sign up SIGN UP

LIFE

Yuk Kenali 5 Tipe PMS yang Sering Dialami Wanita

Ade Irma Suryani | Senin, 15 Jun 2020 21:00 WIB
Yuk Kenali 5 Tipe PMS yang Sering Dialami Wanita
caption

Sebelum memasuki masa menstruasi, umumnya wanita akan mengalami Premenstrual Syndrome atau yang lebih dikenal dengan PMS. PMS sendiri merupakan beberapa gejala fisik dan psikologis yang terjadi pada wanita sebelum kedatangan menstruasi. Gejala PMS ini dapat berupa sakit kepala, kram pada perut, mood swimming, serta nyeri pada payudara. Meskipun belum diketahui penyebab pasti munculnya gejala PMS ini, namun diperkirakan hal tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon pada awal siklus menstruasi.

Nah, ternyata terdapat beberapa tipe dari gejala PMS tersebut yang biasanya sering dialami oleh wanita. Yuk kenali 5 tipe PMS berikut ini.

 

1. Tipe PMS-A (Anxiety)

image
Merasa Cemas/Freepik.com

Tipe PMS yang satu ini cukup sering dialami oleh banyak wanita. Biasanya, wanita yang mengalami gejala tipe A ini sering merasa khawatir, gugup dan cemas berlebihan. Karena adanya perubahan emosi yang tidak stabil, tak jarang hal ini juga membuat para wanita yang mengalami tipe A ini menjadi mudah tersinggung dan sering marah-marah. Penyebab hal ini bisa terjadi dikarenakan tingginya hormon estrogen dan rendahnya hormon progesteron. Nah, untuk menghadapi gejala semacam ini saat PMS sebaiknya kamu banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan seratSelain itu, kurangi juga mengonsumsi berbagai makanan yang manis-manis ya Ladies. 

 

2. Tipe PMS-C (Craving)

image
Mengidam Makanan/Freepik.com

Tipe PMS C ini akan membuat para wanita yang mengalaminya menjadi begitu meningkat dalam nafsu makan saat akan memasuki masa menstruasi. Karena adanya perubahan hormon dengan naiknya kadar hormon kortisol dan menurunnya hormon serotonin, maka hal ini akan membuat sebagian wanita mengidam berbagai makanan manis dan berkarbohidrat tinggi. Makanan tersebut seperti coklat, biskuit, keripik dan sebagainya. Selain itu, beberapa wanita yang mengalami tipe PMS C ini juga mudah merasa pusing dan lelah. Jika kamu menghadapi gejala seperti ini, sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti kacang-kacangan, ikan, telur, daging ayam, susu dan sebagainya.

 

3. Tipe PMS-D (Depression)

image
Depresi/Freepik.com

Akibat hormon estrogen dan serotonin yang menurun di masa PMS, hal ini juga dapat memicu gejala depresi pada sebagian wanita sebelum menstruasi. Biasanya, wanita yang mengalami gejala tipe PMS D ini akan merasakan emosi yang naik turun secara drastis, seperti mudah tersentuh dan menangis tanpa sebab, overthingking, imsomnia, menjadi pelupa dan bahkan kebingungan. Tipe PMS D ini kadangkala juga sering dikaitkan dengan tipe PMS A. Nah, untuk mengurangi gejala semacam ini ada baiknya kamu mengonsumsi jenis makanan seperti sayuran hijau, ikan salmon, daging, pisang, nanas dan yang lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memilih mendengarkan musik favoritmu, Ladies. 

 

4. Tipe PMS-H (Hyperhydration)

image
Mengalami hiperhidrasi/Freepik.com

Umumnya, wanita yang mengalami gejala PMS dengan tipe H ini akan merasakan berat badannya naik. Selain itu, payudara juga terasa membesar dan mengeras, serta juga mengalami pembengkakan pada bagian tangan dan kaki. Oleh karena itu Ladies, jika kamu mengalami gejala seperti ini cobalah untuk lebih banyak bergerak secara aktif. Jangan lupa juga untuk sering mengonsumsi air putih dan sayur-sayuran.

 

5. Tipe PMS-P (Pain)

image
Mengalami Nyeri/Freepik.com

Di masa PMS, umumnya beberapa wanita akan mengalami rasa nyeri pada beberapa anggota tubuh yang dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Beberapa gejala yang dapat ditimbulkan dari tipe P seperti kram, bengkak dan nyeri pada payudara, diare, perut begah, dan sakit kepala. Sedangkan untuk gejala yang berhubungan dengan emosi dapat berupa perasaan yang lebih sensitif, cemas, mudah marah dan mood swimming. 

Nah, untuk menghadapi masa PMS ini kamu dapat menjaga pola makan secara teratur, menghindari kafein, berolahraga dan menghindari hal-hal yang dapat merusak suasana hati. Jika kamu mengalami gejala fisik dan mental yang sangat mengganggu di masa PMS tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait ya Ladies.

 

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id