sign up SIGN UP

LIFE

5 Kesalahan Memasak Telur dan Cara Memperbaikinya

Putri Arya | Kamis, 25 Jun 2020 17:00 WIB
5 Kesalahan Memasak Telur dan Cara Memperbaikinya
caption

Telur adalah salah satu superfood yang kaya manfaat. Kandungan protein dan nutrisi penting lainnya memberikan manfaat untuk kesehatan. Telur juga jadi sarapan favorit dan menu makan malam yang praktis dan mudah.

Ada beragam cara memasak telur, seperti telur mata sapi, telur orak-arik hingga telur rebus. Tapi ternyata, tak semua orang bisa memasak telur dengan benar. Terdapat beberapa kesalahan memasak telur yang malah membuat kandungan nutrisi, rasa hingga aromanya berubah.

Berikut 5 kesalahan umum saat memasak telur dan cara memperbaikinya dilansir dari Insider:


Memasak Telur dengan Api Besar

memasak telur dengan api besar akan mempengaruhi rasa dan membuat telur gosong.
telur/pexel.com/

Kesalahan terbesar saat memasak telur adalah memasak dengan api yang besar. Memasak telur dengan api besar akan mempengaruhi rasa dan membuat telur terlalu matang hingga gosong. Jika kamu ingin membuat scrambled egg, gunakan api kecil dan masak secara perlahan.

Michael Reich, Chef Eksekutif dari JW Marriott Chicago menyarankan untuk mengangkat teflon dari atas kompor dan biarkan telur matang dengan sisa panas di Teflon. “Untuk menghindari telur yang terlalu matang, kamu harus mengangkat teflon saat telur masih lembut dan basah. Telur akan matang dengan sisa panas di teflon,” kata Chef Reich.

Menambahkan Cairan Ke Telur Sebelum Dimasak

tak perlu menambahkan susu atau krim agar telur terasa lembut dan empuk.
scrambled eggs/freepik.com/

Menambahkan susu atau krim adalah cara umum yang dilakukan untuk mendapatkan scrambled egg yang lembut. Tapi menurut Carla Lalli Music, Bon Appétit Food Director, hal itu tak perlu dilakukan.

“Untuk membuat scrambled egg, kocok telur dengan garpu sampai benar-benar halus lalu bumbui dengan garam. Masak dengan mentega di atas api sedang, aduk secara konstan jika kamu ingin mendapatkan telur yang fluffy dan tekstur lembut,” kata Lalli Music.

Terlambat Menambahkan Garam

Menambahkan garam pada telur sebelum dimasak mencegah perekatan protein dan menghasilkan tekstur yang lebih lembut
telur/freepik.com/

Jika kamu ingin scrambled egg yang sangat lembut, bumbui dengan garam sebelum dimasak. Celebrity chef and nutritionist Ariana Resnick mengatakan garam memiliki efek yang cukup drastis saat memasak telur. Menambahkan garam pada telur sebelum dimasak mencegah perekatan protein dan menghasilkan tekstur yang lebih lembut.

Telur Sunny-Side-Up Belum Matang Sempurna

Kesalahan saat membuat telur sunny-side-up adalah ketika masih ada putih telur mentah di sekitar kuning telur
sunny-side-up eggs/pixabay.com/

Sunny-side-up eggs jadi menu favorit untuk sarapan. Kesalahan saat membuat telur sunny-side-up adalah ketika masih ada putih telur mentah di sekitar kuning telur. Chef Ricardo Barreras dari Pilar Cuban Eatery di Brooklyn punya trik mudah mendapatkan telur sunny-side-up sempurna.

“Panaskan olive oil di teflon kecil dengan api sedang, pecahkan 2 telur dengan hati-hati dan masak selama 30 detik. Selanjutnya masukkan teflon dalam oven, letakkan di rak paling atas dan panggang dengan suhu 400 derajat selama kurang lebih 4 menit. Lalu keluarkan teflon dari oven dan segera angkat telur dari teflon agar tak terlalu matang,” kata Chef Barreras.

Merebus Telur Terlalu Lama

merebus telur terlalu lama membuat tekstur dan rasa telur berubah
telur rebus/pexel.com/

Nick Korbee, pemilik restoran dan Master Brunch dari Egg Shop di Brooklyn mengatakan merebus telur terlalu lama membuat tekstur dan rasa telur berubah. Kuning telur berwarna keabu-abuan di bagian pinggirnya, tekstur terlalu kering dan berkapur serta rasa dan aromanya hampir serupa belerang.

Chef Korbee merekomendasikan 3 langkah untuk telur rebus yang sempurna, yaitu:

  • Siapkan rendaman es terlebih dahulu. Sehingga kamu siap mendinginkan telur segera setelah selesai direbus.
  • Rebus telur selama kurang lebih 9 menit.
  • Didihkan air terlebih dahulu baru masukkan telur dengan hati-hati. Pastikan telur terendam satu inci atau lebih.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id