sign up SIGN UP

LIFE

Jenis-Jenis Tabungan yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Menikah

Rumaysha Milhania | Minggu, 04 Apr 2021 20:00 WIB
Jenis-Jenis Tabungan yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Menikah
caption

Pernikahan adalah satu perjalanan panjang yang penuh dengan tantangan. Untuk bisa menjalani perjalanan ini dengan baik, dibutuhkan kematangan finansial yang baik. Memang uang tidak menjamin kebahagiaan sebuah rumah tangga. Namun, kondisi finansial yang baik setidaknya dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok yang diperlukan untuk menjalankan rumah tangga dan memenuhi semua yang dibutuhkan oleh anggota keluarga. 

Mengatur Keuangan/ Sumber: Freepik.comMengatur Keuangan/ Sumber: Freepik.com

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis tabungan yang perlu kamu pertimbangkan saat akan menikah.

1. Tabungan Pernikahan

Tidak bisa dipungkiri, tabungan pernikahan merupakan tabungan yang harus kamu persiapkan menjelang pernikahan. Mungkin kamu mendambakan pernikahan yang sederhana, tetapi belum tentu keluarga besarmu atau keluarga besar pasanganmu setuju untuk itu. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan tabungan untuk pernikahan itu sendiri. 

2. Uang Emergency

Setelah kamu menikah, keadaan finansialmu mungkin akan sangat rapuh. Pada awal pernikahan, kamu harus mempelajari apa saja yang kamu butuhkan dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Itulah sebabnya, menyisihkan penghasilan untuk dimasukkan ke dalam tabungan darurat adalah hal yang sangat esensial untuk dilakukan.

Setelah kamu menikah, keadaan finansialmu mungkin akan sangat rapuh. Pada awal pernikahan, kamu harus mempelajari apa saja yang kamu butuhkan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.
Tabungan Rumah/ Sumber: Freepik.com

3. Tabungan untuk Rumah 

Jika kamu sudah memiliki tabungan darurat yang cukup, kamu sudah bisa mulai memikirkan tabungan untuk hal-hal lain. Salah satu yang penting untuk kamu pikirkan adalah tabungan untuk rumah. Selain dapat digunakan untuk tinggal, rumah juga bisa menjadi investasi yang baik jika dipersiapkan dan diperhitungkan dengan matang.

4. Tabungan Pendidikan Anak

Apabila kamu sudah mendambakan anak, akan sangat penting untuk mempertimbangkan tabungan pendidikan untuk mereka. Tentu kamu harus memikirkan berapa biaya yang sekiranya dibutuhkan anak saat mereka akan mulai masuk SD, SMP, SMA atau bahkan Universitas. Mempersiapkan pendidikan anak sejak dini akan membantu meringankan kebutuhan uang pendidikan yang relatif besar.

5. Uang Pensiun

Terakhir, mempersiapkan uang pensiun untuk dirimu dan pasangan dapat memberikan rasa aman menjelang usia tua. Uang pensiun ini setidaknya dapat memenuhi kebutuhan pokok per bulan sehingga kamu tidak perlu khawatir jika kamu sudah tidak lagi bekerja seproduktif saat kamu masih muda di masa tua nanti. 

Membagi-bagi tujuan untuk tiap tabungan yang kamu miliki akan memudahkan kamu untuk fokus pada tiap tujuan finansialmu.
Tabungan Rumah Tangga/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat akan menyiapkan tabungan menjelang pernikahan. Membagi-bagi tujuan untuk tiap tabungan yang kamu miliki akan memudahkan kamu untuk fokus pada tiap tujuan finansialmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id