sign up SIGN UP

FASHION

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut Rusak

Novia Rezki | Jumat, 12 Feb 2021 14:15 WIB
Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut Rusak
caption

Rambut lembut berkilau tentu menjadi impian banyak wanita. Terlebih jika memiliki rambut yang cukup panjang. Namun terkadang untuk merawat rambut panjang cukup sulit. Tak jarang rambut panjang kerap rusak jika tak dirawat dengan baik.

Rambut rusak menjadi permasalahan yang amat menyebalkan bagi wanita. Pasalnya, rambut merupakan salah satu penunjang penampilan. Jika rambut rusak tak terawat dengan baik maka rasa percaya diri ikut berkurang.

Seringnya melakukan perawatan dengan bahan kimia ataupun melakukan berbagai styling rambut menjadi alasan utama rambut rusak. Namun, Anda tak perlu khawatir. Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk masalah rambut Anda.

Mengatasi Rambut Patah dan Bercabang

Minyak zaitun bermanfaat bagi rambut bercabang (source: freepik)
Minyak zaitun bermanfaat bagi rambut bercabang

Minyak zaitun memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk memperbaiki rambut patah dan bercabang. Minyak zaitun dapat mengembalikan kelembapan dan mengurangi potensi rambut patah.

Caranya, cukup tuangkan minyak zaitun ke telapak tangan kemudian oleskan dari bagian tengah hingga ujung rambut. Rambut lebat berkilau akan menjadi milik Anda.

Mengatasi Rambut Susah Diatur

Rambut susah diatur dapat diatasi dengan minyak zaitun (source: freepik)
Rambut susah diatur dapat diatasi dengan minyak zaitun

Rambut susah diatur sering membuat kesal, terutama jika harus terburu-buru menghadiri sebuah acara namun rambut Anda tak bisa diajak kompromi. Permasalahan ini yang sering dialami para wanita.

Caranya, panaskan terlebih dahulu 1 – 3 sendok makan minyak zaitun, disesuaikan dengan ketebalan rambut Anda. Kemudian oleskan pada bagian tengah hingga ujung rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Mengurangi Ketombe

Minyak zaitun bermanfaat mengurangi ketombe (source: freepik)
Minyak zaitun bermanfaat mengurangi ketombe

Ketombe salah satu permasalahan rambut yang sering terjadi. Tak jarang ketombe membuat kondisi kulit kepala menjadi bau terlebih jika berkeringat. Hal ini dapat diatasi dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk melembabkan kulit kepala. Sehingga bagian kulit kepala yang kering dapat teratasi kelembabannya, ketombe pun dapat teratasi.

Caranya, Anda cukup mengoleskan minyak zaitun di kulit kepala. Kemudian diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok dapat diatasi dengan minyak zaitun
Rambut rontok dapat diatasi dengan minyak zaitun

Salah satu penyebab rambut rontok adalah dihydrotestosterone atau DHT yang berlebihan. DHT merupakan hormon yang membuat rambut kerap rontok.

Hal ini dapat diatasi dengan minyak zaitun untuk mengurangi DHT tersebut. Rambut kuat berkilau pun menjadi milik Anda.

Membantu Melembabkan Rambut Kering

Minyak zaitun melembabkan rambut kering (source: freepik)
Minyak zaitun melembabkan rambut kering

Penyebab rambut kering terkadang dapat terjadi karena faktor, seperti penggunaan perawatan rambut dengan bahan kimia atau terlalu sering melakukan styling rambut.

Penggunaan shampoo aja terkadang tak cukup. Anda bisa mencoba dengan perawatan minyak zaitun. Caranya cukup mudah. Anda dapat mengaplikasikan minyak zaitun ke seluruh rambut Anda. Bungkus rambut dengan handuk, diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id