sign up SIGN UP

LIFE

Belajar Investasi dari Drakor, Kamu Suka 'Style' Han Ji Pyeong atau Park Sae Ro Yi?

Cindy Krisania | Rabu, 02 Dec 2020 11:00 WIB
Belajar Investasi dari Drakor, Kamu Suka 'Style' Han Ji Pyeong atau Park Sae Ro Yi?
caption

Jika kamu pecinta Drama Korea tentu sudah tidak asing lagi dengan drama Itaewon Class dan Start Up. Dua drama ini cukup ramai diperbincangkan oleh masyarakat karena tokoh Park Saeroyi dan Han Ji Pyeong yang sangat menarik perhatian. Selain berpenampilan menarik, keduanya juga cermat dalam berinvestasi. 

Ternyata keduanya memiliki 'style' yang berbeda loh dalam berinvestasi. Apa saja ya perbedaannya? Yuk, belajar tentang investasi dari Park Saeroyi dan Han Ji Pyeong. Dikutip dari akun Instagram Ferdie Darmawan yang merupakan seorang Financial Planner, berikut perbedaannya:

1. Skill, Knowledge, Time

Park Saeroyi
Park Saeroyi/Foto: instagram.com/itaewonclass.official

Sebelum memulai investasi, kamu harus menentukan terlebih dahulu tentang skill, knowledge dan waktu yang kamu punya. Jika kamu kurang memiliki kemampuan dan waktu yang cukup, kamu bisa memilih style dari Park Saeroyi, dimana dia sadar bahwa dia tidak memiliki kemampuan atau skill dalam mengelola uang dan tidak memiliki waktu yang cukup karena ingin fokus pada bisnisnya. Maka dari itu sejak awal ia percayakan pada temannya yang memang fund manager professional untuk mengelola uangnya.

Berbeda dengan Ji Pyeong yang memilih mengelola uangnya sendiri di pasar modal. Namun ingat, dia memulai dari uang virtual dulu untuk latihan. Jadi, tidak heran kalau dia bisa melipatgandakan uang dari nenek Dalmi hingga 10 kali lipat sampai sukses menjadi venture capitalist. 

2. Public VS Private Company

Han Ji Pyeong
Han Ji Pyeong/Foto: instagram.com/tvnstartup

Park Saeroyi memilih menginvestasikannya di perusahaan publik dengan tujuan untuk menguasai sahamnya dalam jangka panjang. Resiko yang dimiliki juga lebih rendah karena bisa melihat historical perfomance dari company tersebut. 

Sedangkan Ji Pyeong memilih untuk berinvestasi di perusahaan start up, dimana resiko yang dimiliki pun lebih tinggi karena tingkat kegagalannya juga besar. Maka dari itu, perlu skill atau kemampuan yang cukup untuk bisa berinvestasi dengan style ala Han Ji Pyeong. 

3. Growth VS Value 

Park Saeroyi
Park Saeroyi/Foto: instagram.com/itaewonclass.official

Investasi ala Park Saeroyi ini disebut value investing karena investasi di perusahaan yang secara fundamental sudah terbukti. Jadi, dia melakukan akumulasi apabila ada 'isu miring' tentang perusahaan tersebut, namun dia tahu kalau itu sifatnya hanya sementara.

Kalau Han Ji Pyeong dia berinvestasi di start up menawarkan potensi return yang luar biasa besar dibandingkan public company apabila berhasil. Jadi, fokus dari investasi Ji Pyeong adalah growth. 

Dua-duanya sama-sama bagus dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, style investasi dari Park Saeroyi lebih cocok diterapkan oleh banyak masyarakat, karena selain investasi kita pasti punya pekerjaan atau bisnis. Jadi, kita bisa fokus menaikkan cashflow dari bisnis atau pekerjaan kita lalu berinvestasi ke perusahaan publik secara langsung atau melalui reksadana. 

Nah, kalau kamu kira-kira cocoknya dengan style yang mana? 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id