sign up SIGN UP

LIFE

Cara Menabung Agar Resolusi Menikah di Tahun 2021 Tercapai

Retno Wulandari | Kamis, 14 Jan 2021 15:00 WIB
Cara Menabung Agar Resolusi Menikah di Tahun 2021 Tercapai
Foto: Tips Menabung Pernikahan/Freepik.com

Tahun baru selalu identik dengan beragam resolusi, salah satunya menikah. Yup, menikah merupakan peristiwa penting yang membutuhkan biaya tidak sedikit, oleh sebab itu kamu perlu mempersiapkan pernikahan secara finansial.

Nah, buat kamu yang memiliki resolusi menikah di tahun 2021, belum ada kata terlambat untuk menabung agar pernikahan kamu tercapai lho. Penasaran bagaimana caranya? Simak jawabannya di bawah ini!

Buat Tabungan Khusus Pernikahan

Cara Menabung Agar Resolusi Menikah Tercapai Di Tahun 2021
Foto:Rekening Tabungan Bersama/freepik.com/

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai untuk menabung adalah membuka rekening tabungan khusus untuk pernikahan bersama pasangan, Ladies. Tabungan ini nantinya akan menjadi tempat untuk mengalokasikan gaji kamu dan pasangan.

Selain itu, tujuan lain dari tabungan khusus pernikahan ini adalah untuk mengurangi gaya hidup boros, sehingga kamu dan pasangan bisa sama-sama fokus untuk menyiapkan biaya pernikahan.

Sisihkan Pendapatan

Cara Menabung Agar Resolusi Menikah Tercapai Di Tahun 2021
Foto:Sisihkan Pendapatan/freepik.com/

Langkah selanjutnya yang perlu kamu dan pasangan lakukan adalah menyisihkan pendapatan masing-masing ke dalam tabungan khusus pernikahan yang tadi sudah dipersiapkan. Agar resolusi pernikahan kamu dan pasangan tercapai di tahun 2021, maka jumlah gaji yang harus dialokasikan minimal sebesar 30% tiap bulannya. Berikut contoh perhitungannya jika kamu dan pasangan memiliki gaji sebesar Rp5 juta:

Rp 5.000.000 x 30% = Rp 1.500.000/bulan

Rp 1.500.000 x 12 bulan = Rp 18.000.000

Rp 18.000.000 x 2 orang = Rp 36.000.000

Perhitungan ini harus disesuaikan dengan jumlah gaji dan target waktu pernikahan kamu ya, Ladies.

Biasakan Hidup Hemat

Cara Menabung Agar Resolusi Menikah Tercapai Di Tahun 2021
Foto:Hemat/freepik.com/

Tidak semua orang konsisten menjalankan cara yang satu ini, tapi untuk kamu yang memiliki resolusi menikah di tahun 2021, mau tidak mau kamu harus membiasakan hidup berhemat. Selain mengesampingkan keinginan pribadi yang belum tentu menjadi kebutuhan, kamu dan pasangan juga harus terapkan gaya pacaran yang hemat.

Yup, biaya berkencan dengan pasangan saat weekend juga bisa dibatasi dengan melakukan makan malam bersama di rumah ketimbang di kafe, atau berangkat kerja bersama pasangan untuk memangkas biaya transportasi.

Cari Penghasilan Tambahan

Cara Menabung Agar Resolusi Menikah Tercapai Di Tahun 2021
Foto:Cari Penghasilan Tambahan/freepik.com/

Jika kamu dan pasangan sudah melakukan hidup hemat, namun masih belum bisa memenuhi target menabung untuk pernikahan, maka solusi yang bisa kamu lakukan bersama pasangan adalah mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis sampingan atau mencari pekerjaan sampingan.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Cara Menabung Agar Resolusi Menikah Tercapai Di Tahun 2021
Foto:Catat Pemasukan dan Pengeluaran/freepik.com/

Sepele namun memiliki peran penting, mencatat pemasukan dan pengeluaran saat menabung adalah hal yang perlu dilakukan agar kamu bisa melihat secara jelas apakah bisa mencapai target dengan tepat atau tidak. Selain itu, mencatat keuangan juga membuat kamu lebih mudah untuk melakukan evaluasi lho.

Melakukan Riset

Cara Menabung Agar Resolusi Menikah Tercapai Di Tahun 2021
Foto:Melakukan Riset/freepik.com/

Ladies, melakukan riset sebelum menikah merupakan hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Yup, kamu bisa memanfaatkan cara ini dengan membandingkan harga-harga jasa yang akan digunakan, seperti sewa gedung, harga EO, harga catering, harga baju pengantin, dan lain sebagainya. Cara ini membantu kamu agar biaya keperluan pernikahan sesuai dengan budget tabungan kamu dan pasangan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id