sign up SIGN UP

Kenali Penyebab Serta Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal dan Ketombe Membandel

Munjidah Hamsa | Sabtu, 12 Jun 2021 14:30 WIB
Kenali Penyebab Serta Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal dan Ketombe Membandel
caption

Ternyata ada banyak kulit kepala gatal lho! Plus, sekarang semakin banyak pilihan produk perawatan kulit kepala yang jika salah pilih malah memperburuk masalah. Akan tetapi kamu jangan risau, Ladies, karena di sini kamu akan kenalan dengan berbagai penyebab kulit kepala gatal beserta cara mengatasi ketombe. Yuk, simak fakta dan tips cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal di sini!

Apa Aja Sih Penyebab Kulit Kepala Gatal?

Penyebab kulit kepala gatal dikarenakan faktor internal dan eksternal tubuh.
Penyebab kulit kepala gatal/ sumber: freepik.com

Faktanya, kulit kepala juga bisa menjadi gatal karena penyebab yang mirip dengan kulit tubuh. Kulit kepala yang gatal bisa disebabkan oleh pergantian musim, pemakaian alat penata rambut yang panas atau cuaca yang terlalu kering. Melakukan perjalanan atau penerbangan jarak jauh juga bisa menyebabkan kulit kepalamu menjadi gatal selama beberapa hari. Selai itu, mood, tingkat kecemasan, siklus menstruasi (sebelum atau selama menstruasi), dan kondisi kesehatanmu secara umum bisa membuat kulit kepala jadi lebih sensitif tanpa alasan yang jelas.

Ada juga beberapa kondisi kelainan yang sudah dibahas oleh studi klinis kulit seperti dermatitis kontak yang disebabkan oleh alergen atau iritan, psoriasis, dan folikulitis atau radang folikel rambut. Namun penyebab kulit kepala gatal secara umum adalah ketombe dan dermatitis seboroik.

Selain kelainan alami yang ada pada tubuh, paparan bahan kimia pada produk perawatan dan panas alat penataan rambut juga jadi penyebab kulit kepala jadi mudah gatal. Penumpukan polutan, sebum, sel kulit mati, dan silikon dari produk penataan rambut akan merusak folikel rambut sehingga menyebabkan peradangan. Selain itu, menguncir rambut terlalu rapat dan tinggi selama berjam-jam sehingga berlawanan dengan arah alami akar rambut akan menyebabkan rasa gatal dan nyeri pada pangkal rambut.

Gimana Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal?

Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal adalah dengan melakukan perawatan rambut dan kulit kepala yang tepat.
Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal/ sumber: freepik.com

Cara mengatasi ketombe paling dasar adalah dengan melakukan perawatan kulit kepala sesuai kondisi menggunakan produk topikal secara konsisten seperti ketika kamu mengatasi kondisi kulit wajah dan tubuh seperti jerawat.

Kamu bisa mulai dengan menggunakan sampo dan hair tonic ke kulit kepala sesuai anjuran pakai produk. Kulit kepala akan jadi lebih sehat jika setiap dua kali seminggu menggunakan hair mask secara intensif hingga gatal dan ketombe mereda. Jika produk parawatan rambut masih tersisa, sebaiknya kamu simpan saja karena ketombe dan dermatitis seboroik cenderung datang dan pergi tergantung faktor eksternal seperti cuaca dan polusi.

Perawatan rambut tadi akan kurang efektif jika kamu tidak rutin mencuci rambut. Tetapkan rutinitas mencuci rambut setidaknya dua hari sekali dengan sampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala dan rambutmu. Mencuci rambut akan membantu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih pada kulit kepala. Dengan rambut dan kulit kepala yang terjaga bersih, produk perawatan topikal akan lebih ampuh bekerja menembus kulit kepala.

Selain dirawat dari luar, tubuh juga tetap harus dirawat dari dalam melalui asupan nutrisi. Jika kamu sering menderita kulit kepala yang gatal dan ketombe membandel, jaga pola dan asupan makanmu. Tingkatkan asupan makanan yang kaya akan Omega 3 dan anti-inflamasi seperti salmon, sarden, rumput laut, biji chia, dan biji rami. Rajin mengonsumsi suplemen Omega 3 juga dapat membantu.

Bahan Apa Saja yang Wajib Diperhatikan untuk Mengatasi Ketombe dan Kulit Kepala Gatal?

Cara mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut dengan bahan yang tepat.
Cara mengatasi ketombe/ sumber: freepik.com

Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal lainnya adalah dengan menggunakan produk perawatan dan penataan rambut yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

  • kamper yang mampu menenangkan dan mendinginkan kulit kepala
  • witch hazel yang punya fungsi anti-inflamasi dan penyerap minyak
  • zinc PCA untuk anti-gatal dan pengatur minyak
  • asam salisilat untuk pengelupasan kulit
  • piroctone olamine yang merupakan anti-mikroba khusus untuk menargetkan ragi Malassezia

Penting untuk kamu ingat bahwa kulit kepala berminyak sebaiknya menghindari penggunaan minyak rambut atau hair oil ke kulit kepala karena akan memperparah ketombe dan dermatitis seboroik disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak. Jika ingin menggunakan hair oil agar helai rambut tidak kering sebaiknya dari tengah hingga ujung rambut saja ya. Semoga tips ini membantu!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id