sign up SIGN UP

FASHION

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Cepat Rusak Lho!

Ade Irma Suryani | Selasa, 25 Aug 2020 20:00 WIB
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Cepat Rusak Lho!
caption
Jakarta -

Memiliki rambut yang indah dan menawan adalah impian semua wanita. Karena itulah, rambut juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan indah. Namun, terkadang ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh para wanita yang bisa membuat rambut menjadi cepat rusak. Apa saja kira-kira? Berikut informasinya di bawah ini.

1. Keramas Setiap Hari

Keramas setiap hari dapat merusak rambut.
Keramas Setiap Hari/Foto: Freepik.com 

Kebiasaan keramas setiap hari barangkali cukup sering dilakukan oleh sebagian wanita. Apalagi jika sering beraktivitas di luar yang kerap membuat tubuh termasuk rambut menjadi berkeringat akibat panas dari sinar matahari. 


Namun, terlalu sering keramas bisa membuat rambut cepat rusak, lho. Hal ini lantaran dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala. Jadi, sebaiknya lakukan keramas 2-3 kali per minggu dengan menggunakan sampo yang lembut. 

 

2. Menggunakan Kondisioner Terlalu Banyak

Menggunakan Kondisioner Terlalu banyak dapat merusak rambut.
Menggunakan Kondisioner Terlalu Banyak/Foto: Freepik.com

Penggunaan kondisioner bertujuan untuk membuat rambut lebih lembut dan halus. Namun, terlalu banyak menggunakan kondisioner justru dapat menimbulkan masalah pada rambut, lho. 

Cara yang tepat dalam menggunakan kondisioner adalah dengan secukupnya dan disesuaikan dengan volume rambut. Gunakan dari ujung rambut sampai sepertiga, setengah atau pangkal rambut. Usahakan tidak sampai mengenai kulit kepala, karena hal tersebut dapat membuat rambut lebih berminyak.

 

3. Menggosok Rambut dengan Kasar

Menggosok rambut dengan Kasar dapat merusak rambut.
Menggosok Rambut dengan Kasar/Foto: Freepik.com

Kebiasaan menggosok rambut dengan handuk secara kasar setelah keramas ternyata juga dapat merusak merusak rambut. Hal ini bisa membuat rambut menjadi kering dan bercabang, lho. 

Sebaiknya, peras rambut secara halus untuk menghilangkan sisa air, lalu biarkan kering dengan alami. 

 

4. Menyisir Rambut Saat Basah

Menyisir rambut saat basah dapat merusak rambut.
Menyisir Rambut Saat Basah/Foto: Freepik.com

Menyisir rambut saat masih basah memang merupakan kebiasaan yang cukup umum dilakukan oleh para wanita. Namun, hal ini memang sebaiknya tidak dilakukan karena juga dapat merusak rambut.

Di saat rambut dalam kondisi basah, rambut tidak kuat menempel di kulit kepala, sehingga akan mudah rontok. Jadi, alangkah lebih baik jika menyisir rambut setelah kering.

 

5. Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Mengikat rambut terlalu kuat dapat merusak rambut.
Mengikat Rambut Terlalu Kuat/Foto: Freepik.com 

Mengikat rambut terlalu kuat seperti halnya gaya ponytail juga dapat merusak rambut, lho. Karena hal ini dapat menyebabkan tarikan yang berlebihan di kulit kepala, sehingga folikel rambut menjadi rusak.

Agar rambut tetap sehat, cobalah mengikatnya agak longgar dengan menggunakan karet yang elastis. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id