sign up SIGN UP

LIFE

5 Menu Takjil yang Aman Dikonsumsi Saat Berbuka Tanpa Bikin Gendut

Izzul Millati Umami | Jumat, 23 Apr 2021 18:00 WIB
5 Menu Takjil yang Aman Dikonsumsi Saat Berbuka Tanpa Bikin Gendut
caption

Tak lengkap rasanya kalau cuma konsumsi nasi dan lauk buat berbuka puasa. Banyak yang melengkapinya dengan takjil. Sayangnya, konsumsi takjil seringkali bikin dilema. Kalau kebanyakan, berat badan bisa bertambah. Kalau terlalu sedikit, rasanya seperti ada yang kurang.

Well, jangan khawatir, Ladies. Ada 5 menu takjil yang aman banget dikonsumsi buat kamu yang ingin berbuka puasa tanpa takut gendut:

1. Kurma

kurma
kurma/sumber:pexels.com

Menu takjil kurma sering dijadikan opsi untuk Ladies yang ingin menjaga berat badan. Serat yang terkandung dalam kurma justru baik untuk menurunkan berat badan.

Namun, hindari memakannya berlebihan. Memakan kurma satu butir sehari bisa menurunkan ukuran lingkar pinggang. Kelebihan lain dari konsumsi kurma sebagai menu takjil adalah sifatnya yang cepat bikin kenyang. Ini karena kandungan kalorinya sekitar hampir 300 kkal. 

2. Es buah

es buah
es buah/sumber:pexels.com

Ketimbang mengonsumsi Boba sebagai menu takjil, sebaiknya seruput es buah saja. Vitamin yang terkandung dalam es buah sangat bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, buah memiliki serat yang sangat bagus dan melancarkan buang air besar selama bulan puasa. Lemak yang terkandung dalam buah pun merupakan lemak sehat sehingga nggak bikin berat badan naik. 

3. Buah-buahan segar

buah segar
buah segar/sumber:pexels.com

Tanpa diolah menjadi es, sebenarnya buah-buahan segar juga bisa jadi opsi untuk menjalankan diet. Terbukti, memakan buah bisa jadi solusi kenyang tanpa merasa begah. Ini menjadikan buah pilihan bagus bagi kamu yang diet sekaligus menderita GERD. 

4. Kolak pisang

kolak pisang
kolak pisang/sumber:pexels.com

Kolak pisang jadi salah satu solusi yang sangat bagus untuk kamu yang sedang diet. Namun, kamu perlu catat untuk tidak memakannya berlebihan. Sifat pisang yang mengenyangkan bisa membuat perut tahan lapar lebih lama sehingga kamu nggak akan menambah takjil setelahnya. Perlu dicatat untuk tidak menambahkan santan karena bisa menyebabkan kolesterol. 

5. Bubur kacang hijau

Siapa sangka, bubur kacang hijau sangat bisa mengenyangkan perut? Bubur kacang hijau pun bisa dijadikan alternatif diet dan bisa dimakan saat berbuka ataupun sahur, loh. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id