sign up SIGN UP

Ternyata Segini Harga dari Gaun Pengantin Para Keluarga Kerajaan, Siapa yang Paling Mahal?

Henny Alifah | Rabu, 06 Oct 2021 08:15 WIB
Ternyata Segini Harga dari Gaun Pengantin Para Keluarga Kerajaan, Siapa yang Paling Mahal?
caption

Gaun pengantin biasanya menjadi hal pertama yang menjadi sorotan dalam sebuah pesta pernikahan, tak terkecuali dari momen sakral pernikahan keluarga kerajaan. Di balik gaun pengantin keluarga kerajaan yang spektakuler, tentunya ada anggaran biaya besar. Megah dan mewah, cek gaun pengantin dari pernikahan ikonis keluarga kerajaan berikut ini.

1. Ratu Elizabeth II dari Britania Raya

Gaun pengantin Ratu Elizabeth II
Foto: via Instagram.com/hellomag

Ratu Elizabeth II memakai gaun pengantin rancangan desainer Norman Hartnell. Gaun ini dibuat dari bahan sutra dengan model pinggang fit to body lengkap dengan bordiran bunga serta hiasan 10.000 mutiara dan berlian. Gaun sang Ratu juga dilengkapi dengan tail sepanjang 4,5 meter. Pada tahun 1947 saat Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip menikah, gaun tersebut harganya diperkirakan senilai Rp598 juta, yang jika dikonversi dalam nilai mata uang sekarang akan menjadi lebih dari Rp22.8 miliar.

2. Putri Diana

Gaun pengantin Putri Diana
Foto: via Instagram.com/voguearabia

Putri Diana memakai gaun rancangan Elizabeth dan David Emmanuel saat menikah dengan Pangeran Charles. Gaun ini terbuat dari kain sutra taffeta dan dihiasi renda lengkap dengan sulaman manik-manik dan 10.000 mutiara. Gaun pengantin Putri Diana berharga sekitar Rp1.8 miliar pada tahun 1981, yang akan menjadi sekitar Rp6.9 miliar dalam nilai mata uang sekarang.

3. Kate Middleton, Adipatni Cambridge

Gaun pengantin Kate Middleton
Foto: Instagram.com/dukeandduchessofcambridge

Saat menikah dengan Pangeran William pada tahun 2011, Kate Middleton mengenakan gaun pengantin dari Alexander McQueen. Gaun ini memiliki siluet pinggang ramping serta lengan renda halus yang menggabungkan pola bunga mawar, thistle, daffodil, dan shamrock dalam desainnya. Gaun pengantin Kate Middleton ini berharga sekitar Rp4.7 miliar, atau mencapai Rp4.9 miliar dalam nilai mata uang sekarang.

4. Meghan Markle

Gaun pengantin Meghan Markle
Foto: via Instagram.com/voguearabia

Menikah dengan Pangeran Harry di tahun 2018, Meghan Markle memakai gaun pengantin rancangan Clare Waight Keller untuk rumah mode Givenchy. Harganya mencapai Rp3.9 miliar. Terbuat dari kain sutra, gaunnya menampilkan boat-shaped neckline dengan lengan tiga perempat, serta rok yang menjuntai.

5. Putri Eugenie dari York

Gaun pengantin Putri Eugenie
Foto: Instagram.com/princesseugenie

Putri Eugenie memakai gaun rancangan Peter Pilotto dan Christopher De Vos saat menikah dengan Jack Brooksbank pada tahun 2018. Gaunnya menampilkan garis leher yang terlipat di bahu serta memiliki rok yang panjang menjuntai. Harganya sekitar Rp3.8 miliar.

6. Grace Kelly

Gaun pengantin Grace Kelly
Foto: via Instagram.com/alwaysgracekelly

Aktris Hollywood, Grace Kelly menikah dengan Pangeran Rainier III dari Monako pada tahun 1956. Ia memakai gaun pengantin putih berenda yang terbuat dari sutra taffeta dan tulle rancangan Helen Rose, seorang desainer kostum dari Metro-Goldwyn-Mayer. Kala itu, gaun ini berharga sekitar Rp929 juta, yang akan menjadi Rp8 miliar jika mengacu pada nilai mata uang sekarang ini.

7. Ratu Jetsun Pema dari Bhutan

Gaun pengantin Ratu Jetsun Pema
Foto: Instagram.com/queenjetsunpema

Ratu Jetsun Pema menikah dengan Raja Jigme Khesar pada tahun 2011 setelah lama berpacaran. Ia mengenakan pakaian tradisional Bhutan yaitu kira. Dirancang oleh salah satu penenun paling terkemuka di Bhutan, kabarnya gaun ini butuh waktu pembuatan hingga tiga tahun. Harganya tidak diketahui pasti, namun yang jelas jauh dari jangkauan rakyat biasa. Gaun ini ditenun dari benang sutra dan menampilkan berbagai warna yang melambangkan astrologi.

8. Ratu Letizia dari Spanyol

Gaun pengantin Ratu Letizia dari SpanyolGaun pengantin Ratu Letizia dari Spanyol/ Foto: Henny Alifah

Ratu Letizia memakai gaun rancangan Manuel Pertegaz pada hari pernikahannya dengan Raja Felipe VI dari Spanyol di tahun 2004 silam. Perempuan yang dulu berprofesi sebagai wartawan ini tampak memukau dalam balutan gaun pengantin lengan panjang berkerah tinggi dengan bordir emas. Harga gaun ini diperkirakan mencapai Rp114 miliar, lho. Kalau sekarang, kira-kira jadi berapa miliar ya?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id