sign up SIGN UP

FASHION

Tips Pakai Hair Serum yang Benar untuk Kembalikan Kesehatan Rambut

Retno Wulandari | Minggu, 20 Jun 2021 07:00 WIB
Tips Pakai Hair Serum yang Benar untuk Kembalikan Kesehatan Rambut
caption

Bagi wanita, rambut sehat dan berkilau merupakan sebuah keharusan demi menunjang penampilan. Nah, salah satu cara perawatan rambut yang harus dilakukan adalah menggunakan hair serum atau serum rambut, salah satu produk perawatan yang berfungsi untuk melindungi rambut agar tidak mudah rontok, rusak, patah, dan lepek.

Meskipun manfaat tersebut sangat dibutuhkan untuk mengembalikan kesehatan rambut, tetap saja kamu tidak boleh sembarangan saat menggunakannya. Lalu, bagaimana cara merawat rambut rusak agar kembali sehat dengan menggunakan serum rambut? Yuk, intip tipsnya di bawah ini, Ladies!

1. Gunakan Sesuai dengan Permasalahan Rambut

Tips Menggunakan Serum Rambut
Gunakan sesuai dengan permasalahan rambut/Foto: freepik.com

Selain wajah, setiap wanita juga memiliki permasalahan rambut yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah serum rambut yang sesuai dengan permasalahan rambut kamu. Misalnya jika kamu memiliki masalah dengan rambut rontok, maka pilih dan gunakanlah serum rambut rontok.

Lalu bagaimana jika permasalahan rambut yang kamu alami lebih dari satu? Tenang Ladies, beberapa produk serum rambut saat ini sudah memiliki manfaat ganda sehingga memudahkan kamu untuk mengatasi permasalahan rambut tersebut. Jangan lupa juga untuk teliti melihat kandungan pada serum agar tidak membuat rambut semakin parah.

2. Gunakan Serum Setelah Keramas

Tips Menggunakan Serum Rambut
Gunakan serum rambut setelah keramas/Foto: freepik.com

Sebelum menggunakan serum rambut, kamu dianjurkan untuk membersihkan rambut atau keramas terlebih dahulu, Ladies. Jika kamu menggunakan serum pada rambut yang kotor, maka hal ini bisa menyebabkan masalah baru seperti rambut jadi lebih berminyak dan lepek. Tidak hanya itu, menggunakannya pada rambut yang kotor, juga tidak akan membuat serum bekerja maksimal, lho.

Oleh karena itu, cara merawat rambut rusak agar kembali sehat dengan serum yang benar adalah menggunakannya setelah keramas. Agar serum bekerja maksimal jangan langsung mengaplikasikannya ketika rambut dalam kondisi basah, tunggulah beberapa menit hingga rambut dalam kondisi setengah kering.

3. Gunakan Serum Secukupnya

Tips Menggunakan Serum Rambut
Gunakan serum rambut secukupnya/Foto: freepik.com

Tips yang tidak kalah penting adalah pakai serum secukupnya. Yup, meskipun memiliki manfaat baik untuk rambut, tetap saja kamu tidak boleh berlebihan ketika menggunakannya, Ladies. Idealnya serum rambut hanya boleh digunakan beberapa tetes atau sesuai dengan panjang dan tebalnya rambut.

Jika kamu memiliki rambut pendek dan tidak terlalu tebal, sebaiknya gunakan sekitar satu pump serum saja. Sebaliknya, jika kamu memiliki rambut yang cukup panjang dan tebal, kamu bisa menggunakan 1-2 pump atau lebih agar merata ke seluruh batang rambut.

4. Gunakan Serum di Batang Rambut

Tips Menggunakan Serum Rambut
Gunakan pada batang rambut/Foto: freepik.com

Serum memiliki fungsi untuk merawat batang rambut agar tidak mudah lepek, patah, kusut, dan bercabang. Sayangnya masih banyak wanita yang melakukan kesalahan ketika menggunakan serum, seperti mengaplikasikannya dari akar rambut. Sama seperti kondisioner, jika serum mengenai akar rambut akan menimbulkan masalah baru seperti lepek dan berketombe.

Oleh karena itu, menggunakan serum hanya pada batang rambut merupakan salah satu cara perawatan rambut yang benar. Jangan lupa juga untuk memastikan produk serum yang kamu gunakan merata ke seluruh batang rambut.

Itulah tips menggunakan serum rambut, salah satu cara merawat rambut rusak agar kembali sehat. Jika kamu memiliki tips cara perawatan rambut lainnya, yuk share pengalaman kamu di bawah ini, Ladies!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id