sign up SIGN UP

LIFE

5 Jenis Teh Bunga yang Harum dan Kaya Akan Manfaat Kesehatan

Lulu Lukyani | Sabtu, 03 Apr 2021 16:15 WIB
5 Jenis Teh Bunga yang Harum dan Kaya Akan Manfaat Kesehatan
caption
Jakarta -

Tidak semua teh dibuat dari daun teh yang dikeringkan. Beberapa di antaranya dibuat dari berbagai macam bunga seperti bunga mawar, bunga kamomil, dan bunga krisan. Tak kalah dari teh pada umumnya, teh bunga memiliki aroma yang sangat harum, rasa yang nikmat, dan manfaat kesehatan yang melimpah.

Agar tidak bosan, pecinta teh wajib mencoba beberapa jenis teh bunga dengan aroma harumnya yang khas dan rasa yang unik. Dilansir dari Simple Loose Leaf, berikut adalah 5 jenis teh bunga yang harum dan kaya akan manfaat:

1. Teh lavender

Teh lavender.
Teh lavender/Pexels

Biasanya, bunga lavender digunakan untuk membuat minyak esensial. Namun, secangkir teh lavender juga memberikan banyak manfaat.

Teh lavender cocok untuk penikmat teh yang senang dengan rasa yang “kuat”. Untuk mendapatkan kenikmatan dari teh lavender, cukup seduh 1/2 sendok teh bunga lavender kering dalam air hangat. Sebagai variasi, teh lavender bisa dicampur dengan bunga lainnya, seperti kamomil, untuk menambah efek relaksasi.

2. Teh kamomil

Teh kamomil.
Teh kamomil/Freepik

Teh kamomil merupakan salah satu teh bunga yang sangat populer. Bukan lagi rahasia bahwa bunga berukuran kecil ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan.

Salah satu manfaat dari teh kamomil adalah mampu menenangkan dan membuat tubuh lebih rileks. Dengan rasa manis yang ringan, teh kamomil sangat cocok diminum oleh segala usia.

3. Teh mawar

Teh mawar.
Teh mawar/Freepik

Mawar tidak  hanya sedap dipandang tetapi juga nikmat dikonsumsi sebagai teh. Biasanya, teh mawar dicampur dengan daun teh untuk menguatkan aromanya.

Satu sendok teh bunga mawar kering sudah cukup untuk membuat teh yang pekat. Jangan membuatnya terlalu banyak karena teh mawar memiliki rasa pahit.

4. Teh kembang sepatu

Teh kembang sepatu.
Teh kembang sepatu/Freepik

Selanjutnya, ada teh kembang sepatu yang nikmat diminum saat hangat maupun dingin. Sesuai dengan warna bunganya, teh kembang sepatu memiliki warna merah yang pekat.

Jika bosan dengan teh hangat, cobalah membuat es teh kembang sepatu yang cocok diminum di siang hari yang terik.

5. Teh krisan

Teh krisan.
Teh krisan/Freepik

Bunga tradisional Tiongkok yang satu ini sangat cocok dinikmati sebagai teh dengan rasanya yang manis dan ringan.

Bunga krisan yang dibuat teh biasanya berwarna putih, kuning, hingga ungu. Sama seperti teh kamomil, teh krisan juga memberikan efek relaksasi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id