sign up SIGN UP

LIFE

Pilih Jadi Wanita Karir atau Ibu Rumah Tangga? Pertimbangkan Perbedaan Ini!

Cynthia Claudia | Rabu, 09 Jun 2021 12:30 WIB
Pilih Jadi Wanita Karir atau Ibu Rumah Tangga? Pertimbangkan Perbedaan Ini!
Wanita yang bingung/ sumber: pexels.com

Di era keterbukaan dan kebebasan mencari informasi seperti jaman sekarang, semua dari kita selalu dihadapi yang namanya pilihan. Salah satunya yang sering jadi perdebatan bagi kaum wanita adalah menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga.  

Di satu sisi, ada yang berpendapat bahwa wanita karir lebih baik karena bisa meringankan beban keluarga dan punya pencapaian yang patut dibanggakan. Tetapi di sisi lain, orang-orang juga berpendapat bahwa menjadi ibu rumah tangga juga tidak kalah karena mampu meluangkan lebih banyak waktu dengan sang buah hati sehingga terbentuklah keluarga yang harmonis.

Keluarga harmonis
Keluarga harmonis/ sumber: pexels.com

Jadi menurutmu ladies, kalian nantinya akan jadi wanita karir atau ibu rumah tangga setelah menikah?  Simak perbedaannya menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir bagi hubunganmu dengan pasangan dan perkembangan sang buah hati untuk mengambil keputusan yang bijak di masa depan!

Dampak pada Hubunganmu dengan Pasangan

Sebuah pasangan
Sebuah pasangan/ sumber: pexels.com

Wanita Karir

Hubungan menjadi lebih sinkron ketika kalian sama-sama bekerja di jam yang sama. Pasanganmu akan lebih memahami seperti apa beban yang kamu tanggung sebagai karyawan sehingga dia akan lebih menghargaimu.

Di sisi lain, waktu untuk bersama pun semakin sedikit karena ketika kamu dan pasangan sudah sama-sama pulang kerja biasanya cenderung capek dan kalian akan lebih memilih untuk beristirahat. Kalian akan free untuk meluangkan waktu bersama ketika weekend berlangsung.

Financial wise, kamu sebagai wanita yang bekerja akan mampu meringankan beban pasangan sebagai tulang punggung keluarga. Dikutip dari TheBalanceCareers, beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa jadi pilihanmu adalah apoteker, perawat, pengacara, software developer, insinyur, dan lain-lain.

Ibu Rumah Tangga

Kamu jadi lebih punya waktu untuk fokus mengurus anak. Apalagi jika misalnya si buah hati jatuh sakit dan kalian sebagai pasangan harus berdiskusi mengenai siapa yang harus cuti bekerja untuk membawanya ke rumah sakit atau menjaganya di rumah.

Selain itu, kamu juga bisa fokus menyelesaikan pekerjaan ibu rumah tangga pada umumnya seperti memasak, laundry, membersihkan rumah, dan lain-lain. Urusan rumah tangga akan jadi lebih terorganisir, sehingga kamu memiliki lebih banyak waktu luang ketika suami pulang.

Dampak pada Anak

Ibu dan anak-anaknya
Ibu dan anak-anaknya/ sumber: pexels.com

Wanita Karir

Meskipun sudah dikomunikasikan, anak kecil cenderung tidak paham tujuan kamu bekerja untuk meringankan beban pasangan. Waktu yang diluangkan untuk anak jadi lebih sedikit karena kalian hanya bisa bertemu pada malam hari.

Kamu pun juga harus menggunakan jasa pengasuh anak-anak di rumah. Sisi positifnya adalah kamu bisa mengajarkan anakmu untuk lebih mandiri sejak dini dan tidak bergantung sepenuhnya pada orang lain untuk kebutuhan dasar.

Untuk menyikapi masalah waktu, kalian bisa mulai bekerja dari rumah. Apalagi di era new normal seperti sekarang, banyak perusahaan yang beradaptasi dengan cara mengenalkan kebiasaan baru bekerja dari rumah. Kalian bisa coba mencari pekerjaan dari rumah lewat online job portal, contohnya adalah Kalibrr.com dan Indeed.com.

Ibu Rumah Tangga

Ada sosok ibu yang siap sedia merupakan situasi yang baik bagi anak-anak. Alasannya karena jika kamu menggunakan jasa pengasuh anak atau menitipkan anak di penitipan, attraction atau bond yang anak-anak rasakan tidak sama dengan ketika bersama ibu kandungnya. Berada di sisi mereka juga berarti tidak akan ada kekhawatiran yang muncul.

Namun, ada saatnya di mana sang buah hati akan ketergantungan sosok ibunya jika terlalu dimanjakan. Hal ini seringkali terjadi pada masa pra-sekolah, jadi para ibu harus memahami apa yang layak diberikan untuk anaknya.

Tidak ada yang salah atau benar untuk jawaban mana yang lebih baik antara keduanya karena hal ini kembali lagi ke keputusan masing-masing wanita dan keluarganya untuk menentukan mana yang terbaik untuk keluarganya.

Wanita karir atau ibu rumah tangga perannya sama. Masing-masing merupakan peran seorang ibu yang mulia di dalam keluarga, tidak ada yang lebih unggul ataupun kurang. So, bring it on ladies! Which one is for you?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id