sign up SIGN UP

Kate Middleton Pernah Pakai Gaun Ramah Lingkungan Buatan Bali! Ini Deretan Label Eco-Friendly Favoritnya

Rayoga Firdaus | Senin, 20 Sep 2021 14:00 WIB
Kate Middleton Pernah Pakai Gaun Ramah Lingkungan Buatan Bali! Ini Deretan Label Eco-Friendly Favoritnya
caption
Jakarta -

Kesadaran untuk menciptakan industri fashion yang ramah lingkungan telah meluas, dan hal tersebut juga terbukti ketika Kate Middleton sering mengenakan sejumlah label yang memegang prinsip ini. Seperti diketahui, sang Duchess of Cambridge juga telah populer dengan gayanya untuk memakai ulang baju yang sama. Hal tersebut juga dapat menjadi indikasi lain akan perhatiannya pada isu lingkungan hidup serta bukti bahwa ia telah mengadopsi pola konsumsi slow fashion, di mana mengurangi pembelian dan memanfaatkan penggunaan kreasi mode semaksimal mungkin.
Lalu label fashion ramah lingkungan apa saja yang menjadi pilihan Kate Middleton? Berikut ulasannya.

Perfect Moment

Kate MiddletonKate Middleton/ Foto: Getty Images


Sebuah jaket puffer merah lansiran label Perfect Moment menjadi salah satu kreasi mode ramah lingkungan favorit Kate Middleton. Dilansir dari British Vogue, label spesialis baju olahraga ski tersebut menggunakan bahan yang eco-friendly dengan terbuat dari hasil daur ulang botol plastik.

Beulah London

Kate MiddletonKate Middleton/ Foto: Getty Images


Konsep fashion yang ramah lingkungan tak hanya mengatur tentang limbah tapi juga mencakup isu kesejahteraan pekerja. Salah satu label yang berfokus pada isu ini dan turut menjadi favorit dari Kate Middleton adalah Beulah London. Dibentuk oleh Natasha Rufus Isaacs dan Lavinia Brennan pada 2009, Beulah London hadir untuk memberikan peluang bekerja untuk para perempuan korban perdagangan. Selain itu 10 persen keuntungan dari bisnisnya pun rutin disumbangkan kepada Impact Partners melalui badan amalnya Beulah Trust, guna memerangi eksploitasi pekerja.

Faithfull the Brand

Kate MiddletonKate Middleton/ Foto: Getty Images


Saat mengunjungi sebuah rumah sakit anak East Anglia di Norfolk pada Juni 2020, ,Kate tampil anggun dalam balutan gaun bercorak bunga dari label Faithfull the Brand. Dan siapa sangka jika gaun tersebut dibuat di Bali, Indonesia. Kecintaan mereka pada Bali membuat Sarah-Jane Abrahams dan Helle Them-Enger pada tahun 2012 mendirikan Faithfull the Brands. Lebih dari sekadar terinspirasi secara estetis, keduanya juga menjalin kerja sama dengan para artisan lokal.
"Dengan berbasis di Indonesia dan bekerja sama dengan para komunitas artisan lokal, kami dapat mendukung dan mengajak mereka untuk membuat rangkaian produk buatan tangan yang indah," seperti dikutip dari situs label ini mengenai misinya.

Manu Atelier

Kate MiddletonKate Middleton/ Foto: Getty Images


Tas dari label aksesori asal Turki, Manu Atelier turut menjadi salah satu kreasi ramah lingkungan favorit dari calon Ratu Kerajaan Inggris ini. Prinsip sustainability diimplementasikan secara menyeluruh dalam hal produksi oleh label bentukan Beste dan Merve Manastır ini. Seperti produksi yang dilakukan secara in-house dengan melibatkan kemampuan para artisan mereka, tanpa menggunakan mesin sama sekali sehingga meminimalisir carbon footprint. Lalu hanya memilih bahan baku dari produsen yang memiliki sertifikasi khusus. Serta penerapan kebijakan zero-waste di mana sisa bahan didaur ulang maupun digunakan sebagai lining atas atau dibuat sebagai produk baru.

Monica Vinader

Kate MiddletonKate Middleton/ Foto: Getty Images


Selain baju dan tas, perhiasan yang ramah lingkungan juga turut dipakai oleh Kate Middleton. Salah satunya adalah Monica Vinader. Desainer asal Inggris tersebut dalam kreasinya menggunakan emas dan perak hasil daur ulang yang memang telah lolos uji dari Responsible Jewellery Council. Dalam laporan sustainability tahun 2021 yang dirilis di situsnya, label ini juga tidak pernah menggunakan plastik sama sekali dalam kemasan ataupun bahan. Serta aktif melakukan pengurangan produksi emisi karbon

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id