sign up SIGN UP

Ini Fakta tentang Gaun Pengantin Legendaris Milik Grace Kelly! Jadi Inspirasi Kate Middleton dan Paris Hilton

Rayoga Firdaus | Rabu, 17 Nov 2021 15:30 WIB
Ini Fakta tentang Gaun Pengantin Legendaris Milik Grace Kelly! Jadi Inspirasi Kate Middleton dan Paris Hilton
caption
Jakarta -

Salah satu gaun pengantin paling ikonis dan berpengaruh adalah milik aktris legendaris dan bangsawan Monako Grace Kelly di mana desainnya turut menginspirasi sejumlah tokoh terkenal dari mulai Paris Hilton sampai Kate Middleton. Gaun lengan panjang bergaya klasik dikenakan pada pesta pernikahannya bersama sang suami Pangeran Rainier III dari Monako pada 19 April 1956. Meski dari foto mungkin terlihat sederhana dan elegan namun gaun tersebut nyatanya memiliki detail yang rumit dan tentunya cerita menarik di baliknya. Seperti apa? Berikut rangkuman mengenai gaun pengantin Grace Kelly yang ikonis.

Dirancang oleh Helen Rose

Grace Kelly Pangeran Rainier IIIGrace Kelly Pangeran Rainier III/ Foto: Getty Images/Town and Country


Adalah Helen Rose yang merupakan perancang dari gaun pengantin ikonis tersebut. Rose merupakan perancang kostum dari perusahaan film Metro-Goldwyn-Mayer (MGM). Gaun tersebut merupakan hadiah pernikahan dari MGM untuk Grace Kelly yang memang sering terlibat dalam proyek film milik mereka. Rose sendiri sebelumnya pernah menangani empat film yang dibintangi oleh Grace Kelly.

Lama Pembuatan dan Tenaga yang Terlibat

The Knot melaporkan gaun ini memakan waktu pembuatan hingga 6 minggu dengan melibatkan 30 orang penjahit. Dalam proses pengerjaannya, gaun ini dibuat menjadi 10 bagian terpisah.

Total Bahan yang Dipakai

Gaun pengantin Grace KellyGaun pengantin Grace Kelly/ Foto: Philamuseum.org


Dilansir dari Good Housekeeping total bahan yang dipakai untuk membuat gaun ini mencapai 400 yards. Atau bila dikonversikan ke dalam meter menjadi 365,76 meter. Jenis material yang dipakai pun cukup beragam yakni silk taffeta, silk net dan renda Brussels berusia 125 tahun.

Detail Mewah

Selain material, elemen penting lainnya adalah detail. Selain berhiaskan sequin, gaun ini juga memiliki detail mutiara dan rhinestones. Glitzy Secret menuliskan jumlahnya mencapai 1500 buah.

Desain Veil

Grace KellyGrace Kelly/ Foto: Getty Images/Tatler


Meski menikah dengan penguasa Kerajaan Monako, Grace memilih untuk tidak memakai tiara di hari pernikahannya. Ia memilih jenis topi yang dikenal dengan nama Juliet cap. Veil yang melengkapi gaun ini juga dirancang khusus untuk tidak terlalu menutupi wajahnya demi kepentingan publisitas. Karena pesta pernikahannya ini juga turut disiarkan di televisi.

Jadi Inspirasi

pernikahan paris hiltonpernikahan paris hilton/ Foto: Instagram/@parishilton @oscardelarenta


Tak heran bila julukan gaun pengantin paling ikonis disematkan padanya. Karena kini banyak selebriti dan tokoh yang tampil memakai gaun dengan model yang sama di hari spesial mereka. Seperti Miranda Kerr dalam gaun rancangan Dior, Kate Middleton memakai gaun kreasi Alexander McQueen, dan yang terbaru Paris Hilton yang mempercayakan desain gaunnya pada label Oscar de la Renta.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id