sign up SIGN UP

FASHION

Supaya Bebas Kuman, Begini Cara Mencuci Pakaian Dalam dengan Benar

Lulu Lukyani | Kamis, 25 Mar 2021 23:00 WIB
Supaya Bebas Kuman, Begini Cara Mencuci Pakaian Dalam dengan Benar
caption
Jakarta -

Menjaga pakaian agar tetap bersih adalah hal yang sangat penting. Dengan pakaian yang bersih, tubuh akan merasa nyaman dan terhindar dari berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit. Salah satu jenis pakaian yang cara mencucinya perlu diperhatikan adalah pakaian dalam. Pasalnya, banyak orang yang mungkin menyepelekan cara mencuci pakaian dalam.

Tidak perlu bingung, ada beberapa tips untuk mencuci pakaian dalam dengan benar agar bebas kuman. Tentunya cara-cara tersebut mudah untuk dilakukan. Dilansir dari Persil, berikut adalah cara mencuci pakaian dalam dengan benar agar bersih dan bebas kuman:

Mencuci pakaian dalam dengan tangan

Ilustrasi mencuci dengan tangan.
Ilustrasi mencuci dengan tangan/Freepik

Untuk pakaian dalam berbahan katun atau serat sintetis bisa dicuci dengan mesin cuci. Sementara pakaian dalam yang berbahan halus seperti satin atau sutra sebaiknya dicuci dengan tangan. Caranya, siapkan ember yang diisi air dan deterjen khusus untuk mencuci bahan halus. Rendam pakaian dalam selama 30 menit. Kemudian, putar dengan lembut untuk menghilangkan bau dan kotoran.

Selanjutnya, bilas dengan air mengalir secara menyeluruh. Bilas pakaian dalam hingga semua busa deterjen hilang. Setelah pakaian dalam benar-benar bersih, langsung jemur pakaian dalam tanpa memerasnya terlebih dahulu. Khawatirnya, jika diperas terlalu kencang, pakaian dalam berbahan halus akan rusak.

Mencuci pakaian dalam agar bebas kuman

Ilustrasi mencuci.
Ilustrasi mencuci/Freepik

Mencuci pakaian dalam agar bebas kuman tidak selalu akan merusak bahan. Pemutih atau deterjen keras yang digunakan dengan hati-hati tidak akan merusak kain yang halus.

Caranya, tambahkan deterjen pada air dengan suhu 20 derajat. Pakaian dalam berwarna maupun berbahan halus tidak akan rusak jika dicuci dengan suhu tersebut dan bakteri yang menempel akan dibasmi dengan sempurna.

Apakah pakaian dalam harus dicuci terpisah?

Ilustrasi mencuci.
Ilustrasi mencuci/Freepik

Sebenarnya tidak ada aturan pasti mengenai membersihkan pakaian dalam secara terpisah dari pakaian lain. Ini bergantung pada kondisi pakaian dalam saat akan dicuci.

Jika pakaian dalam yang akan dicuci dalam kondisi yang sangat kotor, sebaiknya dicuci terpisah agar kotoran tersebut tidak mengenai pakaian lain. Namun, jika pakaian dalam tidak terlalu kotor, bisa dibersihkan bersama pakaian lain. 

Selain itu, untuk pakaian dalam berbahan halus, seperti yang sudah dijelaskan, sebaiknya dicuci dengan tangan dan terpisah dari pakaian lain agar bahannya tidak rusak.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id