sign up SIGN UP

FASHION

Penyebab Ketombe Basah dan Cara Mengatasinya

Hani Arifah | Jumat, 30 Apr 2021 18:30 WIB
Penyebab Ketombe Basah dan Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

Sedikit berbeda dengan ketombe kering, ketombe basah merupakan serpihan kulit kepala yang mengelupas dan berminyak. Jika ketombe kering berwarna putih atau abu-abu, ketombe basah ini memiliki warna yang cenderung kekuningan.

Ketombe basah terbentuk dari penumpukan sel kulit mati dan kotoran pada kulit kepala yang bercampur dengan minyak alami kulit kepala yang berlebih. Sel kulit mati, kotoran, dan minyak ini kemudian mengendap dan bertumpuk.

Ketombe basah berada di bagian kepala yang lembap dan berminyak. Tak jarang ketombe basah juga berada pada batang rambut yang dekat dengan kulit kepala. Sama seperti ketombe pada umumnya, ketombe basah juga menimbulkan gatal di kulit kepala.

Ketombe basah yang tidak segera diatasi bisa menjadi masalah serius hingga menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit kepala. Apa saja penyebab ketombe basah?

Penyebab Ketombe Basah

Foto:pinterest/naturallycurly
Ilustrasi ketombe basah

Kurangnya Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Pada umumnya, ketombe basah muncul karena adanya kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih. Maka penyebab utamanya sudah pasti adalah ketiga hal tersebut. Ketiga hal ini bisa muncul karena kurangnya kebersihan .

Dermatitis Seboroik

Bisa dibilang, dermatitis seboroik adalah penyebab ketombe yang paling sering dialami. Penyakit ini ditandai dengan kemerahan pada kulit kepala disertai pengendapan kulit kepala berwarna kuning berminyak. Dilansir dari Alodokter, orang dengan daya tahan tubuh yang lemah rentan terkena penyakit ini.

Jamur

Malassezia sp merupakan jamur yang tumbuh di kulit kepala. Dikutip dari Halodoc, jamur ini bisa menyebabkan ketombe ketika pertumbuhannya melebihi  jumlah normal, yaitu ketika kondisi udara sedang panas atau lembap.

Alergi dengan Produk Pembersih Rambut dan Kulit Kepala

Penggunaan produk yang tidak sesuai dapat menyebabkan permasalahan pada rambut dan kulit kepala seperti: rambut bercabang, rambut kusut, kulit kepala kering, kulit kepala berminyak, dan ketombe.

Bagaimana cara mengatasi?

Foto:pinterest/iamwellandgood
Rajin mencuci rambut

Rajin Membersihkan Rambut dan Kulit Kepala

Karena penyebab umum ketombe basah adalah kulit kepala yang kotor dan berminyak, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah rajin membersihkan kulit kepala dan rambut dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk membilas rambut hingga bersih dan tidak meninggalkan sisa shampoo, karena sisa shampoo juga bisa menyebabkan ketombe basah.

Menggunakan Produk yang Cocok

Sering kali ketombe muncul karena alergi produk-produk tertentu. Maka, pilihlah produk yang sesuai dan kandungan yang cocok dengan rambut dan kulit kepala agar tidak menimbulkan masalah. Gunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione, selenium sulfide, dan lain-lain.

Menggunakan Bahan-bahan Alami

Bahan-bahan alami juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan ketombe. Beberapa bahan alami seperti lidah buaya, cuka apel, urang-aring dikenal mampu mengatasi permasalahan kulit kepala seperti ketombe.

Pengobatan Dokter

Jika ketombe sudah sangat parah hingga menimbulkan iritasi di kulit kepala, ada baiknya segera periksakan ke dokter agar ditangani lebih lanjut.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id