sign up SIGN UP

Film 'Selesai' Karya Dr. Tompi Mendadak Jadi Kontroversi, Mantan Jurnalis Perempuan Katakan Hal Ini

Rini Apriliani | Sabtu, 21 Aug 2021 16:35 WIB
Film 'Selesai' Karya Dr. Tompi Mendadak Jadi Kontroversi, Mantan Jurnalis Perempuan Katakan Hal Ini
caption
Jakarta -

Baru dirilis Jumat, 13 Agustus 2021 kemarin, film Selesai karya Dr. Tompi mendadak jadi sorotan. Banyak pihak yang mengkritik alur cerita film yang diperankan oleh Gading Marten dan Ariel Tatum ini. 

Film Selesai menceritakan tentang perselingkuhan yang terjadi di dalam rumah tangga Broto Hadisutedjo dan Ayudina samara. Hubungan keduanya tidak harmonis karena Broto yang kerap berselingkuh. 

Film SelesaiFilm Selesai/ Foto: Instagram.com/beyoutifulpictures.produc

Membawakan film yang relate dengan keadaan yang sering terjadi di masyarakat, membuat banyak pihak mengatakan jika film tersebut hanya meng-copy realita yang sering terjadi saja. 

Uly Siregar, penulis sekaligus mantan jurnalis yang aktif pada isu-isu terkait perempuan mengutarakan komentarnya dalam sesi diskusi Clubhouse

"Kalo aku sebagai film maker, aku pengen memasukkan agenda aku gitu lho. Kenapa Mas Tompi dituduh seksis, mungkin karena apalagi kalau kita lihat posisi perempuan di masyarakat kita yang masih sering jadi pihak yang kalah," ujar Uly Siregar.

Ia pun menambahkan jika dirinya adalah seorang film maker, ia akan memastikan film tersebut memiliki keberpihakan, bukan hanya memotret realita yang terjadi saja. 

"Nah kalau aku jadi film maker, aku akan memastikan kalau film aku itu punya keberpihakan. Aku sih liatnya gitu ya. Jadi kalau cuma untuk memotret realita doang, tujuan film ini, satu untuk memotret realita yang emang udah jelas-jelas bener ada kejadian itu. Terus setau aku film itu sebuah media yang sangat powerful untuk digunakan, untuk menyampaikan, apa yang jadi pikiran seseorang atau film makernya. Mangkanya mungkin banyak yang mikir ngapain nonton film yang cuma meng-copy realita doang," tambahnya. 

Di akhir komentar, perempuan yang kini menetap di Amerika pun menyampaikan doa dan harapan untuk Dr. Tompi dan film selanjutnya.

"Semoga sukses dan makin bagus bikin filmnya. Mungkin nanti-nanti ada misi-misi khusus yang punya keberpihakan yang jelas," katanya di akhir komentar. 

Film SelesaiFilm Selesai/ Foto: Instagram.com/beyoutifulpictures.produc

Mendengar komentar tersebut, Dr. Tompi selaku pembuat film pun langsung menyampaikan komentarnya. 

"Menurut gua nggak harus berpihak. Nggak harus menunjukkan keberpihakan sih. Karena gua nggak mau jadi hakim buat orang lain. Bahwasanya gua punya sikap, pasti gua punya sikap. Justru gua mengajak orang untuk berdiskusi tentang apa yang diliat. Nggak ada istilah kata-kata doang sih di sini. Jadi bukan potret realita doang. No," ucap Dr. Tompi.

Ia pun mengatakan jika film kedua yang dibuatnya setelah Pretty Boys ini hanya memotret realita yang terjadi, maka tidak akan ada diskusi seperti yang terjadi saat ini.

"Kalau cuma potret realita doang, nggak akan ada pembicaraan malam hari ini sih," tutupnya.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id