun sepele, ternyata hair oil memiliki beragam manfaat baik untuk rambut, seperti menjaga kelembapan, memperkuat akar rambut, mempercepat pertumbuhan rambut, memperbaiki kutikula pada rambut, dan meningkatkan sirkulasi darah di kepala.

Jenis hair oil yang bisa kamu gunakan antara lain almond oil, coconut oil, olive oil, dan peppermint oil. Agar hasilnya maksimal, saat mengaplikasikan hair oil berikan sedikit pijatan lalu diamkan selama 2 jam. Sebelum keramas, bilas hingga bersih dan pastikan tidak ada minyak yang tersisa.

2. Keramas

Haircare Routine Agar Rambut Tidak Mengembang
Foto: Keramas/freepik.com

Setelah memastikan tidak ada produk hair oil yang tersisa di rambut, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah keramas. Khusus untuk rambut mengembang, pilihlah shampoo dengan kandungan keratin karena bisa membuat rambut tidak mengembang dan lurus dengan sempurna.

Jangan menggunakan shampoo dengan kandungan ammonium lauryl sulphate atau sodium lauryl sulphate karena kedua kandungan ini bersifat keras.

3. Kondisioner

Haircare Routine Agar Rambut Tidak Mengembang
Foto: Kondisioner/freepik.com

Saat rambut masih dalam keadaan basah, produk haircare yang harus kamu gunakan selanjutnya adalah kondisioner rambut. Gunakanlah kondisioner dengan kandungan yang berfungsi mencegah rambut mengembang. Aplikasikan kondisioner hanya pada batang rambut, lalu diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas menggunakan air hingga benar-benar bersih.

4. Hair Tonic

Haircare Routine Agar Rambut Tidak Mengembang
Foto: Hair Tonic/freepik.com

Tips merawat rambut agar tidak mengembang selanjutnya adalah menggunakan hair tonic. Produk haircare satu ini memiliki peran penting karena dapat memberikan nutrisi baik di kulit kepala. Oleh karena itu, beberapa masalah rambut seperti rambut mengembang dapat diatasi dengan cepat.

Gunakan hair tonic saat rambut dalam keadaan setengah basah setelah keramas. Pastikan jangan terlalu berlebihan menggunakan hair tonic untuk mencegah rambut jadi lepek, Ladies.

5. Hair Vitamin

Haircare Routine Agar Rambut Tidak Mengembang
Foto: Hair Vitamin/freepik.com

Ketika rambut dalam kondisi hampir kering, gunakanlah produk hair vitamin khusus untuk mencegah rambut mengembang. Sama seperti mengaplikasikan kondisioner, kamu hanya perlu mengaplikasikan hair vitamin hanya pada batang rambut saja.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh vitamin baik untuk rambut dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan bayam.

6. Hair Mist

Haircare Routine Agar Rambut Tidak Mengembang
Foto: Hair Mist/freepik.com

Terakhir, buat kamu yang memiliki aktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk selalu menggunakan hair mist agar rambut tetap wangi seharian. Selain keharumannya, pilihlah produk hair mist yang memiliki kandungan dan nutrisi baik untuk bantu mencegah rambut tidak mengembang seperti singa.

Itulah haircare routine yang harus dilakukan agar rambut tidak mengembang, Ladies. Nah, mulai sekarang, jangan sampai salah lagi melakukan perawatan rambut ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id