sign up SIGN UP

LIFE

Ini Dia 5 Cara Mengatur Cash Flow Bagi Penerima Gaji Bulanan

Izzul Millati Umami | Minggu, 06 Jun 2021 15:30 WIB
Ini Dia 5 Cara Mengatur Cash Flow Bagi Penerima Gaji Bulanan
gaji bulanan/ sumber: pexels.com

Ladies, apakah kamu seorang penerima gajian bulanan atau istilahnya karyawan kantor? Gajian yang kamu dapatkan tiap bulannya butuh diatur agar keuangannya nggak boncos.

Berbeda dengan mereka yang bekerja dengan pendapatan harian semacam pedagang dan sebagainya, seorang penerima gaji bulanan harus banget menjaga agar arus keluarnya uang nggak terlalu besar. Well, Ladies harus tahu 5 cara atur keuangan cash flow bagi penerima gaji bulanan berikut ini. 

1. Belanja bulanan

belanja bulanan
belanja bulanan/sumber:pexels.com

Sudah sebaiknya Ladies membelanjakan uang untuk kebutuhan yang penting terlebih dahulu. Dengan mengatur pengeluaran uang untuk kebutuhan yang urgent terlebih dahulu, maka akan lebih mudah bagi Ladies untuk mengatur keluarnya uang, serta menahan diri dari kebutuhan yang nggak penting. Perhitungan belanja di awal membuat Ladies jadi aware untuk nggak menghabiskan gaji untuk sesuatu yang nggak penting setelahnya. 

2. Cari promo bulanan

belanja bulanan
uang bulanan/sumber:pexels.com

Promo bulanan yang biasanya ada di e-commerce merupakan salah satu solusi bagi Ladies yang ingin mendapatkan harga kecil dengan keuntungan yang banyak, loh. Ladies bisa banget memperoleh promonya di tanggal kembar semacam 4.4, 12.12 atau hari-hari harbolnas. Promo bulanan sangat penting digunakan Ladies untuk menekan pengeluaran. 

3. Hindari penggunaan paylater

Meski kelihatannya mudah dan aman, penggunaan paylater merupakan salah satu langkah menuju gaya hidup boros. Lagi pula, bunga di paylater juga terbilang sangat tinggi. Bunga paylater bisa menyentuh angka 3-5, loh. Memang, akan mudah mendapatkannya karena hanya butuh KTP dan verivikasi. Namun, kalau dibiarkan terus, Ladies akan terjebak dalam gaya hidup boros yang nggak ada ujungnya. 

4. Hindari ngopi-ngopi nggak penting

ngopi nggak penting
ngopi nggak penting/sumber:pexels.com

Ladies pun harus paham bahwa gaji bulanan yang besar atau kecil bukan berarti membuat Ladies harus jalan-jalan atau ngopi-ngopi nggak penting. Bayangkan, bila satu cangkir kopi saja seharga 50.000 rupiah, kalikan saja dengan setiap hari kamu pergi ke cafe. See? sudah berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk kumpul-kumpul yang belum tentu penting, kan?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id