sign up SIGN UP

LIFE

4 Jenis Kurma yang Paling Populer di Indonesia, Mulai dari Kurma Nabi Hingga Kurma Super Besar

Dian Aprilia | Selasa, 27 Apr 2021 08:30 WIB
4 Jenis Kurma yang Paling Populer di Indonesia, Mulai dari Kurma Nabi Hingga Kurma Super Besar
caption

Kurma termasuk buah yang biasa dikonsumsi setiap bulan Ramadan. Buah yang berasal dari tanah Arab ini memang menjadi menu takjil yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasanya yang manis serta kandungan nutrisinya yang melimpah diketahui efektif mengembalikan energi yang hilang selama puasa.

Ada berbagai jenis kurma yang bisa ditemukan dan dijual di Indonesia. Masing-masing kurma memiliki ukuran, bentuk dan kecenderungan rasa yang berbeda. Berikut 4 jenis kurma yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia di bulan Ramadan.

Kurma Ajwa

Kurma ajwa
Kurma ajwa/pinterest.com

Kurma Ajwa yang juga dikenal dengan sebutan kurma Nabi ini merupakan kurma yang sangat disukai oleh Rasulullah SAW. Hal ini sebagaimana bunyi hadist, “Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Kurma Ajwa memiliki warna cokelat kehitaman dengan bentuk agak bulat, berbeda dengan kurma kebanyakan yang berbentuk lonjong. Daging kurma Ajwa cukup tebal dan terasa lembut saat dikunyah. Harga kurma Ajwa ini terbilang agak mahal dibandingkan jenis lainnya, yakni sekitar 200 ribu/kg.

Kurma Ruthob

Kurma ruthob
Kurma ruthob/pinterest.com

Selanjutnya, kurma ruthob atau kurma muda juga termasuk kurma yang sering dikonsumsi selama bulan puasa. Kurma ini disebut-sebut sebagai anugerah Allah untuk para wanita. Setelah diteliti, ternyata diketahui bahwa kurma ruthob mengandung hormon biostin yang membantu meminimalisir pendarahan saat melahirkan. Selain itu, kurma muda dipercaya bisa meningkatkan kesuburan wanita.

Kurma ini memiliki berbagai macam warna, seperti merah, hijau, kuning dan banyak lagi lainnya. Berbeda dengan kurma kebanyakan, kurma ruthob memiliki tekstur renyah seperti halnya tomat mentah. Rasanya tidak terlalu manis dan agak sepat seperti sawo. Harga kurma muda juga cukup mahal yakni antara 150 ribu – 400 ribu.

Kurma Sukari

Kurma sukari
Kurma sukari/pinterest.com

Selanjutnya adalah kurma sukari yang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Kurma ini memiliki rasa yang sangat manis, tekstur daging yang lembut dan tebal. Alhasil banyak yang menjadikan kurma sukari sebagai menu takjil selama bulan ramadan. Sementara itu harga kurma sukari cenderung lebih murah dibandingkan kurma lainnya, yakni 50 – 70 ribu per kilogram.

Kurma Medjool

Kurma Medjool
Kurma Medjool/pinterest.com

Terakhir, kurma yang juga cukup sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah kurma Medjool. Kurma ini disebut-sebut sebagai raja kurma atau kurma terbaik karena ukurannya yang super besar dan rasa yang nikmat. Diketahui, kurma Medjool bagus untuk menurunkan kolesterol jahat secara alami dan signifikan. Sehingga efektif untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Itulah 4 jenis kurma yang populer dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Apa kurma favoritmu?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id