sign up SIGN UP

LIFE

Hindari Pakai Pay Later, Ini 4 Dampak Negatif yang Bisa Kamu Alami

Soffya Ranti | Minggu, 10 Jan 2021 13:00 WIB
Hindari Pakai Pay Later, Ini 4 Dampak Negatif yang Bisa Kamu Alami
caption
Jakarta -

Saat ini tersedia berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya yang kadang benar-benar membuat lapar mata para Ladies. Tak jarang, tiap kali gajian kamu mulai kalap.

Apalagi saat ini tersedia berbagai fitur yang semakin memudahkan dirimu untuk membayar belanjaanmu yaitu dengan menggunakan Pay Later. Kamu dimudahkan dengan keringanan pembayaran yang dapat dibayar sesuai jatuh tempo layaknya kartu kredit.

Terkadang hal tersebut seringkali membuat sebagian orang terlena dan merasa sangat dimudahkan. Tapi tahukah kamu Ladies, memiliki kebiasaan menggunakan Pay Later untuk berbelanja terdapat dampak negatif yang bisa kamu alami.

Apa saja itu? Berikut ini dampak negatif yang bisa kamu alami saat terbiasa menggunakan Pay Later.

Munculnya Perilaku Konsumtif yang Berlebihan

Dampak Negatif Pay Later Munculnya perilaku konsumtif berlebihan/freepik.com
Munculnya Perilaku Konsumtif Berlebihan/Freepik.com

Menggunakan Pay Later memang dirasa sangat memudahkan para konsumen untuk membeli apapun kebutuhan atau keinginannya walaupun budget sedang menipis. Tapi terkadang timbul ketergantungan menggunakan Pay Later. Bisa jadi kamu semakin sering belanja apapun yang kurang penting walaupun budget kamu menipis. Kamu terlalu mengandalkan Pay Later walaupun yang dibeli merupakan bukan kebutuhan yang paling penting.

Menimbulkan Kebiasaan “Ngutang”

Dampak Negatif dari Pay Later Kebiasaan Ngutang/Freepik.com
Ngutang/Freepik.com

Tahukah Ladies, secara tidak langsung Pay Later merupakan fitur yang secara langsung memberikan kebiasaan “ngutang” dulu. Ada baiknya segala urusan hutang perhutangan kamu hindari ya. Jika hal tersebut sangat urgent dan perlu menggunakan Pay Later tak masalah jika kamu gunakan. Tapi, jika hanya sekadar berbelanja karena keinginan sesaat dan menggunakan Pay Later hal tersebut bukan merupakan kebiasaan yang baik.

Perencanaan Uang Terganggu

Dampak Negatif Pay Later Perencanaan Uang Terganggu/Freepik.com
Perencanaan Uang Terganggu/Freepik.com

Menggunakan Pay Later akan akan membuat secara tidak langsung perencanaan uang terganggu. Setiap bulan kamu akan dihadapkan dengan berbagai tagihan yang harus kamu bayar di depan mata dan bisa jadi hal tersebut akan sedikit mengganggu keuanganmu.

Risiko Peretasan Identitas

Dampak Negatif Pay Later yaitu Peretasan Identitas/Freepik.com
Peretasan Identitas/Freepik.com

Ketika kamu menggunakan Pay Later hal yang paling utama adalah memberikan data-data seperti nomor KTP, foto KTP, dan sebagainya. Walaupun dirasa aman, tapi kamu harus tetap mewaspadai dengan adanya kriminal siber. Hal tersebut sangat membahayakan bagi data-datamu yang sudah terekam di aplikasi.

Nah itulah beberapa dampak negatif ketika membiasakan menggunakan Pay Later. Jadi Ladies, kamu juga harus dapat membedakan keinginan dan kebutuhan ya agar perencanaan keuanganmu baik dan tentu saja bijaklah dalam menggunakan Pay Later.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id