sign up SIGN UP

FASHION

Mau Rambut Berminyak Bebas Lepek Seharian? Begini Caranya!

Anindya Milagsita | Senin, 22 Mar 2021 16:00 WIB
Mau Rambut Berminyak Bebas Lepek Seharian? Begini Caranya!
caption

Enggak hanya wajah dan juga tubuh, ternyata rambut butuh perawatan khusus agar terjaga kebersihan serta kesehatannya, Ladies. Dari berbagai problem yang muncul, rambut berminyak dan lepek paling sering dialami. Kondisi ini bisa memicu rasa tak nyaman sekaligus bikin percaya diri berkurang.

Nah, buat mengatasinya ada beberapa solusi rambut berminyak yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk cari tahu perawatan rambut lepek dan berminyak lewat artikel berikut!

Rutin Mencuci Rambut

Rajin mencuci rambut secara rutin.
Perawatan Rambut Berminyak/sumber: freepik.com/

Buat kamu yang sering beraktivitas seharian dan mengeluarkan keringat, rutinitas mencuci rambut harus lebih diperhatikan lho. Tak hanya tubuh, rambut pun juga bisa mengeluarkan keringat yang memicu penumpukan minyak.

Dengan berkeramas secara rutin, kamu bisa menjaga kondisi rambut tetap bersih dan membuatnya jadi sehat. Kamu bisa mencuci rambut minimal dua hari sekali untuk menjaganya tetap bersih, Ladies. 

Pilih Makanan yang Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi.
Perawatan Rambut Berminyak/sumber: freepik.com/

Solusi rambut berminyak enggak berhenti dengan melakukan perawatan dari luar. Perawatan dari dalam juga diperlukan untuk memaksimalkannya, Ladies. Kamu bisa melakukannya dengan lebih memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. 

Pilih makanan yang lebih bergizi dan kurangi konsumsi makanan berlemak yang mengandung minyak. Hal ini dilakukan karena kesehatan rambut ternyata juga berpengaruh pada pola dan asupan makanan yang dikonsumsi ke dalam tubuh lho. 

Pakai Jeruk Nipis untuk Keramas

Mengaplikasikan jeruk nipis pada rambut.
Perawatan Rambut Berminyak/sumber: freepik.com/

Sebagai bahan dalam makanan ataupun minuman, jeruk nipis ternyata punya manfaat sebagai perawatan rambut berminyak. Bahan alami yang satu ini mampu mengurangi minyak berlebih yang berada di arena kulit kepala dan juga rambut.

Cara pengaplikasikannya bisa kamu jadikan sebagai pengganti kondisioner, Ladies. Aplikasikan air yang diberi perasan jeruk nipis setelah keramas. Selanjutnya kamu bisa membilasnya kembali dengan air hingga bersih.

Aplikasikan Lidah Buaya

Memakai lidah buaya untuk rambut.
Perawatan Rambut Berminyak/sumber: freepik.com/z

Tak hanya jeruk nipis, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami lidah buaya untuk membantu dalam perawatan rambut lepek, Ladies. Bahan alami yang satu ini telah dipercaya secara turun temurun untuk menyehatkan kulit kepala dan juga rambut.

Berbagai vitamin dan mineral yang ada di dalamnya dikenal mampu menebalkan sekaligus membuat rambut berkilau. Selain itu, saat kamu mengaplikasikannya sebagai masker rambut, lidah buaya juga mampu membersihkan bagian kulit kepala dari minyak berlebih.

Memakai Minyak Jojoba

Memakai minyak jojoba untuk rambut.
Perawatan Rambut Berminyak/sumber: freepik.com/

Last but not least, buat melakukan perawatan rambut lepek yang enggak boleh ketinggalan buat kamu coba adalah dengan mengaplikasikan minyak jojoba, Ladies. Sama halnya seperti jeruk nipis dan lidah buaya, minyak jojoba jadi bahan alami lainnya yang bisa membantu kamu sebagai solusi rambut berminyak.

Pemakaian minyak jojoba pada rambut bisa memperbaiki kondisi rambut yang rusak dan membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala. Selain itu, minyak jojoba juga mampu menghaluskan rambut dan memicu pertumbuhannya dari masalah kerontokan lho.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id