sign up SIGN UP

Jangan Sembarangan, Perawatan Outfit Rajut Hanya Bisa dengan Cara Ini

Astari Dewi Larasati | Kamis, 07 Oct 2021 22:00 WIB
Jangan Sembarangan, Perawatan Outfit Rajut Hanya Bisa dengan Cara Ini
caption

Sekarang ini outfit rajutan bukan hanya untuk perempuan saja, tapi pria juga banyak yang punya. Rajutan dapat membuat tampilan sehari-sehari semakin stylish. Mulai dari wol tebal yang cocok untuk cuaca dingin hingga sutra ringan untuk daily life.

Tapi untuk merawat outfit rajutan perlu hati-hati dan nggak bisa sembarangan. Pada dasarnya bahan rajut menggunakan kain yang cenderung lebih halus serta mudah dibentuk. Mencuci, mengeringkan, hingga menyimpan outfit rajutan yang salah dapat memengaruhi kualitas.

Makanya perlu perawatan yang sesuai, seperti cara di bawah ini.

Cara Mencuci Outfit Rajut

Cara tepat untuk mencuci outfit rajutan.
Pexels.com/polinatankilevitch

Saat mencuci outfit rajut, sebisa mungkin memilih deterjen yang lembut. Pilih formula yang bisa dikembangkan, seperti mengandung lanolin. Kandungan ini merupakan minyak alami yang terbuat dari domba, sehingga membantu melestarikan serat rajutan dan meningkatkan ketahanan air.

Kemudian gunakan bak cuci, bak mandi, atau wadah berukuran besar agar pakaian larut ke dalam pembersih. Isi dengan air dingin, campur deterjen dengan baik, dan rendam pakaian sepenuhnya. Gosok dengan gerakan lembut, hindari menggosok dengan gerakan kasar.

Lalu bilas outfit dengan air dingin sampai busa benar-benar hilang. Untuk mengeringkannya bisa memanfaatkan handuk, letakkan outfit rajutan di atas handuk, tekan dengan sekuat tenaga. Setelah air dalam pakaian rajutan sudah diperas, tempatkan lagi di atas handuk kering. Baru bisa dijemur tapi hindari langsung di bawah sinar matahari.

Cara Menyimpan Outfit Rajut

Cara menyimpan outfit rajut yang tepat.
Pexels.com/arinakrasnikova

Tahu nggak sih Beauties kalau cara menyimpan outfit rajutan akan memengaruhi masa pakainya? Hal ini dikarenakan sifatnya yang lembut. Seperti cashmere dan wool sweater harus disimpan dalam keadaan terlipat di tempat yang sejuk serta kering. Kalau digantung maka akan membuat outfit jadi mudah melar dan kehilangan bentuknya. Sehingga terlihat nggak terawat.

Outfit rajutan jenis lainnya memang lebih baik disimpan dalam rak pakaian khusus agar bebas dari debu. Hindari menggantung barang rajutan seperti sweater. Kalau ada robekan atau lubang pada outfit, bisa menggunakan tusuk cangkok atau tusukan duplikat untuk memperbaikinya.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id