sign up SIGN UP

LIFE

5 Ide Camilan Sehat yang Bagus Buat Kulit Remaja

Henny Alifah | Sabtu, 09 Jan 2021 20:00 WIB
5 Ide Camilan Sehat yang Bagus Buat Kulit Remaja
caption
Jakarta -

Di luar makan pagi, siang, dan malam, ada makanan camilan yang kerap menggoda diri pada waktu-waktu tertentu. Misalnya saat nonton film atau drama favorit, mengerjakan tugas, mengobrol dengan teman, hingga ketika terbangun di malam hari. Sayangnya, camilan yang dipilih biasanya jatuh pada junk food atau jajanan yang berpotensi bikin wajah breakout, terutama pada kulit remaja yang sensitif.

Nah, bagaimana kalau kamu coba buat sendiri camilan yang lebih sehat? Ini dia lima camilan bagus untuk kulit remaja yang bisa dicoba.

1. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bagus untuk kulit
Buah-buahan/ Foto: Pexels.com/Suzy Hazelwood

Bisa dibilang, inilah cara terbaik dan termudah untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya. Daripada konsumsi snack renyah ber-MSG, pilihlah buah-buahan segar sebagai camilan.

Cobalah buah-buahan seperti apel, kiwi, alpukat, atau aneka buah berry yang mudah ditemui dan mudah dibawa ke mana-mana. Buah-buahan mengandung banyak vitamin A, C, E serta antioksidan yang dibutuhkan kulit. Konsumsi buah-buahan secara rutin juga dapat menjaga elastisitas kulit agar senantiasa terlihat awet muda. 

2. Dark chocolate

Dark chocolate yang terdiri dari 70% lebih cacao memiliki jumlah antioksidan tinggi yang bagus untuk kulit
Dark Chocolate/ Foto: Pixabay.com

Banyak orang menghindari cokelat karena menganggapnya dapat menimbulkan jerawat. Namun, raw cacao sebenarnya adalah superfood yang memiliki jumlah antioksidan sangat tinggi dan ini bisa jadi camilan bagus untuk kulit. Mengkonsumsi dark chocolate, yang mengandung lebih dari 70 persen cacao, juga dapat membantu mengatasi keinginan makan makanan yang manis.

3. Whole grain quesadilla

Quesadilla yang dibuat dari whole grain bisa jadi camilan yang bagus untuk kulit
Quesadilla/ Foto: Pexels.com/Raduz

Pada dasarnya, tidak ada quesadilla yang sehat sampai kamu membuat sendiri makanan khas Mexico ini dengan keju rendah lemak, whole grain tortilla berukuran normal, dan banyak sayuran. Dengan demikian, quesadilla ala rumahan ini bisa jadi camilan bagus untuk kulit.

Whole grain mengandung vitamin B yang bagus untuk kulit. Ini dapat membantu dalam pertumbuhan sel-sel baru, menggantikan sel-sel mati, dan membantu kulit melawan infeksi. Ini juga membantu sel kulit menyerap nutrisi serta membantu membuat kulit lebih lembut yang dapat mengatasi masalah kulit kering.

4. Plain yoghurt snack

Cobalah campur plain yogurt bersama buah-buahan segar untuk camilan
Plain Yoghurt/ Foto: Pexels.com/Any Lane

Saat usus tidak mendapatkan apa yang dibutuhkannya untuk terus bergerak, racun menumpuk dan dikeluarkan melalui dinding usus. Kulit kemudian bertugas membuangnya, yang seringnya terbuang sebagai jerawat. Plain yoghurt dengan kandungan probiotik di dalamnya dapat melancarkan sistem pencernaan tersebut.

Nah, kamu bisa mencampur plain yoghurt ini bersama buah-buahan segar untuk dijadikan camilan yang menyehatkan sekaligus menjaga kulit tetap terawat.

5. Seaweed

Makan camilan dalam rumput dapat turut menjaga kesehatan dan keremajaan kulit
Seaweed/ Foto: Freepik.com

Satu lagi camilan bagus untuk kulit yang menarik dicoba, yaitu seaweed alias rumput laut. Di dalam rumput laut terdapat kandungan vitamin, mineral, trace elements, dan asam amino yang penting untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Ini juga dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit sekaligus melindunginya dari unsur lingkungan yang keras di udara dan air.

Selain itu, kandungan selenium dan ascorbic acid-nya dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang merusak. Sementara yodium organik yang ditemukan dalam rumput laut dapat meningkatkan metabolisme. Rumput laut juga mengandung asam lemak untuk melawan iritasi dan peradangan kulit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id