sign up SIGN UP

LIFE

Daftar Pengeluaran yang Paling Sering Bikin Anggaran Keuangan Jebol!

Rumaysha Milhania | Minggu, 21 Feb 2021 15:30 WIB
Daftar Pengeluaran yang Paling Sering Bikin Anggaran Keuangan Jebol!
caption
Jakarta -

Banyak orang mengira bahwa mereka sudah melakukan pengaturan pengeluaran dengan baik. Namun, tetap saja keuangan jebol di akhir bulan. Jika ini sering kamu alami, perhatikan beberapa hal penting yang ternyata kerap membuat keuangan berantakan pada akhir bulan berikut ini.

Jika kamu sering pergi ke luar rumah dan jajan makan-makanan kecil dan ringan, kamu harus menghitung ulang kembali berapa nominal yang kamu keluarkan untuk sekali pergi dan akumulasinya per bulan.
Mengatur Keuangan/ Sumber: Freepik.com

1. Waspada Pengeluaran Kecil

Jika kamu sering pergi ke luar rumah dan jajan makan-makanan kecil dan ringan, kamu harus menghitung ulang kembali berapa nominal yang kamu keluarkan untuk sekali pergi dan akumulasinya per bulan. Pasalnya, makan somay atau batagor seharga 10 ribu rupiah saja bisa menjadi ratusan ribu jika dilakukan sering.

2. Hitung Efisiensi Biaya Transport

Mungkin kamu selalu berpikir bahwa membawa kendaraan ke kantor adalah cara termudah dan termurah untuk berpergian. Padahal itu bisa jadi sebaliknya! Membawa kendaraan sendiri saat berpergian berarti kamu harus menyiapkan uang bensin, uang parkir, dan recehan untuk membayar pak ogah di pinggir jalan. Jika dihitung, bisa dipastikan biaya operasional kendaraan bisa mencapai nominal yang cukup besar.

Sebaliknya, naik kendaraan umum bisa menjadi alternatif yang mudah dan murah karena biaya yang dikeluarkan relatif pasti.

Mungkin kamu selalu berpikir bahwa membawa kendaraan ke kantor adalah cara termudah dan termurah untuk berpergian.
Menabung/ Sumber: Freepik.com

3. Hindari Mengejar Diskon

Diskon memang sangat menarik! Apalagi jika brand yang sangat kamu idam-idamkan punya promo yang menggiurkan. Sayangnya, ini akan terjadi kapan saja dan membuat kamu berada di posisi sulit. Apapun itu, fokuslah pada pendirianmu untuk tidak berbelanja sesuka hati.

Saat kamu ingin membeli sesuatu, tanyakan lagi ke dirimu sendiri apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya menginginkannya. Tentu kamu sudah tahu jawabannya bukan jika kamu hanya sekedar menginginkannya?

4. Tidak Memisahkan Uang Tabungan

Banyak orang merasa bahwa mereka sudah bisa mengatur uangnya dengan baik. Namun, saat melihat rekening dengan nominal uang yang lebih besar, terkadang mereka terlena dan berpikir bahwa sudah saatnya mereka mendapatkan hal apresiasi. Padahal, jika sedikit bersabar, ada banyak hal lebih besar yang bisa didapatkan di akhir.

Jadi, cobalah untuk memisahkan uang uang sehari-hari dan uang tabunganmu. Jadi, kamu akan mempunyai batasan yang jelas tentang berapa banyak uang yang masih bisa diakses.

Banyak orang merasa bahwa mereka sudah bisa mengatur uangnya dengan baik. Namun, saat melihat rekening dengan nominal uang yang lebih besar, terkadang mereka terlena dan berpikir bahwa sudah saatnya mereka mendapatkan hal apresiasi.
Mengatur Keuangan/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan pengaturan uangmu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id