sign up SIGN UP

FASHION

Sebaiknya Tak Dilakukan, Ini Bahaya Bleaching Rambut Sendiri di Rumah

Dyah Na | Kamis, 16 Jul 2020 20:00 WIB
Sebaiknya Tak Dilakukan, Ini Bahaya Bleaching Rambut Sendiri di Rumah
caption
Jakarta -

Sebelum mewarnai rambut, kamu perlu melakukan bleaching rambut agar warna yang keluar lebih maksimal, terutama kalau kamu ingin mewarnai rambut dengan warna-warna terang. Di situasi pandemi seperti sekarang, membuat orang enggan pergi ke salon dan memilih untuk bleaching sendiri di rumah.  Tapi jangan sembarangan, bleaching di rumah ternyata bisa berbahaya buat rambut kamu.

Bleaching adalah proses melunturkan pigmen warna natural dengan menggunakan bahan kimia. Bleaching pada rambut dilakukan untuk membuat rambut kamu lebih blonde sehingga warna cat rambut yang dihasilkan akan sesuai dengan yang kamu inginkan. Meskit prosesnya terlihat seperti mewarnai rambut biasa, tapi melakukan bleaching ternyata enggak segampang itu. Berikut adalah bahaya dan masalah rambut yang mungkin timbul kalau kamu bleaching rambut sendiri di rumah.


Hasil Tidak Rata

Bahaya Bleaching di Rumah/Pinterest.com
Bahaya Bleaching di Rumah/Pinterest.com

Saat melakukan bleaching di rumah tanpa bantuan orang lain, kamu akan kesulitan menjangkau beberapa bagian rambut. Sehingga sangat mungkin hasil bleaching kamu tidak merata. Di bagian yang diaplikasikan terlalu banyak produk akan tampak lebih blonde, sementara yang tidak terjangkau akan tetap hitam atau justru jadi kuning. Efeknya, pewarna rambut yang akan kamu masukan setelahnya pun akan punya warna yang berbeda-beda.



Salah Memilih Produk

Kesalahan memilih produk bleach meamng sering terjadi. Karakter, tekstur dan warna rambut tiap orang berbeda-beda. Karena itu, diperlukan bleaching dengan kadar yang berbeda-beda pula. Sebagai orang awam, kamu pasti tidak jago memilih kadar bleaching yang tepat. Memang sih kamu bisa mencari tutorial di youtube, tapi tetap saja hal ini tidak menjamin kamu bisa menemukan produk yang tepat. 

Salah pilih produk bleaching juga bisa menimbulkan alergi di tubuh kamu. Terlebih kalau kamu tidak benar-benar mencari tahu kandungan di dalamnya. Wah, bukannya mendapat warna rambut impian, kamu malah jadi kena beragam masalah karena produk yang tidak tepat. 


Tidak Mendapatkan Perawatan Rambut

Bahaya Bleaching di Rumah/Pinterest.com
Bahaya Bleaching di Rumah/Pinterest.com

Setelah bleaching rambut dan mewarnai rambut, kamu perlu melakukan after treatment untuk mencegah rambut kering dan mengalami kerusakan. Saat melakukan bleaching di salon, mereka pastinya punya produk khusus untuk mengatasi masalah ini. Semetara kalau kamu melakukan bleaching di rumah, bukan tidak mungkin rambut kamu akan semakin rusak karena tak mendapat perawatan yang tepat. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id