sign up SIGN UP

LIFE

4 Mitos Soal Uang Ini Bisa Hancurkan Alokasi Keuanganmu, Lho!

Penny Fatikasari | Minggu, 21 Jun 2020 11:00 WIB
4 Mitos Soal Uang Ini Bisa Hancurkan Alokasi Keuanganmu, Lho!
caption
Jakarta -

Mengelola finansial memang enggak ada habisnya, setiap orang tentunya pernah mengalami jatuh bangun dalam menyusun alokasi keuangan. Mulai dari menerima gaji pertama saat bekerja, memiliki bonus tambahan, hingga merasakan bagaimana uang yang didapat dengan keringat kerja keras sangat cepat habis sebelum waktunya. Nah, bisa saja 4 mitos soal uang ini bisa menghancurkan alokasi keuanganmu secara perlahan, simak ulasan berikut ini, yuk!

Merasa Kaya Saat Saldo Rekening Bertambah

Saldo Bertambah
Merasa Kaya Saat Saldo Bertambah/Freepik.com

Waktunya mendapat gaji bulanan, tambahan bonus serta tunjangan-tunjangan lain membuat dirimu merasa kaya sesaat. Kamu pun merasa ingin membelanjakan apa yang ingin kamu impikan sejak lama. Tanpa merencanakan keuangan bisa saja uangmu habis seketika, alhasil kamu bingung uangmu digunakan untuk berbelanja apa saja.


Tidak membuat catatan khusus keuangan justru akan membuat dirimu menjadi lupa diri dan membeli apapun yang kamu mau. Tanpa kamu sadari hasil kerja kerasmu pun terbuang sia-sia. Kamu pun akan merasa menyesal karena tidak mengelola dengan baik keuntungan yang kamu dapatkan baik itu untuk berinvestasi atau untuk tabungan jangka panjang.

Tidak Merasa Khawatir Karena Sudah Bekerja

Sudah Bekerja
Tidak Merasa Khawatir Karena Sudah Bekerja/Freepik.com

Memang benar memiliki pekerjaan sudah sangat mencukupi kebutuhan hidupmu sehari-hari, akan tetapi usahakan kamu pun memiliki modal tambahan lain untuk berjaga-jaga. Misalnya kamu bisa bekerja part time dengan menjadi freelance atau membuka bisnis kecil-kecilan, bahkan menjadi reseller online walaupun hasilnya tidak sebesar yang kamu bayangkan. Dengan begitu, kamu pun memiliki sumber pemasukan lain yang bisa kamu jadikan sebagai dana darurat bahkan dapat membantu kondisi finansialmu. Jika pekerjaan utamamu mendapatkan resiko maka masih ada pekerjaan sampingan lain yang bisa kamu andalkan dan tentunya bisa menyelamatkan dirimu sendiri.

Dengan Menabung, Bunga Semakin Bertambah

Bunga Semakin Bertambah
Menabung Semakin Bertambah Banyak/Freepik.com

Jika kamu hanya mengandalkan tabungan di bank  tentunya uangmu akan berada dalam satu tempat saja. Walaupun kamu berniat untuk tidak mengganggu saldo tabunganmu. Kamu berpikir bunga bank akan bertambah banyak dengan begitu kamu pun enggak perlu merasa ragu dan khawatir. Nah, mulai saat ini biarkan uang bertumbuh dan bekerja untukmu. Nilai mata uang bisa saja lama kelamaan menurun, maka dari itu mulailah berinvestasi. Saat ini sudah banyak platform digital yang menawarkan investasi dengan modal Rp5.000 hingga Rp10.000 saja. Lebih baik kurangi nongkrong-nongkrong cantik dan beralihlah untuk berinvestasi bagi masa depanmu.

Berwirausaha Membutuhkan Modal Banyak

Modal Banyak
Berwirausaha Membutuhkan Modal Banyak/Freepik.com

Banyak yang percaya jika berwirausaha perlu memiliki modal yang banyak, persepsi seperti ini tidaklah benar. Karena banyak pula orang yang memilih untuk menjadi reseller dari usaha dagang orang lain. Dengan modal minim bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar. Dengan begitu, kamu pun bisa melatih dirimu untuk memasarkan produk orang lain agar seseorang tertarik untuk membelinya. Tidak ada yang instan, karena semua itu perlu kerja keras dan proses. Semangat ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id