sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

3 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Film "Rentang Kisah"

Cindy Krisania | Jumat, 16 Oct 2020 18:05 WIB
3 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Film
caption

Film "Rentang Kisah" merupakan sebuah film adaptasi dari buku dengan judul yang sama ditulis oleh Influencer Indonesia, Gita Savitri Devi. Buku ini merupakan biografi yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang Gita, sapaannya terutama ketika sedang menjalani masa study-nya di Jerman. 

Gita Savitri
Gitasav/Rentang Kisah/Foto: instagram.com/gitasav

Rentang Kisah ini menceritakan bagaimana perjuangan Gita ketika ia diminta untuk berangkat ke negeri orang di saat umurnya masih belum genap 20 tahun. Gita mengalami banyak pergejolakan dan pertentangan dengan dirinya sendiri sampai akhirnya ia mulai bisa belajar untuk berdamai dengan dirinya sendiri. Mulai dari hubungan percintaannya yang terpaksa kandas begitu saja karena pihak ketiga, kondisi keuangan keluarga yang mengharuskan Gita mengambil kerja sampingan, hingga masalah keterbatasan dalam berbahasa. 

Film ini sendiri diperankan oleh dua artis muda, yaitu Beby Tsabina (Gita Savitri) dan Bio One (Paulus) yang kini sudah menyandang status sebagai suami Gita. 

Film Rentang Kisah
Rentang Kisah/Foto: instagram.com/bebytsabina

Lewat film ini ada banyak pelajaran yang bisa kita petik terutama bagaimana kita menjalani hidup yang tidak seindah dunia dongeng. Berikut pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari Film Rentang Kisah.

1. Stop Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Rentang Kisah Film
Rentang Kisah/instagram.com/bebytsabina

Sadar atau tidak kita sering kali membandingkan diri sendiri dengan hidup orang lain. Mulai dari karier, prestasi, atau bahkan apa yang orang lain miliki. Kita selalu beranggapan bahwa hidup orang lain jauh lebih menyenangkan dibanding hidup kita sendiri. Padahal kita tahu bahwa setiap manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki perjuangan hidupnya masing-masing, dan tidak semua orang perlu tahu akan hal ini.

Pada film ini digambarkan bahwa sosok Gita membandingkan hidupnya dengan orang lain. Merasa apa yang dimilikinya saat itu belum terasa cukup dibandingkan apa yang orang lain. 

Membandingkan diri dengan orang lain tentu akan terasa sangat melelahkan. Kita dituntut melakukan banyak hal yang sebenarnya bukan kemauan kita dan sering menjadi kehilangan diri kita sendiri. 

Maka, berhenti untuk memandingkan hidupmu dengan orang lain dan mulai belajar untuk bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki. Kita harus selalu percaya bahwa setiap orang itu memiliki kisah perjalanan hidupnya masing-masing. 

2. Berkenalan dengan Orang Baru, Kenapa Tidak?

Rentang Kisah
Bio One & Beby Tsabina/Foto: instagram.com/falconpictures_

Sosok Gita pada film ini menggambarkan bahwa dia kesulitan untuk berkenalan dan akrab dengan orang baru. Gita cenderung menutup dirinya sendiri dari orang di sekitarnya. Padahal berkenalan dengan orang baru tidak selamanya buruk, lho! Seperti pertemuan Gita dengan sosok Paul yang berbanding 180 derajat dengan dirinya.

Berkenalan dengan orang baru membuat kita banyak belajar tentang hal baru, baik tentang kehidupan, cara menghargai pendapat orang lain, melihat suatu permasalahan dari banyak sudut pandang dan lainnya. Jadi, cobalah untuk lebih membuka diri pada dunia luar agar kamu tahu bahwa di dunia ini ada banyak jutaan manusia yang menyenangkan. 

"Dunia itu luas sekali, masa kamu cuma mau di rumah aja?" - Rentang Kisah (2020)


3. Menyerah Bukan Penyelesaian Terhadap Suatu Masalah, Hadapi!

Ayah dan Gita
Rentang Kisah/Foto: instagram.com/falconpictures_

Mungkin tidak sedikit yang sering merasa jenuh dan lelah dengan hidup, sampai terpikir untuk memilih menyerah dan mengakhiri segalanya. Itu bukan solusi. Jika kamu menyerah, masalah akan tetap sama atau justru akan semakin rumit. Maka kamu harus hadapi!

Pada Film Rentang Kisah, Gita pernah dihadapkan pada suatu masalah yang berat bagi hidupnya. Dia berfikir untuk menyerah dengan keadaan sampai dia menyadari satu hal, bahwa orang-orang di sekitarnya terutama keluarganya, secara tidak langsung memintanya untuk tetap kuat dan bertahan.

Hidup itu memang berat, tapi ingat tidak selamanya kita akan berada di posisi yang sama. Waktu akan terus berjalan. Tidak selamanya akan merasa sedih dan kecewa, akan ada masa dimana kita juga akan merasa bahagia dan begitu berharga di dunia ini. Kamu hanya perlu berani dan menghadapinya. Biarkan waktu yang menyembuhkan. 

Nah, itu dia tiga pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari film Rentang Kisah. Ada banyak pelajaran dan makna hidup yang bisa kamu ambil dari film atau buku ini. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id