sign up SIGN UP

FASHION

Kenali Bahan Baju yang Bikin Bau Badan

Dians Marfuah | Senin, 26 Apr 2021 08:00 WIB
Kenali Bahan Baju yang Bikin Bau Badan
caption
Jakarta -

Bau badan adalah hal yang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Bukan hanya bikin nggak pede, bau badan ini juga bisa membuat orang di sekitar kita menjauh loh. Rupanya nih bau badan ini tak hanya disebabkan oleh keringat dan jenis makanan yang kita konsumsi. Terdapat beberapa bahan baju yang juga berpotensi membuat kita bau badan lebih cepat, utamanya saat terkena keringat.

Nah agar kamu nggak salah pilih dalam memilih baju, yuk kenali bahan baju yang berpotensi bikin badan bau lebih cepat.

Bahan Rayon

Bahan Rayon/Instagram.com/ummi_tha_tha
Bahan Rayon/Instagram.com/ummi_tha_tha

Bahan rayon atau yang biasa disebut dengan bahan viscose ini cukup mudah untuk ditemui. Karena bahan sering digunakan pada berbagai model pakaian dan hijab. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan ringan. Selain itu rayon juga memiliki karakteristik yang licin sehingga mirip dengan bahan sutera.

Pakaian dengan bahan rayon  adalah salah satu jenis kain yang membuat kita lebih mudah bau badan. Mengapa demikian?  karena walaupun bahan ini  mudah untuk menyerap air, namun dia tidak mudah untuk menguapkan kembali udara. Nah hal inilah yang akan menimbulkan bau badan yang bikin nggak nyaman.

Bahan Sutera

Bahan Sutera/Instagram.com/ vikrishboutique
Bahan Sutera/Instagram.com/ vikrishboutique

Bahan sutera merupakan bahan yang sering digunakan dalam acara keluarga seperti pesta pernikahan ataupun tunangan. Bahannya yang halus, mengkilap dan terkesan mewah membuat bahan sutera banyak disukai.

Namun jika kamu suka mengenakan pakaian dari bahan sutera saat kondangan kamu harus berhati-hati. Pasalnya nih bahan nih termasuk bahan yang berpotensi bikin bau badan. Hal ini dikarenakan bahan sutera adalah  yang cukup sulit untuk menyerap keringat.  Ya walaupun bahan ini dari serat alami, tapi tidak semua bahan kain dari serta alami bisa menyerap keringat dengan optimal. Jadi berhati-hati saja saat menggunakan bahan sutera saat bepergian.

Bahan Polyester

Bahan Polyester/Instagram.com/kain.idofficial
Bahan Polyester/Instagram.com/kain.idofficial

Bagi kamu yang suka berolahraga mungkin kamu ngga asing sama bahan yang satu ini. Yap bahan polyester yang kerap  digunakan untuk pakaian olahraga. Memiliki bahan yang elastis dan tipis membuat bahan ini sangat pas dan nyaman untuk dijadikan pakaian olahraga. Tapi kamu perlu berhati-hati nih saat mengenakan pakaian ini.  Karena faktanya menurut riset bahan ini kerap menjadi sarang bakteri micrococcus dalang penyebab bau badan. Serem banget, kan?

Agar terhindar dari bau badan saat berolahraga kamu bisa memilih bahan polyester dengan lubang-lubang udara berukuran kecil  yang sudah banyak disediakan oleh brand pakaian olahraga terkemuka.

Bahan Nilon

Bahan Nilon/Instagram.com/kain.idofficial
Bahan Nilon/Instagram.com/kain.idofficial

Ini nih bahan yang benar-benar harus dihindari  untuk pemakaian sehari-hari. Bahan nilon yang terbuat dari serat sintetis tanpa campuran  dari serat alami. Bahan yang satu ini pada dasarnya bersifat water resistance alias tidak mudah menyerap air. Nah dengan demikian, bahan ini juga sulit untuk menyerap keringat dan bisa bikin bau badan. 

Alih-alih digunakan setiap hari, pakaian dengan jenis nilon lebih direkomendasikan untuk dijadikan bahan untuk pakaian renang karena sifatnya yang water resistance.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id