BTS x McDonalds: Pelajari Rahasia Marketingnya!
McDonalds Indonesia baru-baru ini merilis paket BTS meal pada hari Rabu (9/6) mulai pukul 11.00 pagi. BTS meal menyajikan menu paket McD pada umumnya, yaitu McD McNuggets, Fries dan dua saus dengan kemasan khusus yaitu Sweet Chili dan Cajun, serta coca-cola. Kolaborasi McDonal’s dan BTS ini ternyata disambut antusias oleh para penggemar BTS, yaitu ARMY. Beberapa gerai pun sampai ditutup sementara karena antrean ojol yang panjang menimbulkan kerumunan di tengah berlangsungnya pandemi.
![]() Keramaian McD/ sumber: cnn.com |
Fenomena global McDonal's dan BTS ini membuat kita berpikir lagi kok bisa kekuatan sebuah fans ternyata menjadi keuntungan tersendiri untuk meningkatkan keuntungan sebuah bisnis atau usaha. Seorang penulis di bidang Marketing dan Managing Partner Inventure, Yuswohady dari podcastnya yang berjudul Meramu Viral: McD + BTS: The Power of Fans Marketing menyatakan bahwa strategi Marketing yang digunakan McD untuk menarik perhatian konsumennya adalah pendekatan Horizontal Marketing, yang mungkin masih terdengar asing bagi kalian yang belum pernah mendalami ilmu marketing.
Sebenernya apa sih yang dimaksud dengan pendekatan Horizontal Marketing? Yuk simak keterangannya berikut sebagai bekal pembelajaran marketing untuk usahamu ke depannya:
Horizontal Marketing
Menu BTS Meal/ Foto: mcdonalds.co.id |
Yuswohady menyatakan bahwa strategi marketing pun sekarang sudah bergeser ke horizontal marketing, yang sebelumnya merupakan pendekatan vertical marketing di mana suatu brand atau merek harus mengandalkan iklan yang dibintangi para idola masyarakat untuk meraih perhatian mereka. Iklan bisa dipasarkan dalam berbagai media seperti televisi, radio, ataupun media online.Strategi marketing yang disebut sebagai horizontal marketing ini artinya pendekatan yang dimanfaatkan McD bagi ARMY untuk memasarkan produk mereka agar viral di dunia digital.
Baca Juga : BTS Meal Disambut Antusias Oleh Army Indonesia |
Kelebihan horizontal marketing tidak lain adalah menggunakan kekuatan massa atau lain kata mengandalkan “omongan” suatu pelanggan ke pelanggan lainnya melalui platform media sosial, sehingga pada akhirnya yang mempromosikan menu McD BTS meal bukanlah perusahaan makanan cepat saji tersebut, melainkan para ARMY.
The Power of Social Media
![]() Social Media/ sumber: pexels.com |
Penggunaan medsos dari tahun ke tahun juga meningkat di Indonesia, terutama Instagram. Dikutip dari Detik.com, pengguna aktif medsos bertambah 6,3% atau setara 10 juta pengguna dibandingkan dengan Januari tahun 2020. Ketika dibandingkan dengan jumlah populasi RI yang adalah 274,9 juta jiwa, maka 61,8% di antaranya merupakan pengguna aktif medsos.
Dari segi usia pengguna medsos, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa pengguna medsos rata-rata usianya adalah 25-34 tahun, diikuti oleh kelompok usia 18-24 tahun seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
![]() Pengguna Medsos Berdasarkan Umur/ sumber: We Are Social dan Hootsuite |
Kepopuleran penggunaan medsos menjadi peluang bagi pengusaha yang ingin memulai memasarkan bisnisnya, terutama untuk menargetkan generasi milenial yang gemar menggunakan medsos. Memasarkan produk atau jasa di medsos pun sekarang sudah menjadi sebuah norma, bukan hanya bagi pengusaha yang sudah lama terjun di dunia bisnis, tetapi juga para pengusaha baru.
Jadi, sudah tau kan pentingnya menggunakan medsos untuk mengembangkan bisnismu dari contoh kolaborasi McDonal’s dan BTS? Bagi kalian yang tertarik belajar mengembangkan usaha menggunakan Instagram, simak juga tips berikut dari Detik.com yang bisa dipelajari! Happy learning!

Menu BTS Meal/ Foto: 
