sign up SIGN UP

Film dengan Kostum Paling Spektakuler dan Fashionable, Ada Kostum Emas 24 Karat Cleopatra!

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 20 Nov 2021 14:30 WIB
Film dengan Kostum Paling Spektakuler dan Fashionable, Ada Kostum Emas 24 Karat Cleopatra!
Foto: Film dengan Kostum Paling Spektakuler dan Fashionable, Ada Kostum Emas 24 Karat Cleopatra!/ Pinterest.com/iO Donna

Begitu banyak aspek yang menentukan keberhasilan suatu film. Kesatuan semua faktor pendukung menghasilkan sebuah karya seni yang membekas di benak penontonnya, mulai dari sinematografi, akting, screenwriting, directing, hingga kostum yang dikenakan. Setiap detail dalam sebuah film, termasuk pakaian yang dikenakan, memberikan kesan lebih “hidup”. Kostum yang dibuat bukan hanya sekadar kostum, tapi butuh proses penelitian dan pembuatan secara teliti agar sesuai dengan latar belakang film.

Mengingat hal tersebut, peran costume designer juga menjadi esensial dibalik layar. Sejumlah perancang kostum yang memenangi penghargaan OSCAR telah unjuk gigi keahliannya melalui film-film box office. Di samping itu, masih ada banyak kostum spektakuler nan fashionable lainnya yang dihasilkan dari masa ke masa, Beauties. Simak beberapa film diantaranya di bawah ini.

 

Gone With The Wind (1939)

Scarlett O'Hara di Gone with The Wind/
Scarlett O'Hara di Gone With The Wind/ Foto: pinterest.com/Katie Callahan & Co.

Diperankan oleh Scarlett O’Hara, deretan kostum yang dikenakan tokoh protagonis Vivien Leigh merupakan karya klasik yang tidak pernah gagal mencuri perhatian. Deretan gaun dramatis berbahan sequin dan suede dengan detail fur, penggunaan korset, dan aksesori vintage ditampilkan sebagai cerminan latar belakang era perang sipil Amerika. Hingga saat ini, gaun sequin merah Scarlett O’hara dalam Gone With The Wind dinilai ikonis.

Cleopatra (1963)

Kostum Cleopatra/
Kostum ikonis Cleopatra/ Foto: pinterest.com/KitKat C.

Desain kostum film Cleopatra oleh desainer kostum Renie Conley, Irene Sharaff, dan Vittorio Nino Novarese wajib masuk ke dalam daftar. Dengan detail yang begitu sempurna, mulai dari robe hingga headpiece emas 24 karat yang legendaris, kostum film Cleopatra berhasil memenangkan penghargaan OSCAR. Beberapa sumber juga menyebutkan Elizabeth Taylor yang memerankan Cleopatra mengenakan sebanyak 65 kostum dalam film ini, mulai dari sayap phoenix hingga gaun-gaun powerful lain dengan desain lebih modern. 

The Devil Wears Prada (2006)

Kostum The Devil Wears Prada/
Kostum The Devil Wears Prada/ Foto: pinterest.com/ELLE Magazine (US)

Film fashion yang fashionable, The Devil Wears Prada, menghadirkan kostum stylish kreasi Patricia Field yang sekaligus desainer kostum dibalik film Sex and The City. Bukan cuma dari segi desain, cara styling setiap fashion items-nya berhasil menunjukan karakter setiap tokohnya, mulai dari sang Chief Editor, Miranda Priestly yang fierce, hingga asistennya, Andrea Sachs yang lugu dan pekerja keras. Tidak heran jika film yang diperankan oleh Meryl Streep dan Anne Hathaway ini menjadi film fashion yang selalu difavoritkan.

Marie Antoinette (2006)

Kostum Marie Antoinette/
Kostum Marie Antoinette/ Foto: pinterest.com/This Is Glamorous

Sutradara Sofia Coppola totalitas dalam membuat film drama historikal, Marie Antoinette. Dari dekorasi latar belakang Versailles hingga jajaran kostum monarki dari Perancis abad 18. Penggambaran Ratu Prancis Marie Antoinette dengan segala kemewahan dan kemegahannya tercermin dalam setiap detil film, termasuk kostum dan wig yang didesain oleh desainer Italia, Milena Canonero yang meraih penghargaan OSCAR sebanyak 4 kali.

The Great Gatsby (2013)

Kostum The Great Gatsby/
Kostum The Great Gatsby/ Foto: pinterest.com/IMDb

Berhasil memenangi penghargaan Best Costume, deretan kostum The Great Gatsby berhasil menghidupkan suasana pesta glamor ala tahun 1920an adaptasi novel karya F. Scott Fitzgerald. Gaun mewah dan headpieces eksentrik dalam benak costume designer Catherine Martin dituangkan dalam film dan sukses memikat para penonton. 

Black Panther (2018)

Kostum Black Panther/
Kostum Black Panther/ Foto: pinterest.com/IMDb

Perancang kostum Hollywood, Ruth E. Carter dengan segala kedetailannya melakukan pendekatan desain afrofuturistik demi mewujudkan kreasinya dalam kostum film Black Panther. Rancangan kostum yang unik terinspirasi dari tradisi tribal Afrika diinfusikan ide futuristik melahirkan busana khas Wakanda yang modern. Usahanya tersebut tidak sia-sia, kostum desain film Marvel sukses membawa pulang piala Oscar untuk Best Costume. 

Little Women (2019)

Kostum Little Women/
Kostum Little Women/ Foto: pinterest.com/People

Remake period drama Little Women menjadi kesuksesan sutradara Greta Gerwig lainnya. Perancang kostum Jacqueline Durran berperan esensial untuk mendapatkan busana era abad ke-19 yang akurat tapi tetap mempertimbangkan konteks film, seperti latar belakang dan sifat tiap karakter. Alhasil, Durran menginterpretasikan kostum era Victoria yang dengan twist kontemporer, bahkan menentukan beberapa fashion items yang sama untuk tokoh Jo dan Laurie demi merepresentasikan personal style Jo yang tomboi dan kedekatan kedua karakter.

Cruella (2021)

Kostum Cruella live action/
Kostum Cruella live action/ Foto: pinterest.com/IMDb

Busana film fantasi mungkin sedikit sulit untuk diwujudkan, apalagi tokoh yang memerankannya se-eksentrik Cruella de Vil. Memiliki aspirasi sebagai fashion designer, sudah tidak diragukan Cruella mengenakan pakaian yang lain dari biasanya––menjadikan kostum bagian krusial dari film. Jenny Beavan, sang perancang kostum dibalik film live action Disney Cruella berhasil menggambarkan transformasi seorang Estella menjadi sang tokoh villain, Cruella dengan memproduksi 47 kostum dramatis nan fantastis.

Spencer (2021)

Kostum Spencer/
Kostum Spencer/ Foto: pinterest.com/People

Setelah sukses dengan karyanya di Little Women, Jacqueline Durran menantang dirinya untuk membuat replika busana yang dikenakan Putri Diana di film Spencer. Tentu saja kostum tersebut termasuk busana terbaik putri kerajaan Inggris tersebut, seperti gaun pernikahan Diana yang ikonis. Untuk film Spencer, Jacqueline bekerja sama dengan rumah mode Chanel untuk membuat sejumlah kostum yang dikenakan Kristen Stewart tersebut.

Kostum film apalagi yang menurutmu keren, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id