sign up SIGN UP

LIFE

7 Makanan yang Bisa Hilangkan Bau Badan Tak Sedap

Nisrina Salsabila | Kamis, 15 Apr 2021 10:00 WIB
7 Makanan yang Bisa Hilangkan Bau Badan Tak Sedap
caption

Beberapa dari kita memiliki bau badan yang lebih menyengat dibandingkan orang lain. Terkadang bila bau badan sudah muncul, menambahkan produk wewangian malah membuat bau badanmu semakin sengit.

Keberadaan bakteri Staphylococcus hominis yang hidup di kulit dapat mengubah keringat menjadi asam. Hal itu kemudian didorong oleh faktor genetik, gangguan metabolisme, dan konsumsi makanan tertentu yang memicu timbulnya bau badan kurang sedap.

Ungkapan “you are what you eat” rasanya memang benar, ya. Oleh karena itu, jagalah menu diet seimbang dengan memasukkan bahan-bahan makanan ini demi mengurangi dampak bau badan tak sedap. Berikut daftarnya.

1. Ikan Putih

makanan penghilang bau badan
Olahan fish & chips dari ikan dori/Foto: Laraffineriecullinaire.com

Jenis ikan berdaging putih seperti, nila, kakap, dori, atau halibut bisa kamu konsumsi sebagai pengganti daging merah. Bukannya tidak bagus, namun berbeda dengan ikan, konsumsi daging merah berlebih berkaitan dengan penyebab bau badan. Ketika tubuh memecah protein dalam daging merah, kulit akan memproduksi keringat dengan aroma kurang sedap.

2. Cuka Apel

makanan penghilang bau badan
Minuman cuka apel yang asam dan segar/Foto: Pinterest.com/harvestkitchen1

Cuka apel mampu membunuh bakteri dan mengurangi produksi keringat berlebih melalui tingginya kandungan asam asetat dan fenolat. Konsumsi cuka apel sebagai minuman atau bahan salad dressing. Tak hanya itu, cuka apel pun bisa kamu jadikan toner cuka apel untuk kulit wajah berjerawat dan menghilangkan bau kaki dengan membuat air rendaman kaki.

3. Sayuran Hijau

makanan penghilang bau badan
Smoothie bayam dan kiwi yang segar/Foto: Pinterest.com/stocksyunited

Tahukah kamu, kandungan klorofil dan magnesium yang tinggi pada sayuran hijau mampu menetralkan senyawa penyebab bau badan di dalam tubuh. Kamu tetap bau badan meski sudah mandi bersih? Mungkin kamu kekurangan magnesium. Bayam, pokcoy, selada atau kale adalah pilihannya. Biar nggak bosan, kamu bisa mengkreasikannya menjadi minuman smoothie yang segar.

4. Kacang dan Biji

makanan penghilang bau badan
Kacang dan biji-bijian sebagai snack/Foto: Pinterest.com

Asupan serat yang tinggi pada kacang dan biji amatlah penting bagi saluran pencernaan. Sehingga, senyawa bau apa pun dari makanan dapat diproses lebih cepat dari tubuh. Contohnya seperti kacang kedelai, kacang hijau, kuaci, dan chia seed.

5. Peppermint dan Parsley

makanan penghilang bau badan
Teh peppermint/Foto: Stefaniandjoeldunn.com

Peppermint biasanya terkenal untuk mengatasi bau mulut. Teh herbal peppermint mengandung antioksidan tinggi untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui pencernaan. Peppermint dan parsley pun bisa kamu kombinasikan dalam bentuk salad yang lezat, loh!

6. Buah Citrus

makanan penghilang bau badan
Masukan varian jeruk dalam infused water/Foto: Pinterest.com/williamssonoma

Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan sunkist punya kandungan asam untuk meredam bakteri karena bersifat antioksidan. Untuk mengonsumsinya, buatlah infused water berisi lemon dan peppermint. Selain rasanya segar, cairan infused water bisa membersihkan racun dan bakteri dari dalam tubuh.

7. Yogurt

makanan penghilang bau badan
Yogurt strawberry in jar bisa jadi snack sehat/Foto: Pinterest.com/happyjetlagger

Produk hasil fermentasi susu ini punya manfaat lebih untuk menghilangkan bau mulut hingga bau badan. Yogurt mengandung zat probiotik yang dapat menetralkan senyawa belerang pencetus bau dan menekan bakteri jahat dalam tubuh.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id