sign up SIGN UP

5 Tabungan Penting untuk Perempuan Usia 30an, Siapkan Mulai Sekarang!

Dian Aprilia | Kamis, 15 Jul 2021 12:30 WIB
5 Tabungan Penting untuk Perempuan Usia 30an, Siapkan Mulai Sekarang!
caption

Usia 30-an termasuk puncak usia produktif yang harus dimaksimalkan untuk mengumpulkan pundi-pundi keuangan. Salah satunya adalah dengan menabung atau menyimpan uang untuk meraih target-target keuangan. Tanpa pengetahuan cara menabung yang benar, target finansial bisa jadi hanya angan-angan semata.

Tips menabung di usia 30-an adalah mengalokasikan dana untuk 5 tabungan penting demi masa depan yang terjamin. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tabungan penting yang perlu kamu siapkan di usia 30-an.  

Tabungan Dana Darurat

Cara menabung
Cara menabung/pexels.com/maitree rimthong

Tips menabung yang pertama adalah buat tabungan dana darurat terlebih dahulu dibandingkan dengan tabungan lainnya. Tabungan dana darurat termasuk tabungan wajib dan utama bagi siapa pun, terlepas dari usia, pekerjaan dan lainnya.

Cara menabung yang benar untuk tabungan dana darurat adalah menyimpan dana untuk biaya hidup dan pengeluaran selama 6 bulan hingga 1 tahun. Jangan lupa perhitungkan segala biaya, mulai dari biaya sewa rumah, listrik, air, makan, perlengkapan sehari-hari, kebutuhan anak dan lainnya.

Tabungan Rumah dan Mobil

Cara menabung
Cara menabung/pexels.com/Kelson Downes

Tabungan untuk perempuan usia 30-an selanjutnya adalah tabungan rumah dan mobil. Tips menabung rumah dan mobil ini ialah dengan membuat target nominal guna menjadi motivasi yang kuat, ikut program KPR, dan sisihkan 30% dari gaji setiap bulannya.  

Cara menabung dengan cepat agar tabungan rumah dan mobil bisa segera terpenuhi adalah dengan meningkatkan pendapatkan. Cobalah untuk mengerjakan pekerjaan freelance, buka toko online, sewa peralatan atau kendaraan dan lainnya.

Tabungan Pendidikan Anak

Cara menabung
Cara menabung/pexels.com/Pixabay

Tabungan selanjutnya yang perlu dimiliki saat usia 30-an adalah tabungan pendidikan anak. Cara menabung yang benar untuk dana ini adalah memasukkan tabungan ke dalam berbagai jenis investasi jangka panjang. Mulai dari saham, emas, properti dan lainnya.

Pastikan bahwa dana pendidikan anak jangka pendek sudah ada dan masuk dalam instrumen investasi yang likuid. Cara menabung dengan cepat agar tabungan pendidikan anak bisa segera terpenuhi hingga tingkat kuliah adalah konsisten. Usahakan agar suami dan istri saling bekerja sama dan memberikan kontribusi dalam tabungan tersebut.

Tabungan Pensiun

Cara menabung
Cara menabung/pexels.com/Andrea Piacquadio

Tabungan di usia 30-an selanjutnya adalah tabungan pensiun. Cara menabung yang benar untuk dana pensiun adalah menghitung kebutuhan selama pensiun dan menyimpan tabungan pensiun dalam investasi jangka panjang.

Properti menjadi bentuk investasi yang cukup menjanjikan untuk dana pensiun. Sebab properti bisa menghasilkan uang bulanan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup bulanan.

Tabungan Tujuan Jangka Pendek

Cara menabung
Cara menabung/pexels.com/Karol D

Terakhir, tabungan usia 30-an adalah tabungan jangka pendek. Misalnya tabungan untuk membeli gadget, membayar zakat, beli qurban dan lainnya. Cara menabung dengan cepat untuk tabungan jangka pendek adalah membagi nominal target pada setiap bulan hingga waktu yang ditentukan. Pastikan kamu bisa disiplin dan konsisten untuk memenuhi jumlah tersebut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id