sign up SIGN UP

LIFE

YOLO, 1 dari 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Bokek Generasi Milenial

Dian Aprilia | Jumat, 02 Apr 2021 12:30 WIB
YOLO, 1 dari 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Bokek Generasi Milenial
caption

Baru awal bulan, tapi dompet udah tipis, ditambah lagi rekening yang sudah terkuras habis. Siapa nih yang sering begini? Kalau sudah mepet, orang tua, teman, adik dan kakak jadi sasaran untuk berhutang. Padahal gaji sudah UMR bahkan terbilang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terkadang, masalahnya bukanlah hal yang besar seperti hutang, kebutuhan mendesak dan lainnya, tapi perkara kecil yang disepelekan. Tanpa sadar, dampak dari masalah-masalah tersebut jadi besar dan menguras kantong. Berikut beautynesia.id merangkum kebiasaan sepele yang bisa bikin bokek:

Impulsif Buying

Impulsive buying
Impulsive buying/pexels.com

‘Ih ada barang lucu nih di Shopee, murah banget, beli ah!’ Impulsive buying adalah kecenderungan konsumen untuk membeli barang dan jasa tanpa perencanaan matang sebelumnya.

Jadi mereka cenderung membeli karena emosi atau perasaan yang memicunya secara mendadak. Dan hal tersebut cenderung tidak rasional. Entah didorong karena ikut-ikutan teman, testimoni dari influencer, FYP di Tiktok, dan lainnya.

Nah salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mempertimbangkan pembelian dalam jangka waktu tertentu. Misalnya selama dua jam, dua hari, atau jangka waktu lainnya sesuai dengan pertimbangan masing-masing individu.

Terjebak Diskon

Diskon
Diskon/pexels.com

‘Duh mumpung lagi ada diskon 80%, gratis ongkir lagi’ Hayo ngaku, siapa yang sering begini. Seolah-olah menjadikan diskon dan tawaran menarik lainnya sebagai kambing hitam atas perilaku impulsive buying diri sendiri. Padahal banyak diskon sengaja dibuat agar konsumen bisa membeli lebih banyak.

Misalnya diskon beli 2 gratis 1, cashback 50%, dan lainnya. Kamu sering berpikir bahwa kesempatan tersebut hanya datang kali ini saja, dan pembelian harus dilakukan meski sedang tidak butuh. Padahal diskon dan cashback yang sama juga sangat mungkin ada lagi di waktu mendatang saat kamu memang benar-benar butuh.

Mindset YOLO

Yolo
Yolo/pexels.com

‘You Only Life Once. Nikmati!’ Quotes dan istilah ini seringkali menjadi alasan banyak orang untuk hidup seenaknya dan bertindak dengan sebebas-bebasnya. Termasuk dalam perkara belanja dan hedonisme. Padahal, jika dimaknai dalam sudut pandang yang benar, kamu bisa hidup dengan lebih baik dan bermanfaat untuk banyak orang, karena kesempatanmu hanya sekali.

Bukan sebaliknya, malah berfoya-foya dan malah menjadikan kesempatan hidup sekali ini jadi semakin sempit. Untuk itu, maknai YOLO dengan benar, termasuk dalam hal keuangan agar tidak boros dan gampang bokek ya!

Belanja Pakai Kartu Kredit dan Paylater

Belanja pakai kartu kredit
Belanja pakai kartu kredit/pexels.com

Kartu kredit dan paylater saat ini sudah menjadi gaya hidup. Orang merasa hidupnya lebih dimudahkan karena dua sistem pembayaran ini. Memang sekilas, bisa memberikan kebebasan bagi pengguna untuk membeli barang yang diinginkan. Namun sebenarnya juga bisa membangun kebiasaan buruk untuk membeli barang yang ‘tidak mampu dibeli saat itu’.

Ujung-ujungnya, beban hutang tersebut akan memberatkan di bulan depan. Belum lagi kalau ada kebutuhan keluarga yang mendesak. Alhasil kamu gampang bokek dan mengalami masalah finansial. Boleh-boleh saja menggunakan kartu kredit dan paylater, tapi setidaknya dipertimbangkan matang-matang beserta konsekuensinya agar tidak kebablasan.

Beli Barang Branded

Beli barang branded
Beli barang branded/pexels.com

Gaji pas-pasan tapi doyan belanja barang branded, ditambah lagi suka pakai kartu kredit. Wah, bahaya banget! Bukan hanya bikin bokek, kebiasaan ini juga bisa bikin kamu terjerat hutang dan dikejar-kejar debt collector. Setidaknya sebelum beli barang branded kamu harus pastikan ada uang untuk membelinya, bukan hutang. Selain itu, pastikan juga kamu sudah memenuhi dana darurat, kebutuhan pokok, dan kebutuhan sekunder.

Itulah 5 penyebab sepele yang bikin keuanganmu jebol dan mudah bokek. Segera sadari dan atasi ya, agar masa depanmu lebih terjamin. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id