sign up SIGN UP

LIFE

Hindari 5 Penyebab Perut Buncit yang Ganggu Penampilan dan Kesehatan

Dian Aprilia | Sabtu, 09 Jan 2021 15:30 WIB
Hindari 5 Penyebab Perut Buncit yang Ganggu Penampilan dan Kesehatan
caption
Jakarta -

Perut buncit jadi salah satu masalah yang sering dialami wanita. Tak hanya mengganggu penampilan, perut buncit juga tak baik bagi kesehatan. Selain itu, perut buncit juga sering jadi kendala wanita untuk memilih fashion item yang pas. Gak pede saat kelihatan perutnya lah, insecure dan lain sebagainya.

Meski penampilan bukan segalanya, kesehatan tetaplah penting dan harus diupayakan. Apalagi diketahui bahwa perut buncit ternyata bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung atau bahkan kanker.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 faktor yang bikin perut cepat buncit, supaya kamu bisa menghindarinya:

Stres

Stres/pexels.com
Stres/pexels.com

Stres adalah kondisi wajar yang dihadapi setiap orang, tapi ingat jangan sampai menyepelekannya ya. Pasalnya stres bisa memicu berbagai penyakit, tidak hanya fisik tapi juga psikis. Salah satunya adalah menjadi penyebab perut buncit. Hal ini disebabkan stres berpengaruh besar terhadap kenaikan berat badan sehingga menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Saat stres, nafsu makan seseorang bisa meningkat seiring dengan keinginan makan makanan manis dan tinggi lemak yang rentan bikin kegemukan. Selain itu, hormon kortisol yang dihasilkan kala stres, akan meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan melebarkan ukuran sel lemak. Termasuk lemak yang ada di area perut.

Malas olahraga

Lazy
Lazy/pexels.com

Faktor selanjutnya yang bikin perut buncit adalah malas olahraga. Padahal, untuk menjaga kesehatan dan tubuh yang prima, kamu perlu melakukan olahraga setidaknya satu kali dalam seminggu. Saat tubuh malas gerak (mager) maka lemak yang tersimpan dalam tubuh termasuk di perut tidak terbakar.

Akhirnya lemak ini akan menumpuk di berbagai area tubuh, seperti paha, lengan dan juga perut. Untuk itu, luangkanlah 30 menit per hari dan 3 kali dalam seminggu untuk berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga jalan cepat, aerobik, zumba, jogging dan lainnya.

Kurang tidur

Sleepy
Sleepy/pexels.com

Kurang tidur atau terlalu sering begadang juga bisa bikin perut buncit lho. Pasalnya kebiasaan buruk ini bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Termasuk mempengaruhi penumpukan lemak di area perut.

Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa kamu sudah cukup tidur, dengan setidaknya tidur selama enam jam setiap malam. Jika kurang dari itu, maka risiko penumpukkan lemak akan meningkat dan rentan bikin perutmu buncit.

Bakteri di usus

Usus
Usus/pixabay.com

Menjaga kesehatan usus sangat penting guna menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Hal ini dikarenakan, ratusan jenis bakteri hidup dalam ususmu, utamanya di usus besar. Bakteri yang ada disana ada yang bermanfaat, ada pula yang merugikan bagi kesehatan.

Berdasarkan penelitian, orang gemuk memiliki jumlah bakteriĀ FirmicutesĀ di usus lebih banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal. Diketahui, jenis bakteri tersebut bisa meningkatkan jumlah kalori yang diserap dari makanan alhasil bisa meningkatkan lemak di tubuh, termasuk di area perut.

Hormon dan usia

Usia
Usia/pexels.com

Hormon dan usia juga bisa menjadi penyebab perut jadi buncit. Seiring bertambahnya usia, pria lebih rentan memiliki perut buncit saat usia di atas 40 tahun. Hal ini dikarenakan berkurangnya hormon testosteron yang menyebabkan kalori di tubuh berubah jadi lemak di perut.

Selain itu, semakin tua seseorang akan kehilangan massa otot. Apalagi jika kurang berolahraga dan malas beraktivitas. Berkurangnya massa otot akan menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Dampaknya, kemampuan sel lemak di beberapa organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi dalam menyimpan lemak. Alhasil saat kelebihan lemak, lemak langsung terkumpul di perut dan bikin perut buncit.

Itulah 5 faktor yang bikin penumpukan lemak di perut dan ujungnya bikin perutmu buncit. Hindari dan mulai lakukan pola hidup sehat agar penampilan dan kesehatan tetap terjaga ya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id