sign up SIGN UP

LIFE

Cek! Ini 4 Masalah Keuangan yang Lumrah Dialami Para Karyawan

Dian Aprilia | Jumat, 11 Jun 2021 14:30 WIB
Cek! Ini 4 Masalah Keuangan yang Lumrah Dialami Para Karyawan
Karyawan/ foto: freepik.com

Uang tak bisa membeli segalanya, tapi segalanya butuh uang. Tak bisa dipungkiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita membutuhkan uang. Mulai dari untuk makan, biaya listrik, air, ibadah, sedekah, kumpul sama teman, jalan sama pacar dan lainnya. Untuk itu, keuangan menjadi aspek vital bagi setiap orang, termasuk para karyawan.

Berbeda dengan pebisnis, karyawan memiliki masalah keuangan yang biasa atau sering dihadapi. Bagi kamu yang berstatus karyawan, kamu perlu tahu 4 masalah ini agar bisa mengatasi atau mengantisipasinya.

Tidak Punya Dana Darurat

Dana darurat
Dana darurat/freepik.com

Dana darurat memiliki peranan yang penting bagi kesehatan keuangan siapapun, termasuk karyawan. Sebab dana darurat berperan sebagai cadangan keuangan jika ada berbagai hal darurat dan mendesak. Misalnya saat terjadi bencana alam, musibah kecelakaan, perawatan rumah atau kendaraan, resign dari pekerjaan, dan lainnya.

Banyak karyawan yang lalai menyiapkan dana tersebut. Alhasil saat membutuhkan dana untuk keperluan mendesak, mereka memilih untuk berhutang. Hal ini bisa disebabkan karena minimnya pemahaman tentang keuangan yang sehat serta keinginan untuk menghabiskan gaji setiap bulan yang didapatkannya.

Tidak Mampu Memenuhi Pengeluaran Bulanan

Pengeluaran bulanan
Pengeluaran bulanan/freepik.com 

Kesalahan fatal yang selanjutnya adalah tidak mampu memenuhi pengeluaran bulanan. Jika hal ini sudah terjadi, seharusnya sudah cukup untuk menjadi red flag atau tanda bahaya bagi kondisi keuanganmu. Sebab mampu memenuhi pengeluaran bulanan adalah hal dasar yang harus bisa diupayakan oleh setiap karyawan.

Apabila kamu mengalaminya, sebaiknya cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatnya, seperti menjadi freelancer di luar jam kerja, menjalankan bisnis, mencari pekerjaan sampingan dan lainnya.

Tidak Mampu Bayar Utang

Hutang
Hutang/freepik.com

Sebagian orang menganut prinsip ‘kalau tidak punya utang, hidup jadi tidak semangat’. Padahal prinsip tersebut sangat salah kaprah dan tak layak jadi pedoman hidup. Justru orang yang tidak punya hutang bisa lebih tenang, stabil dan bersemangat dalam menjalani hidup.

Sementara hidup penuh hutang malah bikin pusing, stres, dan tertekan, utamanya jika utang konsumtif. Jika hutang sudah menumpuk, sebaiknya fokus untuk memenuhi hutang dan minimalisir segala biaya yang tidak mendesak dan penting. Buat komitmen untuk mengurangi jajan, refreshing, beli-beli barang baru demi melunasi hutang terlebih dahulu.

Tidak Siap Pensiun Saat Waktunya Tiba

Dana pensiun
Dana pensiun/freepik.com

Terakhir, tidak siap secara keuangan saat waktu pensiun tiba. Menurut Undang-Undang di Indonesia, batas usia pensiun normal adalah 55 tahun, sementara batas usia maksimum wajib pensiun adalah 60 tahun. Karyawan yang terbiasa berfoya-foya saat muda akan mengalami kesulitan saat waktu pensiun tiba.

Apalagi jika tidak ada cadangan keuangan seperti investasi, tabungan atau warisan, maka sudah tentu di masa depan kamu tidak siap pensiun. Untuk itu, karyawan harus mulai siapkan dana pensiun sedini mungkin. Agar saat tiba waktu pensiun nanti sudah tidak kalut dan siap menghadapinya.

Itulah 4 masalah keuangan yang lumrah dihadapi para karyawan. Yuk segera perbaiki kondisi keuangan agar bisa mengantisipasi dan mengatasinya.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id