sign up SIGN UP

Mengatasi Rambut Rusak dengan Kandungan Keratin

Atikah Nur Pertiwi | Selasa, 19 Jan 2021 11:00 WIB
Mengatasi Rambut Rusak dengan Kandungan Keratin
caption

Pasti kalian sering mendengar kandungan keratin pada sampo atau perawatan rambut, kan? Tapi, seberapa tahu kalian mengenai kandungan keratin yang memberi banyak manfaat untuk rambut, ladies?

Apa Itu Keratin?

sedang menggunakan keratin
Keratin/freepik.com

Keratin sendiri adalah sejenis protein, yang merupakan materi dasar penyusun rambut, kulit dan kuku. Ini adalah protein pelindung yang membantu melindungi dari kerusakan, jadi beberapa orang percaya bahwa produk dan perawatan keratin membantu meningkatkan kekuatan dan kesehatan rambut.

Beberapa salon biasanya menggunakan serum keratin yang dioleskan ke rambut dan kemudian dipanaskan sesuai ukuran agar rambut menjadi lurus dan mudah diatur. Jenis perawatan ini bertahan sekitar 6 bulan dan perlu dipertahankan dengan jenis produk yang tepat atau bisa digunakan bersama dengan kandungan keratin.

Kandungan keratin dalam produk rambut akan diserap oleh kutikula rambut dan menciptakan lapisan ekstra kuat yang membuat rambut kamu dapat diperbaiki, menjadi halus, dan sangat berkilau.

Bagaimana Kerja Keratin untuk Rambut Rusak? Dan Apa yang Harus Dilakukan Setelah Perawatan Keratin? 

Penggunaan keratin
Menggunakan Keratin/freepik.com

Secara keseluruhan, perawatan dan produk keratin umumnya cukup bagus untuk rambut rusak. Keratin sendiri bekerja untuk menghaluskan kutikula, melindungi dari kerusakan lebih lanjut, dan mengunci kelembaban. 

Meskipun rambut rusak karena dipanaskan atau dicatok, bleaching, dan diwarnai, semuanya akan baik-baik saja. Tapi, penting untuk diperhatikan kalau perawatan keratin kemungkinan besar akan mengangkat warna rambut kamu ya. Jadi, kalau kamu ingin mewarnai rambut lagi, sebaiknya kamu juga harus menunggu 2-3 minggu setelah perawatan Keratin. 

Setelah perawatan keratin, kamu harus disarankan untuk tidak keramas setidaknya selama 48 jam, tetapi ada baiknya jika kamu bertanya kepada penata rambut tentang saran khusus perawatan rambut kamu ya. 

Oh ya, sebaiknya batasi juga paparan klorin dan air asin, dan hindari produk perawatan rambut dengan sulfat dan natrium. Hal ini akan mengupas rambut kamu dan merusak perawatan keratin yang mengkilap.

Jenis Rambut Apa yang Harus Mendapatkan Perawatan Keratin? 

Jenis rambut yang bisa menggunakan keratin
Jenis rambut yang bisa menggunakan keratin/freepik.com

Perawatan ini aman untuk semua jenis dan warna rambut. Namun, jika kamu berambut pirang, pastikan untuk berkonsultasi dengan stylist sebelum mengambil risiko.

Beberapa perawatan dengan asam glikolat dapat mengubah warna rambut. Jadi, apapun jenis perawatannya sebaiknya kamu konsultasi lagi secara menyeluruh tentang hal-hal ini ya, ladies.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id