sign up SIGN UP

Mengandung Malware Joker, Uninstall 8 Aplikasi Android Ini Sebelum Saldo Rekening Terkuras Habis

Phanie Fauziah | Rabu, 15 Sep 2021 18:50 WIB
Mengandung Malware Joker, Uninstall 8 Aplikasi Android Ini Sebelum Saldo Rekening Terkuras Habis
Foto: Mengandung Malware Joker, Uninstall 8 Aplikasi Android Ini Sebelum Saldo Rekening Terkuras Habis/Freepik.com/wayhomestudio

Kita tentunya pernah mendengar mengenai virus Malware yang menyerang smartphone kita. Beberapa waktu yang lalu ramai perbincangan mengenai malware Joker yang mengancam data keamanan pada smartphone.

Saat ini kabarnya, malware Joker kembali mengintai lho, Beauties!

Mengenal Virus Malware Joker

Virus Malware Joker
Memgenal Virus Malware Joker/Pexels/Samer Daboul

Malware Joker merupakan virus yang mengambil uang dari pengguna dengan cara berlangganan pada aplikasi atau layanan berbayar tanpa persetujuan kita sebagai pengguna. Bahkan hal yang paling berbahayanya, malware Joker ini mampu mengosongkan rekening pengguna tentunya tanpa persetujuan.

Virus ini sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 2017. Malware Joker bersembunyi pada beberapa aplikasi Android dan mencuri isi dari rekening milik penggunanya. Wah, menyeramkan ya Beauties.

Aplikasi Android yang Mengandung Virus Malware

Mengandung Malware Joker, Segera Hapus XX Aplikasi Android Ini!/Pexels/LisaAplikasi Android yang Mengandung Malware Joker/Pexels.com/Lisa

Meskipun Google Play Store sudah menghapus banyak aplikasi yang menyembunyikan virus tersebut, tetap saja malware Joker ini masih terdapat pada beberapa aplikasi Android. Agar tidak keliru, ketahui beberapa aplikasi Android yang mengandung malware Joker.

  1. Auxillary Messages
  2. Element Scanner
  3. Fast Magic SMS
  4. Free CamScanner
  5. Go Messanges
  6. Super Message
  7. Super SMS
  8. Travel Wallpaper

Malware Joker ini akan mencuri korbannya dengan membuat pengguna berlangganan layanan tanpa persetujuan bahkan tidak diketahui oleh pelanggan atau korban. Sebagai korban kita akan terkejut dengan tagihan rekening bank ataupun kartu kredit.

Untungnya Google sudah menghapus semua aplikasi tersebut di Play Store. Tapi, bagi Beauties yang belum melakukannya, maka segera hapus dikarenakan akan sangat berbahaya jika membiarkannya. Jangan sampai kita menjadi korban baru!

Mengunduh Aplkasi Amdr-
Berhati-hati dalam Menginstall Aplikasi Android/Torsten Dettlaff

Pada tahun lalu, Google telah menghapus sekitar 1700 aplikasi yang mengandung Malware. Begitupula dengan 24 aplikasi yang mengandung malware Joker. Malware Joker ini menyebar di 30 negara di dunia. Mulai dari Amerika Serikat, Brazil, hingga Spanyol.

Nah, Beauties kita perlu waspada dalam mengunduh atau menginstall aplikasi Android di smartphone kita. Salah-salah kita bisa keliru dalam memilih aplikasi. Pastikan dengan melihat review dari aplikasi tersebut atau lakukan pencarian terlebih dahulu mengenai aplikasi tersebut. Jangan sampai gegabah ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id